Unduh Aplikasi QuBisa
Menjaga Kesehatan di Saat WFH
Artikel
General Health

Menjaga Kesehatan di Saat WFH

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Merasa demam, batuk, pilek, dan mulai berpikiran negatif? Pikiran negatif bisa muncul saat kurang enak badan dan suhu tubuh meningkat. Padahal, saat Anda memiliki banyak pekerjaan atau harus bergadang karena menyelesaikan pekerjaan, menjaga kesehatan adalah hal yang utama. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Berikut tips menjaga kesehatan selama menjalankan work from home atau WFH.

Tips Sehat Saat WFH

Asupan Nutrisi Terpenuhi

Karena saat ini masih masa pandemi, maka penting bagi Anda menghindarkan diri sebaran berita hoax terkait Covid-19. Ini penting agar akibat dari membaca berita yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya tersebut tidak membuat imunitas tubuh menurun akibat rasa takut dan pikiran negatif yang berlebihan. Jika butuh informasi terbaru, lebih baik baca dari sumber terpercaya.

Langkah selanjutnya untuk menjaga kesehatan saat WFH, Anda perlu memastikan tubuh mendapatkan asupan zat gizi seimbang dan nutrisi terpenuhi dengan baik, termasuk banyak konsumsi buah dan sayur. Bagaimana caranya? Anda bisa mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari untuk menghindari dehidrasi

Menerapkan pola hidup sehat, menjaga pola asupan makan, serta memastikan nutrisi penting tubuh tercukupi dengan baik dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan menjaga sistem imun. Dengan cara ini, virus maupun bakteri tidak mudah menyerang. Selain itu, untuk menambah imun Anda agar semakin kuat, Anda dapat mengonsumsi vitamin atau suplemen tubuh.

olahraga harus dilakukan secara rutin dan teratur

Olahraga Rutin

Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda berolahraga? Jika baru kemarin, artinya Anda masih peduli dengan kesehatan tubuh. Olahraga di rumah tentu terasa berbeda dengan olahraga secara outdoor di lapangan olahraga atau di pusat kebugaran. Namun, untuk saat ini, lebih baik menghindari tempat-tempat yang terlalu ramai, menghindari berkerumun yang rentan menjadi penularan virus corona.

Selain itu, olahraga harus dilakukan secara rutin dan teratur supaya tubuh tidak kaget dan membuat stamina tetap terjaga. Ada banyak pilihan dan jenis olahraga saat WFH, antara lain:

  • Lari pagi keliling halaman rumah bisa menjadi ritual pagi dan pilihan olahraga di luar ruangan jika Anda merasa bosan. Anda dapat melakukannya beberapa putaran demi menjaga kondisi tubuh tetap prima dan menstabilkan kondisi emosi.
  • Senam aerobik. Senam tidak harus dilakukan di sanggar dengan banyak orang. Melakukan senam di rumah juga tidak masalah. Bagaimana kalau tidak ada instrukturnya? Mudah saja, Anda dapat menggunakan bantuan video YouTube dan tirulah gerakan senam dari sana. Namun, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dulu.
  • Yoga. Olahraga yang bisa memberikan ketenangan pada pikiran ini dapat dilakukan di dalam rumah atau di halaman Anda. Yoga tak hanya dapat menjaga kesehatan fisik Anda, namun kesehatan mental juga. Yang mana tak kalah pentingnya untuk dijaga selama pandemi ini.
  • Skipping atau lompat tali. Jika Anda tidak memiliki alatnya, Anda dapat merangkai karet gelang menjadi tali panjang. Gunakan sebagai alat melakukan lompat tali. Olahraga yang satu ini cukup simpel dan sederhana.

Perlu diingat, olahraga tak hanya menyehatkan tapi juga dapat meningkatkan dan menjaga mood dan kualitas tidur Anda agar tetap bagus.

Biasakan diri berjemur di pagi hari untuk menambah imun tubuh dan kesehatan

Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di pagi hari tidak hanya menjadi bagian dari menjaga kesehatan saat WFH saja, tapi juga membantu Anda dalam mencegah depresi, memperbaiki kualitas tidur, mengatasi penyakit kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh, dan menekan risiko terkena kanker.

Itulah beberapa tips sehat saat menjalani WFH yang bisa Anda terapkan. Jika Anda ingin mendapatkan tips lainnya seputar lifestyle & health, Anda bisa mempelajarinya melalui video microlearning di platform belajar online QuBisa. #BelajarGakRibet dengan QuBisa melalui kursus online gratis dan webinar pengembangan diri pun akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan mental.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua