Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Jitu melakukan Perencanaan Keuangan untuk Masa Depan
Artikel
Management

Tips Jitu melakukan Perencanaan Keuangan untuk Masa Depan

Monica Anggen24 Jan 235 menit membaca

Rezeki memang tidak ada yang tahu bagaimana cara kerjanya dengan pasti. Ada yang mengaitkan dengan kerja keras, ada juga yang menghubungkannya pada perbuatan baik. Yang jelas, perencanaan keuangan adalah usaha yang harus dilakukan untuk memastikan tidak mengalami masalah finansial di kemudian hari.

Karena idealnya kita berharap di masa depan tidak perlu bekerja keras. Kemudian menuai hasil yang sudah ditanam sejak muda. Tahukah Anda kalau sebagian besar perencanaan finansial gagal mencapai tujuan tersebut karena berbagai hal. Mulai dari salah persiapan, tidak memahami Pentingnya Cash Flow Keuangan atau eksekusinya yang tidak sesuai. 

Oleh sebab itu, cobalah tips jitu melakukan perencanaan keuangan untuk masa depan, berikut ini! 

Melakukan Perencanaan Keuangan secara Teliti, Ini Caranya! 

Tujuan Finansial

Semua rencana umumnya berawal dari tujuan. Hal yang sama berlaku saat Anda sedang merancang rencana untuk mengatur keuangan. Apa yang ingin Anda tuju? Apakah membuat perencanaan keuangan keluarga yang perlu melibatkan pasangan, atau bahkan seluruh anggota keluarga? Atau financial planning secara pribadi

Rencana itu tentu bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Mungkin awalnya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak, membeli rumah atau mobil. Bisa juga pergi haji atau tujuan lain sesuai dengan keinginan individual. 

Jadi, kunci utamanya adalah temukan dahulu tujuan. Baru kemudian menyesuaikan perencanaan keuangan atau cara mengelola keuangan untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 

perencanaan keuangan pribadi

Anggaran

Setiap hal yang Anda anggap penting secara finansial, memerlukan alokasi dana sesuai dengan urgensinya. Jadi, Anda perlu membuat anggaran yang tepat sasaran. Beberapa elemen budgeting yang umum adalah kebutuhan sehari-hari, investasi, hutang, dana darurat, dan donasi. Untuk itu diperlukan 4 Langkah Mengatur Keuangan.

Pembagian anggarannya pun pasti berbeda-beda, sesuai kebutuhan dan berapa persentase dari pendapatan setiap bulan yang ingin dialokasikan. Mungkin ada bagian yang mendapatkan porsi lebih besar. Namun, ada juga yang memilih pembagian anggaran sama rata. Semuanya tergantung pilihan Anda, serta Cara Mengatur Keuangan yang Efektif.

Susun Skala Prioritas

Anda perlu melakukan perencanaan keuangan yang bisa membuat Anda merasa nyaman. Baik saat melakukan atau menuai hasilnya nanti. Jika Anda memiliki rasa khawatir besar akan diberhentikan dari perusahaan, memiliki tabungan pensiun dengan jumlah besar tentu akan menenangkan. Jadi, Anda harus Tepat Mengambil Keputusan Melalui Analisis Laporan Keuangan, sehingga bisa menentukan prioritas.

Prioritas bisa berdasarkan dari apa yang menjadi kebutuhan utama. Umumnya orang akan memenuhi kebutuhan primer, sekunder baru tersier. Tapi, bisa juga mengurangi porsi primer dan sekunder untuk memenuhi kebutuhan tersier. 

Anda dapat Belajar Hidup Hemat dan tidak terlalu sering makan di cafe agar memiliki modal lebih besar untuk memulai usaha atau bisnis. Jangan sampai Hidup Terjebak dalam Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita.

Hindari Cicilan

Mungkin ini merupakan tips perencanaan keuangan yang tidak mudah untuk diikuti. Karena sebagian orang cenderung merasa tidak bisa mendapatkan benda apa pun tanpa mencicil. Mulai dari panci sampai rumah tinggal, ada saja benda yang dibayar dengan cicilan. 

Sebenarnya harga barang lebih mahal jika membayar secara cicilan. Maka dari itu, Anda bisa lebih berhemat dengan menghindarinya, khususnya benda-benda yang dibutuhkan. Pelajari juga Penyebab Tingginya Nafsu untuk Berbelanja.

Investasi

Faktanya pegawai kantoran pun ingin memiliki usaha sendiri, modalnya dengan bekerja di perusahaan terlebih dahulu. Jadi, investasi sebenarnya merupakan bagian penting dalam kondisi keuangan yang ingin berdikari. Anda bisa memilih investasi pribadi, bersama teman atau mencari tahu investasi yang dapat dilakukan dengan modal kecil, bahkan tanpa modal sama sekali. 

Untuk investasi mudah dijual, Anda bisa memilih emas. Sementara asuransi adalah bentuk investasi yang cocok bagi Anda yang sulit mengalokasikan anggaran tanpa bantuan. Selain itu, ada juga Investasi properti dan reksa dana, jenis penanaman modal yang bisa dicoba dengan meningkatkan pemahaman pada bidang tersebut.

merencanakan keuangan untuk masa depan

Pemahaman terkait Investasi Rumah dan Apartemen, serta Resolusi Keuangan Lebih Baik dengan Merencanakan Keuangan Secara Tepat bisa didapatkan melalui #BelajarGakRibet dengan QuBisa. Ada banyak webinar gratis maupun berbayar yang bisa diikuti untuk upgrade keterampilan sukses milenial (KSM), maupun keterampilan digital milenial (KDM).

Tidak ada yang tahu seperti apa masa depan yang akan terjadi. Akan tetapi, dengan memulai perencanaan keuangan sedini mungkin, Anda dapat mengusahakan masa depan yang lebih baik. 

Tidak perlu pusing dan khawatir terkait masalah keuangan. Terapkan tips di atas untuk Mengelola Keuangan ala Raditya Dika dengan melakukan perencanaan finansial mulai hari ini. Jika ditangani dengan baik, kehidupan saat ini dan masa depan akan sama-sama menyenangkan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua