Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Membuat Artikel SEO Friendly
Artikel
Creativity

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Artikel SEO friendly merupakan artikel yang dibuat sesuai dengan teknik Search Engine Optimization (SEO) sehingga mesin pencari dapat mengenali isi artikel dengan cepat. 

Mesin pencari seperti Google akan merekomendasikan artikel yang SEO friendly kepada pengguna internet sesuai dengan kata kunci yang relevan.

Bagaimana cara menulis artikel SEO friendly? Ikuti tips berikut ini!

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Riset Keyword

Sesuai namanya, keyword atau kata kunci merupakan salah satu kunci utama dalam membuat artikel SEO friendly. Agar artikel Anda mendapatkan banyak pembaca dan memiliki traffic yang tinggi, Anda perlu menentukan keyword yang tertarget. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan riset keyword yang sedang populer dan memiliki performa baik.

Keyword populer yang masih belum banyak diulas website lain memiliki peluang yang lebih besar untuk menempati peringkat pertama di halaman Google. Anda dapat menggunakan tools riset kata kunci gratis, seperti Google Trends, Ubersuggest, dan KWFinder.

penyebutan kata kunci atau keyword perlu dilakukan lebih dari satu kali

Penyebutan Kata Kunci

Untuk menulis artikel SEO friendly, penyebutan kata kunci atau keyword perlu dilakukan lebih dari satu kali. Namun, terlalu banyak mengulang penyebutan kata kunci juga tidak disarankan karena akan menyebabkan artikel Anda over optimization serta mengurangi kenyamanan pembaca.

Pada umumnya, penyebutan kata kunci adalah sekitar 0,5-1% dari jumlah kata suatu artikel. Misalnya untuk artikel 1000 kata, maka pengulangan keyword sekitar 5-10 kali. Penempatan kata kunci pun perlu diatur agar tersebar merata pada badan artikel, sehingga tidak terjadi penumpukan di satu tempat saja.

Optimasi Judul Artikel 

Judul artikel atau heading 1 harus diperhatikan dalam membuat artikel yang SEO friendly. Selain membuat judul yang menarik serta relevan dengan isi artikel, sebaiknya Anda mencantumkan keyword pada judul artikel.

Perhatikan juga panjang judul artikel karena akan mempengaruhi algoritma mesin pencari. Judul yang terlalu pendek dan terlalu panjang akan menurunkan performa artikel menurut mesin pencari. Usahakan judul artikel berkisar antara 60-75 karakter termasuk keyword yang ditargetkan.

Gunakan Sub-Judul

Adanya sub-judul atau heading 2 dan heading 3 sangat berperan dalam membuat artikel SEO friendly. Apalagi artikel dengan format listicle yang terbukti memiliki performa lebih baik menurut algoritma mesin pencari.

Anda perlu mengatur struktur artikel Anda agar mudah dipahami pembaca. Sebaiknya setiap sub-judul berisi paragraf yang seimbang antara satu dengan yang lainnya. Pembahasan yang terlalu panjang dalam satu sub-judul juga perlu dihindari.

gambar ilustrasi atau foto menambah ketertarikan pembaca

Optimasi Gambar

Adanya gambar ilustrasi atau foto pada artikel akan menambah ketertarikan pembaca. Selain itu, penempatan gambar pada badan artikel juga berfungsi sebagai jeda bagi pembaca agar terhindar dari kebosanan dan kelelahan saat membaca artikel.

Tahukah Anda bahwa gambar juga dapat dioptimasi untuk mendukung pembuatan artikel yang SEO friendly? Sebelum mengunggah file gambar ke website, sebaiknya Anda mengubah nama file sesuai kata kunci artikel. Kemudian, Anda perlu menyertakan penyebutan keyword pada keterangan gambar dan ALT image

Setelah menulis artikel SEO friendly, Anda dapat menerapkan teknik SEO on page lainnya, seperti menambahkan eksternal link dan internal link pada badan artikel yang telah dibuat. Pastikan tautan yang Anda sematkan menuju artikel yang relevan dengan artikel Anda, sehingga performa konten semakin layak menempati peringkat pertama Google.

Membuat artikel SEO friendly bukan berarti menulis untuk dibaca mesin pencari sehingga mengabaikan kualitas tulisan. Dengan banyak latihan dan menambah pengalaman, Anda bisa tetap membuat tulisan yang bagus serta nyaman dibaca sekaligus SEO friendly.

Beberapa tips menulis yang bisa sekaligus Anda pelajari dengan mengikuti kursus online gratis di aplikasi belajar online QuBisa, antara lain:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua