Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Bikin Curriculum Vitae yang Berkualitas
Artikel
Career Development

Cara Bikin Curriculum Vitae yang Berkualitas

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Kriteria curriculum vitae yang menarik dan berkualitas salah satunya adalah yang mematuhi semua ketentuan yang ditetapkan perusahaan. Perhatikan dengan teliti persyaratan yang diminta dalam informasi lowongan pekerjaan. Misalnya jika diminta CV dengan tulisan tangan, maka Anda harus membuat CV yang kreatif dengan tulisan tangan.

Kalau Anda membuat curriculum vitae dengan tampilan yang menarik, informasi yang dicantumkan lengkap dan tidak bertele-tele, maka potensi Anda sebagai pelamar kerja menjadi semakin besar untuk dilirik perusahaan. 

Maka tidak heran jika banyak orang mencari tahu bagaimana cara membuat curriculum vitae dengan tampilan visual yang menarik. Sebenarnya, apa saja kriteria curriculum vitae yang berkualitas? Yuk cari tahu jawabannya di artikel QuBisa kali ini. 

Tips Penting Bikin Curriculum Vitae yang Berkualitas

Sesuai Kualifikasi

Setiap lowongan pekerjaan menetapkan persyaratan dan kualifikasi tertentu untuk para pelamar kerja. Dilansir dari BBC, setidaknya Anda memenuhi 70% dari kriteria yang ditentukan dalam iklan lowongan pekerjaan. Biasanya, semakin tinggi jabatan dan semakin besar tanggung jawab yang melekat, maka akan semakin ketat kriteria yang diminta.

Jika Anda menemukan iklan lowongan pekerjaan dengan iming-iming gaji yang besar dan pekerjaan yang mudah, sedangkan kualifikasi yang diminta sangat tidak spesifik, maka Anda perlu waspada. Saat ini sangat banyak penipuan berkedok lowongan pekerjaan yang memberikan persyaratan sangat mudah bagi para pencari kerja.

patuhi semua ketentuan yang ada

Patuhi Semua Ketentuan

Anda juga perlu memperhatikan ketentuan pengiriman CV, apakah perusahaan meminta CV dikirim melalui POS atau email? Cermati juga alamat pengiriman atau alamat email serta subjek yang harus dicantumkan. Kadang-kadang, ada kode tertentu yang perlu dicantumkan untuk memudahkan personalia melakukan seleksi administrasi.

Data yang Relevan

Untuk membuat curriculum vitae yang berkualitas, Anda harus menyajikan data yang relevan sesuai dengan posisi yang dilamar. Hindari bertele-tele dalam menceritakan riwayat hidup Anda yang tidak berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Anda juga perlu memastikan bahwa semua data yang disampaikan sesuai dengan yang sebenarnya.

Jika pengalaman kerja dan pengalaman organisasi Anda sangat banyak, pilihlah beberapa yang paling mendukung pekerjaan Anda nantinya jika diterima sebagai karyawan. Anda juga dapat menampilkan pengalaman-pengalaman terbaru agar CV dan resume yang dibuat lebih aktual.

berkreasi dalam membuat curricullum vitae

Tidak Monoton

Beberapa dekade lalu, para pelamar kerja membuat curriculum vitae dengan cara mengisi blangko yang dijual di toko buku. Tentu saja hal ini akan membuat tampilan CV setiap pelamar tampak serupa dan tidak menarik.

Pada era digital seperti saat ini, ada banyak cara membuat CV yang kreatif. Tersedia contoh curriculum vitae yang menarik yang bisa Anda lihat di Pinterest dan website edukasi karir. Aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat curriculum vitae, antara lain Canva, Power Point, Corel, dan Adobe Photoshop

Tetap Profesional

Desain CV dan foto yang disertakan dalam lamaran pekerjaan sebaiknya tidak monoton, namun jangan kebablasan. Tampilan foto dan desain CV sebaiknya tetap profesional. Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu tentang budaya perusahaan dan jenis pekerjaan yang tersedia. Berdasarkan informasi tersebut dapat diketahui sejauh mana batas-batas kreativitas yang masih diperbolehkan oleh perusahaan.

Setiap proses rekrutmen masing-masing perusahaan atau instansi tentu menerapkan peraturan yang berbeda. Misalnya untuk melamar CPNS atau pegawai BUMN, persyaratan administrasi bagi pelamar kerja biasanya akan lebih baku dan detail. Sebaiknya Anda tidak mengirimkan CV dan foto yang tidak sesuai dengan ketentuan pada info lowongan pekerjaan.

Curriculum vitae yang menarik dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja atau mendapatkan posisi yang Anda incar. Sebaiknya Anda membuat curriculum vitae yang memenuhi semua kriteria curriculum vitae yang menarik.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua