Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Bikin Konten Evergreen untuk Mendatangkan Traffic
Artikel
Sales & Marketing

Tips Bikin Konten Evergreen untuk Mendatangkan Traffic

Jasmi24 Jan 235 menit membaca

Apakah Anda pernah mendengar tentang konten evergreen? Sudahkah Anda mengetahui apa pentingnya menggunakan konten tersebut dan bagaimana cara membuat konten evergreen yang menarik? Secara sederhana, konten jenis ini merupakan konten yang relevan dengan kebutuhan audiens. Baik di website maupun media sosial.

Dengan kata lain, konten evergreen bisa mendatangkan traffic secara terus-menerus, dan bertahan untuk jangka waktu lama. Tidak menutup kemungkinan juga bisa membuat orang yang pernah berkunjung ke situs web maupun social media Anda akan kembali berkunjung demi melihat konten terbaru yang dibuat. 

Apa Itu Konten Evergreen?

Konten evergreen adalah konten kreatif yang dioptimalkan pada penelusuran di mesin pencari agar dapat terus relevan untuk pembaca dalam jangka waktu yang lama atau tidak terbatas. Bahkan lalu lintas pencariannya dapat terus meningkat dari waktu ke waktu.

konten evergreen bisa mendatangkan trafik terus menerus

Namun, yang perlu Anda ingat adalah, tak semua konten termasuk dalam konten evergreen. Konten apa sajakah itu? Artikel berita, statistik atau laporan, artikel yang hanya fokus pada tren yang booming saat ini, dan juga tren pakaian serta gaya terbaru.

Format Konten Evergreen secara Umum

Berikut adalah beberapa format konten evergreen secara umum yang dapat Anda pertimbangkan untuk dibuat. Mulai dari artikel listicle, tips, tutorial, ulasan produk, dan video. Walaupun begitu, menghadirkan konten evergreen dalam format ini tidak akan membuat karya Anda selalu menarik.

Tips Membuat Konten Evergreen

Oleh sebab itu, Anda harus tetap memperhatikan elemen-elemen yang harus ada dalam konten Anda. Apa saja hal tersebut? Berikut beberapa tips tentang cara membuat konten evergreen yang bisa mendapatkan banyak traffic atau pengunjung.

Pilih Keyword yang Tepat dan Perhatikan Search Volumenya

Agar konten yang Anda buat, terutama konten artikel di website, Anda harus memperhatikan penggunaan keyword yang tepat. Menggunakan long tail keyword mungkin bisa menjadi opsi terbaik dibandingkan short tail keyword. Mengapa begitu? Karena konten evergreen yang paling tahan lama pun tidak akan menghasilkan traffic jika audiens tidak menelusuri topik tersebut. Jadi, pilihlah keyword dengan search volume yang tinggi. Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melakukan riset kata kunci.

Optimalkan SEO

Setelah Anda memiliki kata kunci, jangan lupa melakukan optimasi SEO on Page dalam pengoptimalan di halaman web. Pilih gambar terbaik, lalu tambahkan teks alternatif di gambar, letakkan kata kunci pada judul artikel, URL, meta deskripsi, dan di seluruh isi teks. Namun, hindari keyword stuffing. Anda juga harus menautkan hyperlink artikel evergreen terkait dari situs Anda untuk meningkatkan peringkat SEO Google.

optimasi SEO on page dalam halaman web pada konten evergreen

Buat Penjelasan yang Mudah Dipahami

Anda mungkin merasa perlu membagikan keterampilan milenial digital dan keterampilan sukses milenial yang Anda miliki. Lakukan hal ini dengan cara yang mudah dipahami dan sesuai untuk pemula. Para ahli yang sudah expert di bidangnya kemungkinan tidak akan menghadirkan konten dengan topik yang terlalu luas. Ini dapat Anda jadikan acuan untuk menghasilkan konten yang selalu menarik banyak audiens dan bersifat evergreen.

Selain itu, Anda harus menghindari bahasa yang terlalu teknis. Mengapa begitu? Tentu saja karena audiens pemula sering kali tidak memahami bahasa yang terlalu teknis, seperti istilah asing, atau bahasa ilmuwan. Jadi, cobalah untuk menggunakan bahasa sederhana, dan umum agar dapat dipahami oleh berbagai kalangan.

Buat Konten dalam Beberapa Format

Saat Anda membuat konten yang bagus, ada banyak cara untuk menghidupkannya kembali dengan cara menggunakan ide hebat Anda secara berulang dalam berbagai format. Misalnya saja, konten yang sebelumnya hanya berformat video, Anda bagi materi di dalamnya menjadi beberapa artikel yang menunjang video tersebut. Begitu pun sebaliknya.

Jika ingin mendapatkan traffic tinggi yang konsisten dari waktu ke waktu, Anda harus selalu menargetkan topik tertentu yang menarik. Kemudian, usahakan untuk mempertahankan konten evergreen dengan memperbarui informasi di dalamnya secara rutin, dan sering membagikan konten tersebut ke berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya sebagai salah satu upaya promosi. 

Selain konten evergreen, Anda juga harus mempelajari strategi konten viral di media sosial, dan strategi digital marketing yang baik untuk perkembangan bisnis Anda, ataupun sekadar menambah keterampilan digital milenial Anda di era industri 4.0.

Anda bisa mengikuti berbagai kursus online gratis maupun berbayar ini melalui platform belajar online QuBisa. Aktivitas belajar online Anda terkait webinar pengembangan diri pun akan terasa lebih menyenangkan dan fleksibel karena dapat diakses melalui berbagai perangkat.

Di platform e-learning QuBisa ini, Anda yang senang membuat konten video yang edukatif pun bisa mulai untuk bagi ilmu dapat hadiah. Caranya? Ikuti lomba video microlearning festival berhadiah jutaan rupiah yang sedang berlangsung saat ini. Bisa juga melalui pendaftaran menjadi Instruktur QuBisa.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua