Unduh Aplikasi QuBisa
Cara dapat Uang dari Blog
Web Development

Cara dapat Uang dari Blog

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghasilkan uang, salah satunya melalui blog atau website pribadi. Cara dapat uang dari blog juga tidak terlalu sulit. Jika mengetahui trik dan metode yang tepat, blog atau website pribadi Anda akan mampu menghasilkan pundi-pundi keuangan yang menguntungkan.

Bagaimana memulai membuat blog agar dapat menghasilkan uang? Berikut ulasannya! 

Buat Dulu Blog

Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat blog. Blog dapat dibuat secara gratis. Hanya perlu waktu sekitar 10 menit, blog Anda pun berhasil buat. Namun, jika Anda masih bingung dengan cara membuat blog, cobalah mengikuti tutorial dari blogger lain dan channel YouTube yang membahas seputar dunia blogging.

Apabila sudah jadi, pilih template yang sesuai dan bagus. Jika perlu, Anda bisa membeli template berbayar yang ramah SEO Google. Dengan begitu, blog sudah dapat digunakan dan diisi sesuai dengan niat awal Anda. Isinya boleh tentang kisah fiksi, curhat dalam batas wajar, berbagi tips parenting, tutorial keuangan dan bisnis, dan lain sebagainya.

Bagaimana Agar Blog Menarik Sebelum Menghasilkan Uang

Proses membuat blog memang cepat, tapi merawat dan mengaturnya menjadi “rumah” yang nyaman tentu membutuhkan proses. Proses inilah yang tidak mudah untuk dilakukan karena dibutuhkan konsistensi dari Anda sebagai pemilik blog. Sebelum menghasilkan pundi-pundi uang, berikut cara membuat blog menjadi menarik.

Membuat blog menjadi menarik

Ekstensi Domain

Pada umumnya, blog dengan ekstensi gratis kurang terlihat menarik. Walaupun tak menutup kemungkinan ada juga blog gratis yang tetap keren. Untuk mengubah blog gratis menjadi berbayar atau terlihat profesional, Anda bisa menyewa Top Level Domain atau domain TLD, bahkan menyewa hosting jika menggunakan platform WordPress.

Nama Blog

Sebaiknya pilih nama blog yang mudah diingat, familier, dan berbahasa Indonesia tanpa mengurangi keunikannya. Kenapa harus mudah dihafal? Bayangkan jika nama blog Anda berupa angka, karakter khusus, dan huruf acak. Dibaca saja sulit, bagaimana orang peduli dengan blog yang Anda buat? 

Menentukan Niche

Memilih niche atau kategori ini bisa disesuaikan dengan minat dan passion. Tujuannya agar isi blog lebih spesifik atau fokus pada satu topik dan Anda pun bisa menuliskannya tanpa merasa terbebani. Apabila suka menulis tentang resep masakan, pilih niche kuliner atau foody. Begitupun jika Anda suka traveling, pilih saja traveling. Kategori tertentu akan membuat blog memiliki fans tersendiri, lebih elegan dan menarik minat pembaca.

Membuat Konten Menarik

Menulis di blog atau mengisi konten evergreen pada website Anda membutuhkan waktu dan proses. Membuat konten yang bagus dengan isi menarik dan sedang booming atau konten viral akan membantu Anda dalam mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Untuk itu dibutuhkan peningkatan pemahaman akan SEO, termasuk cara riset keyword, dan sejenisnya. Jika pengunjung sudah banyak, saatnya blog dapat menghasilkan uang.

Inilah Cara dapat Uang dari Blog

Mendapatkan penghasilan dari blog

Menjual Jasa

Isi blog dan konten menarik dapat digunakan sebagai penjualan jasa. Menjual jasa dapat dilakukan dengan menerima pesanan desain, tulisan atau yang lain. Produk jasa di zaman digital atau era society 5.0 ini banyak dicari sebagai strategi digital marketing.

Menjual Produk

Blog dengan konten bagus, dapat digunakan untuk menjual produk. Produk dapat berupa barang yang dibuat sendiri. Entah itu camilan, baju, tas atau yang lain. Dapat pula mengambil dari produsen lain. 

Penjualan dengan promo menarik dari blog akan menambah banyak pengunjung. Pengunjung menjadi salah satu calon konsumen potensial untuk melihat produk yang ditawarkan.

Iklan

Cara dapat uang dari blog berikutnya adalah melalui Google AdSense. Ya, Google AdSense tak hanya ada di monetisasi YouTube saja, pada website pun tersedia. Dengan tayangan iklan di blog, total pengguna yang mengunjungi iklan akan berubah menjadi pundi-pundi dolar.

Menerima Endorsement

Blog dengan kualitas konten bagus akan menarik banyak agensi maupun klien untuk memberikan tawaran endorsement. Baik itu berupa sponsored article ataupun content placement. Tentunya dengan rate yang bisa Anda tentukan sendiri, kemudian disetujui oleh klien atau pihak agensi.

Selain itu, jika sering menulis niche spesifik. Misalnya tentang wisata atau kuliner. Tidak menutup kemungkinan Anda akan diminta untuk mempromosikan suatu destinasi wisata atau cafe. Di era pemasaran digital saat ini pun, banyak produk yang membutuhkan review, baik itu bumbu masak, alat kecantikan, buku atau lainnya.

Banyak cara dapat dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan dalam menghasilkan uang. Jika tertarik, tak perlu menunggu lama lagi untuk mulai mempraktikkan cara dapat uang dari blog ini.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua