Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Mengelola Keuangan Ala Raditya Dika Agar Hidup Lebih Tenang
Money Management Tools

Tips Mengelola Keuangan Ala Raditya Dika Agar Hidup Lebih Tenang

Jasmi24 Jan 234 menit membaca

Sudah lama kan tidak mendengar karya Raditya Dika di dunia hiburan? Padahal dia masih tergolong muda. Ternyata, Dika menjalani kehidupan minimalis dengan mengelola keuangan dengan ketat. Kini, Dika kerap diundang ke mana-mana untuk berbagi mengenai cara dia melakukan manajemen finansial yang ternyata cukup ampuh. 

Baru-baru ini, Raditya Dika hadir di Qubisa platform belajar online Indonesia. Dalam webinar gratis yang diselenggarakan Qubisa ini, Raditya berbagi pengalaman dan caranya mengelola keuangan dengan baik, sehingga bisa menjadi kaya di usia muda. Anda pasti juga mau, kan, kaya di usia muda? Simak yuk caranya.

mengelola keuangan ala raditya dika

Rahasia Mengelola Keuangan Minimalis Raditya Dika 

Bukan tips cepat kaya yang Raditya Dika coba bagi, melainkan bagaimana dia menjalani kehidupan dan khususnya keuangannya. Dika menyoroti betapa kita mengelola keuangan bukan berdasarkan apa yang kita butuhkan, namun lebih banyak dipengaruhi standar orang lain atau masyarakat. Siapa saja bisa hidup nyaman dengan manajemen keuangan pribadi dan cara mengatur uang agar hidup lebih tenang. Berikut adalah beberapa tips untuk mencapainya.

Membeli untuk Diri Sendiri Bukan untuk Kepentingan Sosial 

Merasa malu hanya punya baju yang itu-itu saja? Takut dicap kuper kalau tidak hangout di cafe atau membeli baju lebaran? Coba perhatikan alasan Anda membeli sesuatu. Apakah berdasarkan yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, atau karena kepentingan lain? Sebenarnya, Anda tidak butuh banyak benda kalau benar-benar hanya menyoroti tentang kebutuhan sendiri. Jangan terjebak dalam gaya hidup yang salah, budget pas-pasan jiwa sosialita.

Mulai Menabung untuk Dana Pensiun 

Sepertinya klise, tetapi memang cara mengatur keuangan pribadi atau Mengelola Keuangan Pribadi Secara Efektif dimulai dengan menabung. Pensiun bukan masa depan yang jauh, bahkan Anda bisa pensiun dini, kalau mengelola keuangan dengan jitu. Menabung dan tidak tergoda untuk sering mengambilnya adalah cara terbaik memastikan saat pensiun Anda nyaman.

Pemasukan Lebih Besar dari Pengeluaran

Pengelolaan finansial yang baik berhubungan erat dengan kemampuan menjaga keseimbangan. Uang masuk bukan berarti sama dengan uang keluar. Anda perlu membesarkan pemasukan, atau setidaknya mengurangi pengeluaran. Coba teliti lagi, apakah selama ini Anda terlalu boros atau ada peluang untuk menambah penghasilan? Belajarlah untuk hidup hemat. Selain itu, lakukan analisa keuangan secara rutin untuk tahu kondisi keuangan Anda secara pasti. 

Tidak Mau Berhutang dan Dihutangi 

Kesulitan terbesar dari memiliki keuangan bisnis dan pribadi yang sehat adalah masalah hutang. Kita kerap mengisi kekurangan uang dengan memilih cara berhutang, walau harga barang jadi lebih mahal daripada seharusnya. Bebaskan diri dari hutang agar Anda dapat hidup dengan tenang tanpa khawatir ada penagih atau hubungan kekeluargaan rusak karena ada hutang. Ini salah satu tips untuk menjadi milenial kaya raya.

cara mengelola keuangan yang baik menurut raditya dika

Berusaha Membayar Transaksi secara Tunai 

Cara mengelola keuangan yang jitu adalah melihat uang bukan sebagai hal tabu untuk dibicarakan atau bahkan dilihat. Biasakan diri untuk hanya membayar dengan uang tunai. Anda akan menyadari nilai uang, dan usaha yang dilakukan untuk mendapatkannya. Ini adalah poin penting untuk menghindari hidup terlalu boros dan tidak tahu uang habis untuk apa.

Menambah Penghasilan Selain Gaji 

Gaji bukan satu-satunya sumber penghasilan. Lihat lagi berbagai peluang lain untuk menambah pemasukan. Semakin cepat melakukannya, Anda akan semakin cepat menguasai cara tersebut. Tidak mudah bagi seorang pegawai yang biasa menerima gaji, memulai bisnis sendiri. Anda berarti mulai dari awal dengan membangun bisnis minim risiko, karena kondisi keuangannya sangat berbeda. Lakukan secara bersamaan agar bisa merasakan faedahnya dengan tepat.

Pengalaman Bukan Barang 

Ada banyak hal yang bisa dibeli dengan uang dan ada juga yang tidak. Membeli sweater tebal untuk ibu yang mulai sakit-sakitan atau membeli makanan kesukaan istri tercinta. Belilah benda atau jasa untuk pengalaman yang bisa Anda dapatkan bukan karena bendanya semata. 

Itulah beberapa tips mengelola keuangan yang dibagi oleh Raditya Dika. Sebelum antipati dengan tips yang dibagi oleh seorang yang bukan ahli keuangan, pikirkan lebih dahulu. Karena sebenarnya Anda lebih mudah bercermin dari pengalaman orang biasa. Intinya, tidak perlu jago keuangan untuk mengatur keuangan dengan baik. Jangan lupa pelajari juga, 4 Langkah Mengatur Keuangan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua