Unduh Aplikasi QuBisa
5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Saat Belajar Berinvestasi
Artikel
Finance

5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Saat Belajar Berinvestasi

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Pada saat ini, belajar berinvestasi bisa dilakukan oleh siapa pun tanpa mengenal waktu, profesi, bahkan batasan usia. Sebab, melakukan investasi sejak dini akan memberikan manfaat yang begitu banyak untuk masa depan. Tak menutup kemungkinan, malah bisa menjadikan Anda sebagai Milenial Kaya Raya.

Namun, sebagai pemula dalam berinvestasi, ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat belajar berinvestasi.

5 Poin Penting dalam Melakukan Investasi

Mulailah dengan Modal Kecil

Untuk mengurangi risiko investasi, sebagai pemula sebaiknya Anda memulainya dengan modal kecil. Walaupun Anda menginginkan keuntungan yang besar, namun modal kecil bisa meminimalisir supaya tidak mengalami kerugian yang bisa berdampak pada psikologis maupun keuangan.

Apalagi sekarang ini, Anda bisa melakukan investasi dengan modal yang sedikit, misalnya saja investasi reksadana di bawah 100 ribuan yang bisa Anda coba. Nanti, saat Anda sudah memahami seluk beluk investasi, barulah Anda bisa memasukkan modal yang lebih banyak. 

Ingat, jangan terbawa emosi untuk melakukan investasi dengan jumlah besar, sementara Anda tidak memahami cara kerja investasi tersebut.

5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Saat Belajar Berinvestasi dengan kenali profil risiko dan modal kecil

Mencari Instrumen yang Bisa Bertahan

Saat pertama kali belajar investasi, Anda perlu mencari instrumen yang memang bisa bertahan untuk jangka panjang. Bertahan di sini maksudnya, tidak terlalu goyah, meski banyak masalah yang terjadi di dunia. Misalnya, akibat tren suku bunga dunia yang rendah. 

Ketika suku bunga rendah, tentu return tidak bisa Anda dapatkan dalam waktu dekat. Tetapi, saat instrumen yang Anda pilih bisa bertahan dalam jangka lama, tentu Anda tidak perlu khawatir dengan return investasinya. Contohnya seperti saham, emas, valas, dan obligasi. Nah, dalam hal instrumen ini, baik  investasi dan trading, keduanya bernilai sama.

Harus Mengetahui Profil Risiko

Saat memutuskan untuk mulai berinvestasi, Anda harus mempelajari hingga ke akarnya. Tak terkecuali tentang profil risiko. Sebab, ada beberapa profil risiko dalam investasi, seperti konservatif, moderat, serta agresif. Anda pun harus tahu, diri Anda masuk ke tipe yang mana.

Untuk tipe konservatif, risikonya rendah dan bisa mencoba untuk investasi pasar uang. Hal ini sangat berbeda dengan tipe moderat dan agresif yang memiliki risiko kerugian dan return yang sama besar. Seperti ketika Anda mencoba membeli atau bermain saham di investasi reksadana.

Punya Dana Darurat

Salah satu kesalahan para pemula dalam belajar berinvestasi, umumnya tidak terlalu memikirkan dana darurat. Padahal dana darurat ini penting. Karena, saat Anda terjun ke dunia investasi. Entah itu investasi dan trading apa pun, Anda harus siap dengan risiko keuangan yang tidak bisa diprediksi, baik kecil maupun besar.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memeriksa dan merencanakan keuangan dengan baik terlebih dahulu. Lakukan pula evaluasi dan financial health check up. Jangan lupa, siapkan dana darurat atau tabungan khusus untuk mewaspadai hal-hal tak terduga yang bisa saja terjadi. 

Saat telah memiliki dana tabungan darurat dan sudah bisa mengatur uang, tentu Anda akan sangat terbantu dalam menangani kondisi keuangan yang mendesak dan hidup bisa lebih tenang.

Saat Belajar Berinvestasi harus punya dana darurat

Membagi Investasi dalam Beberapa Instrumen

Ini merupakan hal bijak yang memang harus Anda lakukan ketika dana investasi sudah semakin besar. Anda harus membagi dana investasi pada beberapa instrumen berbeda. Saat belajar berinvestasi, pengalokasian dana ke beberapa instrumen ini adalah hal penting agar bisa menekan sekecil mungkin terjadinya risiko kerugian.

Nah itulah beberapa hal yang harus diketahui ketika belajar berinvestasi untuk pertama kalinya. Kelima poin di atas akan membantu Anda dalam mengurangi risiko keuangan di masa depan dan mencapai sukses dalam berinvestasi

Anda pun bisa belajar mengenai investasi ini dari kursus online gratis, maupun webinar gratis, seperti mempelajari tentang Prinsip Utama Mendapatkan Untung dari Investasi Properti. Lalu, ada pula berbagai kursus lain di QuBisa platform belajar online Indonesia yang bisa membantu Anda belajar segala sesuatu tentang keuangan, seperti Tips Jitu Mengelola Keuangan Pribadi Secara Efektif, Tepat Mengambil Keputusan Melalui Analisis Laporan Keuangan, dan sebagainya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua