Unduh Aplikasi QuBisa
Apa Itu Social Media Marketing, Manfaat, dan Contohnya?
Artikel
Social Media Marketing

Apa Itu Social Media Marketing, Manfaat, dan Contohnya?

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Media sosial menjadi salah satu sarana yang bagus untuk mempromosikan dan memasarkan produk maupun jasa. Salah satu tujuannya, agar konsumen bisa mengenal produk yang kamu jual dengan baik. Supaya penerapannya tepat, tak ada salahnya kamu pahami dulu pengertian social media marketing dan manfaatnya bagi bisnis kamu dari artikel di bawah ini. 

Pengertian Social Media Marketing

Social media marketing adalah strategi promosi dan pemasaran yang memanfaatkan media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Media sosial yang bisa kamu gunakan, antara lain Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, Pinterest, bahkan YouTube.

Manfaat Sosial Media Marketing Itu Apa Saja?

Karena pengguna internet di Indonesia hingga Januari 2021 lalu sudah sebanyak 170 juta jiwa (berdasarkan hasil penelitian yang terbit dalam Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital), jelas ini menjadi peluang besar bagi para pebisnis untuk memasarkan bisnis melalui media digital. Ada banyak manfaat menerapkan sosial media marketing, antara lain:

Membuat Segmentasi dan Pengelompokkan Pasar

Memudahkan dalam Membuat Segmentasi dan Pengelompokkan Pasar

Di setiap sosial media yang kamu gunakan, sudah tersedia fitur insight yang membantu kamu memetakan target pasar yang ingin dijangkau. Kamu bisa tahu usia, demografi, bahkan domisili calon pelangganmu. Di saat yang sama, kamu juga bisa memantau strategi marketing yang kompetitor gunakan, terutama jika produk mereka serupa dengan produkmu. 

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas dengan Biaya Lebih Hemat

Menggunakan media sosial untuk promosi dan jualan produk/jasa, memungkinkan kamu menjangkau konsumen dari berbagai daerah. Misalnya, usahamu berada di kota Surabaya. Kamu tetap bisa menjual produk ke konsumen yang tinggal di Medan atau yang tinggal di Bali. 

Selain itu, kamu tak membutuhkan biaya yang besar untuk mempromosikan dan memasarkan bisnismu. Hampir semua media sosial bisa kamu gunakan secara gratis. Cukup buat konten saja yang rutin dan bangun interaksi dengan calon pelanggan. Maka, kamu sudah bisa langsung jualan.

Meningkatkan Brand Awareness sehingga Produk Lebih Dikenal

Pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial sudah banyak terbukti bisa meningkatkan kesadaran merek dari konsumen terhadap brand atau bisnis kamu. Apalagi kalau kamu mampu menyajikan berbagai konten menarik yang bisa memberi solusi bagi permasalahan yang dihadapi calon konsumen.

Ingin tahu lebih banyak tentang brand awareness? Berikut ini beberapa tulisan yang bisa membantu kamu memahami lebih baik mengenai cara meningkatkan kesadaran merek:

Meningkatkan User Engagament dan Loyalitas Pelanggan

Tahu nggak sih, cara terbaik untuk menjaga konsumen tetap setiap membeli dan menggunakan produkmu bisa dengan cara membangun hubungan baik dengan mereka lho. Salah satu triknya, bangun interaksi yang solid di media sosial.

Misalnya, saling berbalas komentar dan memberi like. Menjawab pertanyaan yang diajukan konsumen di media sosial dengan sabar, mengatasi keluhan pelanggan dengan baik dan sebagainya. Sesekali, adakan giveaway, memberi voucher belanja, atau bagikan promo pembelian dengan syarat tertentu.

top of mind dalam pencarian

Menjadi Top of Mind

Derasnya arus informasi membuat kebanyakan orang tak ingin ketinggalan informasi apa pun. Ini jadi kesempatan kamu untuk membuat bisnismu diingat dengan baik oleh konsumen. Caranya, unggah konten secara teratur di media sosial, dan pastikan informasi yang kamu bagikan hanya info menarik, menghibur, dan berguna bagi pelangganmu.

Contoh Social Media Marketing Terkini

Pernah melihat cara orang jualan online di TikTok? Ya, mereka berjualan secara live dan langsung menjawab semua pertanyaan yang diajukan calon pembeli. Live shopping di media sosial menjadi tren baru yang ternyata cukup mampu meningkatkan angka penjualan. Selain di TikTok, kamu juga bisa kok bikin live shopping di Instagram.

Contoh lain penerapan pemasaran di media sosial, antara lain:

  • Pembuatan konten, baik dalam bentuk video, infografis, maupun animasi.
  • Memanfaatkan fitur reels dan stories di Instagram untuk membuat konten carousel yang bisa meningkatkan engagement pelanggan dengan bisnis kamu.
  • Membuat video lucu.
  • Bikin live discuss di mana kamu sebagai pemilik bisnis menampung kritik, saran, dan masukan secara langsung dari pelanggan loyal.

Sebagai tambahan pengetahuan dan informasi, ini satu video yang bisa kamu tonton mengenai Manfaat Social Media Marketing lainnya. Selain itu, cari tahu juga yuk: Tujuan dan Alasan Kenapa Kamu Perlu Menerapkan Social Media Marketing.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua