Unduh Aplikasi QuBisa
Mau Sukses? Kelola Aktivitas dengan Time Management
Artikel
Career Development

Mau Sukses? Kelola Aktivitas dengan Time Management

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Ada satu faktor penting yang menjadi pertimbangan perusahaan atau instansi dalam menilai kinerja karyawannya. Faktor tersebut terkait dengan kemampuan time management atau cara Anda melakukan pengaturan waktu agar bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. 

Alasan sederhananya, perusahaan tidak akan mempertahankan tenaga kerja yang kurang produktif dalam bekerja, terlalu sering terlambat datang ke kantor, bahkan kerjanya selalu melebihi deadline yang ditentukan. Dari sini bisa dilihat bahwa time management berhubungan erat dengan cara meningkatkan karir dan bagaimana Anda mencapai sukses..

Pengertian Time Management

Pengertian time management adalah sebuah tindakan sekaligus perencanaan dan pelaksanaan atas sejumlah waktu secara sadar, untuk kegiatan yang bisa meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas. Jika Anda sebagai seorang pegawai gagal menerapkan hal ini, jelas akan kehilangan nilai di perusahaan. 

Hal inilah yang membuat siapapun harus bisa melakukan manajemen waktu yang baik. Dengan penerapan yang tepat, bukan tak mungkin nilai diri akan mengalami peningkatan, mendapatkan perhatian yang baik dari perusahaan, dan akhirnya Anda bisa melangkah ke jenjang karier yang lebih baik.

5 Tips Manajemen Waktu yang Wajib Anda Coba

Sampai pada tahap ini, Anda sudah tahu bahwa time management bisa memperbesar peluang bagi Anda bisa mendapatkan promosi jabatan. Maka selanjutnya, tak ada salahnya Anda tahu bagaimana sih cara yang tepat untuk mengatur waktu. Ini berlaku bagi siapa pun, termasuk Anda yang masih fresh graduate dan baru terjun ke dunia kerja. Ini 5 tips time management untuk membantu Anda mengelola aktivitas:

Ini cara merencanakan karir dengan time management dan meningkatkan produktivitas kerja

Tetapkan Tujuan

Cara manajemen waktu yang pertama dan paling mendasar adalah Anda harus menetapkan tujuan terlebih dulu. Misalkan, Anda ingin dalam waktu dua tahun sudah jadi manajer cabang. Artinya, ini menjadi tujuan Anda dalam target waktu tertentu. Kemudian, Anda perlu menyusun perencanaan karir, disertai menuliskan rencana kerja yang detail, sehingga langkah Anda menjadi lebih fokus dalam mencapai tujuan yang menjadi top priority goals Anda.

Bagaimana cara menyusun perencanaan karir yang efektif dan sistematis? QuBisa platform belajar online bagi fresh graduate dan para profesional sudah menyiapkan beberapa kursus online gratis yang bisa Anda pelajari:

Paham Waktu Produktif

Langkah berikutnya, Anda memahami dengan baik cara membagi waktu secara tepat, dengan memahami waktu produktif. Yap, Anda harus mengenali diri dan tahu kapan pikiran benar-benar fresh, serta mampu bekerja maksimal. Contohnya, Anda benar-benar bersemangat saat hari Kamis dan Jumat, maka selesaikan tugas berat di hari itu supaya cepat selesai demi bisa beristirahat saat weekend.

Catat Hari Penting

Ketika Anda sudah menjadi seorang karyawan profesional, tentu akan sering menghadiri berbagai pertemuan dengan klien, baik secara tatap muka atau online. Supaya tidak melewatkan hari penting, ada baiknya Anda mencatat jadwal dengan rapi dan teratur. Jika perlu, tulis pada smartphone yang sering Anda bawa ke mana-mana lengkap dengan notifikasi supaya tidak terjadi benturan jadwal.

membuat rencana kerja yang baik dimulai dengan memiliki rencana kerja mingguan atau kegiatan yang menjadi prioritas

Prioritaskan Tugas Penting

Bukti kalau Anda benar-benar sangat produktif dan menghargai waktu adalah mampu menentukan skala prioritas. Adakalanya atasan memberikan tugas yang harus diselesaikan dalam waktu sangat singkat. Tugas seperti ini bisa Anda utamakan untuk diselesaikan terlebih dahulu. Namun ingat, batasi semua tugas penting yang bakal dilakukan dalam satu hari supaya Anda tetap fokus memberikan hasil maksimal.

Tingkatkan Adaptasi

Hal terakhir jika Anda ingin dikenal sebagai seseorang yang pandai mengatur waktu adalah punya kemampuan adaptasi yang hebat. Namanya bekerja, akan ada waktu di mana Anda ditempatkan dalam kondisi tertekan dan jadwal yang terlalu padat. Itulah sebabnya, Anda harus bisa menyesuaikan diri dalam situasi apa pun dengan tetap memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien. 

Beberapa tips untuk bisa beradaptasi dalam berbagai situasi, seperti:

Tentunya untuk bisa menerapkan sejumlah tips time management di atas, diperlukan niat dan kedisiplinan tinggi. Jangan sampai Anda membiarkan diri dikuasai oleh kemalasan dan mager yang justru membuat performa kerja menurun. Kerjaan yang tidak memuaskan jelas akan sulit bagi Anda untuk meningkatkan karir. Untuk itulah sedari dini, maksimalkan waktu dengan sebaik-baiknya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua