Unduh Aplikasi QuBisa
Skill yang Perlu Dimiliki Blogger Profesional
Content Marketing

Skill yang Perlu Dimiliki Blogger Profesional

Punto Wicaksono24 Jan 236 menit membaca

Sudah menjadi rahasia umum jika saat ini profesi blogger bisa memberikan penghasilan yang cukup lumayan. Sebab, semakin banyak perusahaan yang tertarik menjadikan blogger sebagai partner dalam melakukan digital marketing. Tak terbatas pada content placement dalam penanaman backlink berkualitas guna mendukung SEO Off Page saja. Blogger juga banyak terlibat dalam membuat review produk untuk melakukan branding.

5 Skill yang Perlu Dikuasai Blogger Agar Tetap Eksis

Blogger memang sudah menjadi bagian dalam strategi digital marketing. Namun sebagai blogger profesional, ada beberapa skill atau ilmu tambahan yang perlu Anda miliki. Tentunya selain kemampuan menulis dan mengolah ide, Anda juga perlu memiliki soft skill dan hard skill yang berhubungan dengan dunia blogging, serta membuat Anda unggul di mata klien atau digital agency. Dengan begini, mereka tak ragu untuk menjalin kerja sama dalam jangka panjang dengan Anda.

Jadi, apa saja skill yang perlu dikuasai blogger agar tetap eksis dan bisa banyak job?

Kemampuan Membuat dan Mengolah Gambar

Tidak dimungkiri jika gambar dan video menjadi pelengkap dalam membuat artikel di blog. Selain untuk menarik perhatian pengunjung dan mendatangkan traffic yang Anda inginkan, gambar juga bisa menjadi batas jeda untuk membaca setelah beberapa paragraf. Hal ini bertujuan supaya pembaca tak lelah dan merasa bosan untuk membaca artikel sampai akhir.

Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk visual. Lebih menyukai konten tulisan yang disertai dengan foto, gambar, ilustrasi, gif, dan lainnya. Di sinilah pentingnya blogger menguasai keterampilan membuat gambar, infografis, dan melakukan editing pada gambar. Supaya bisa menciptakan pengalaman menyenangkan kepada pembaca blog.

Jika tools editing gambar, seperti Photoshop dan Coreldraw terlalu sulit, Anda bisa menggunakan aplikasi yang lebih mudah, di antaranya Canva, Snapseed, PicsArt, PhotoScape, Microsoft PowerPoint, dan lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan situs web penyedia layanan gambar gratis untuk melengkapi artikel di blog. Namun, akan lebih baik jika menyertakan sumber gambar aslinya.

belajar teknik fotografi

Skill Fotografi

Dalam hal melakukan review atau mengulas suatu produk, baik berupa barang, aplikasi, dan jasa, umumnya blogger akan diminta untuk mengambil beberapa foto gambar terkait produk. Oleh sebab itu, penting bagi blogger untuk belajar teknik fotografi yang baik. Tujuannya, tentu saja supaya bisa menghasilkan gambar yang bagus dan membuat klien puas. 

Tidak masalah apabila Anda belum memiliki kamera profesional, seperti DSLR dan Mirrorless. Anda bisa memanfaatkan kamera smartphone. Saat ini, sudah banyak tutorial hingga kursus online gratis smartphone photography, food photography, dan lainnya di aplikasi siap kerja QuBisa yang bisa Anda pelajari. Anda jadi bisa menghasilkan foto like a pro meski pengambilan gambarnya menggunakan handphone.

Memahami Dasar Pemrograman

Meski tidak berniat menjadi programmer, seorang blogger juga perlu memahami dasar pemrograman. Sebab, ketika Anda ingin menyesuaikan tata letak, mengisi kode HTML pada halaman kategori, hingga mengatur template supaya SEO friendly, Anda memerlukan pemahaman dalam membaca source code berupa gabungan HTML, JavaScript, dan PHP.

Memahami dasar pemrograman memungkinkan Anda menyesuaikan dan melakukan pengaturan tampilan blog dengan baik sehingga blog Anda jadi menarik untuk dilihat, membuat nyaman pembaca, dan tetap ringan proses loading-nya. 

Menguasai Teknik SEO Dasar

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya melakukan optimasi website agar mendapat posisi bagus di mesin pencari. Dengan kata lain, artikel Anda jadi lebih mudah ditemukan oleh audiens melalui kata kunci tertentu dan bisa menghasilkan traffic yang diharapkan. Dalam hal ini, Anda perlu memahami SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO on page merupakan aktivitas mengoptimasi halaman yang ada di website atau blog. Contohnya, mengetahui minimal dan maksimal jumlah kata, riset kata kunci, dan penempatan keywords. Pembuatan judul yang tidak lebih dari 60 karakter dan custom URL. Kemudian Anda perlu mengubah nama gambar sesuai panduan SEO sebelum diunggah. Memberikan ALT text image pada gambar juga perlu dilakukan, serta mengisi deskripsi artikel, menambahkan subheading, dan seterusnya.

Membangun Networking

Saat mengunggah gambar, sebaiknya ukuran file tidak lebih dari 100kb. Anda bisa memperkecil ukuran gambar melalui penyedia layanan resize online dengan kualitas gambar yang tidak pecah. Dalam menyisipkan external link, Anda perlu mengimbanginya dengan memberikan internal link menuju artikel serupa. 

Bagaimana dengan SEO Off Page? SEO Off Page merupakan aktivitas melakukan optimasi atau membangun backlink berkualitas dari situs web tertentu menuju ke blog Anda. 

Kemampuan Berkomunikasi dan Membangun Networking

Sama halnya dengan bekerja di kantor, bekerja sebagai blogger juga memerlukan keterampilan komunikasi efektif dan baik. Hal ini akan berguna ketika Anda berkomunikasi dengan klien dan rekan sesama blogger. Komunikasi efektif akan membuat kerja sama lebih mudah dilakukan dan meminimalisir kesalahpahaman. Selain itu, akan berguna saat Anda mengikuti acara offline.

Selain komunikasi, blogger juga perlu membangun networking atau relasi dengan rekan blogger lainnya. Ikutlah beberapa komunitas blogger yang ada dan sesuai minat Anda. Mengenal lebih banyak teman dan komunitas bisa membantu dalam upgrade ilmu blogging, serta kesempatan mendapat informasi job atau tawaran lebih banyak lagi.

Sebenarnya, saat Anda memutuskan untuk menjadi blogger profesional itu sama artinya Anda berkomitmen untuk terus belajar sesuai perkembangan zaman. Sebab, selain kemampuan menulis, mengelola ide, dan 5 skill yang dibahas dalam artikel QuBisa kali ini, Anda juga perlu memiliki kemampuan menggunakan media sosial hingga bahasa Inggris.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua