Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian dan Manfaat Brand Awareness bagi Bisnis
Artikel
Strategy

Pengertian dan Manfaat Brand Awareness bagi Bisnis

Punto Wicaksono16 Dec 235 menit membaca

Brand awareness adalah kesadaran merek.Ada banyak tujuan dan manfaat brand awareness, seperti membantu konsumen mengenal produk dan brand yang kamu miliki, bahkan dari logo atau kemasan saja. 

Brand awareness juga membantu memperluas pasar, meningkatkan penjualan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan lainnya. Yuk, cari tahu apa itu brand awareness dan manfaatnya di artikel ini.

Brand Awareness adalah …

Pengertian brand awareness adalah kesadaran konsumen untuk mengenal produk atau jasa hanya dari melihat simbol, nama, logo, atau ciri khas tertentu dari produk atau brand.

Untuk bisa membangun kesadaran merek yang kuat dan bisa konsumen ingat dengan baik, kamu perlu melakukan berbagai langkah dan tahapan membangun brand awareness.

Caranya bisa dengan menerapkan digital marketing, memanfaatkan media sosial untuk membangun kesadaran merek, dan sebagainya. 

Tujuan dan Manfaat Brand Awareness

Lalu, apa yang akan kamu dapatkan kalau sudah bersusah payah membangun kesadaran merek? Nah, berikut ini tujuan dan manfaat membangun dan meningkatkan brand awareness.

1. Membuat Konsumen Mengingat Brand dengan Baik

Pernahkah kamu langsung teringat akan suatu produk atau jasa, saat mendengar tagline atau jingle song tertentu? Atau, pernahkah saat kamu melihat logo / simbol tertentu, lalu kamu terpikir mengenai produk yang memiliki logo tersebut? 

Nah, kesadaran merek yang membuat kamu langsung teringat akan produk maupun layanan bisnis hanya dari mendengar jingle, tagline, atau hanya karena melihat logo atau warna tertentu, inilah yang disebut sebagai melekatnya brand awareness yang sudah terbangun dengan baik. 

2. Meningkatkan Angka Penjualan

Tujuan brand awareness yang utama adalah membuat produk dan layanan bisnis kamu makin dikenal luas oleh masyarakat. Ketika merek sudah terkenal, konsumen cenderung memilih produk dan merek yang sudah mereka kenal saat harus membuat keputusan pembelian.

Artinya, konsumen memang memiliki kecenderungan untuk lebih sering membeli produk atau menggunakan layanan jasa yang sudah mereka kenalnya dengan baik. Jika sudah begini, tentu saja angka penjualan akan meningkat.

Cara lain yang juga harus kamu lakukan untuk mendukung kegiatan meningkatkan brand awareness sekaligus menciptakan lebih banyak penjualan, antara lain:

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ketika kesadaran merek dari konsumen akan bisnis kamu sudah tinggi, maka akan berdampak pada meningkatnya loyalitas pelanggan

Pembeli cenderung melakukan pembelian ulang jika sudah suka dan loyal pada suatu merek, meskipun banyak kompetitor di luar sana yang menjual produk serupa. 

Bahkan saat harga produk kompetitor lebih murah, tetap saja yang konsumen cari adalah produk yang memang sudah melekat erat dalam pikiran dan hati mereka.

4. Meningkatkan Traffic ke Situs Bisnis

Tujuan dan manfaat memiliki brand awareness yang kuat bagi bisnis adalah peningkatan traffic atau kunjungan menuju ke situs bisnis. 

Apalagi kalau di dalam situs tersebut kamu juga menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan konsumen.

Agar konsumen semakin senang berinteraksi dan berkunjung ke website bisnis milik kamu, sediakan pula berbagai informasi terkait produk, tips menggunakan produk, cara memaksimalkan fungsinya, dan sebagainya.

Di saat yang sama, pastikan website bisnis memiliki desain yang menarik, loading speed tiap halaman cepat, lengkap dengan navigasi yang memudahkan konsumen berselancar di dalam website.

5. Membangun Citra Positif

Jika kamu secara konsisten menjaga hubungan baik dengan pelanggan, berinteraksi secara aktif, dan terus memberikan pengalaman yang terbaik, kamu akan membentuk persepsi yang positif terhadap bisnis. 

Nah, brand yang memiliki citra positif sudah tentu dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan menciptakan loyalitas pelanggan untuk jangka panjang.

6. Memperluas Jangkauan Pasar

Keberhasilan membangun brand awareness juga dapat memberi dampak positif pada upaya memperluas jangkauan pasar. Sebagai contoh, kamu membuka toko di kota A yang lokasinya berdekatan dengan kota B. Karena kamu membangun kesadaran merek dengan sangat baik maka produkmu pun populer hingga banyak konsumen dari kota B yang bersedia datang ke kota A hanya demi membeli produk kamu. 

Belajar dari ilustrasi di atas, maka penting banget suatu brand membangun brand awareness untuk memperluas pasar, menarik perhatian lebih banyak calon pelanggan, dan akhirnya dapat menciptakan lebih banyak penjualan secara berkesinambungan

7. Membuka Peluang Pengembangan Bisnis

Semakin popular suatu bisnis yang kamu jalan, kesempatan untuk bekerja sama juga akan terbuka lebar. 

Misalnya, bisnis kamu menjual pakaian olahraga, lalu ada perusahaan peralatan olahraga yang mengajak kamu berkolaborasi untuk membuat digital campaign. Kerjasama seperti ini sudah tentu akan menguntungkan kedua belah pihak.

Bisa dikatakan, semakin banyak kerjasama yang terjadi, semakin cepat pula bisnis bisa berkembang. Namun jangan lupa, tetap lakukan pertimbangan dan perhitungan matang ya. Jangan sampai salah langkah dan malah bekerja sama yang membuat bisnis jadi merugi.

Setelah memahami pengertian dan manfaat brand awareness, baca juga yuk cara membangunnya. Kamu bisa mempelajarinya dengan membaca artikel berjudul Tahapan Penting Membangun Brand Awareness. Oh ya,meningkatkan brand awareness bisa juga lho menggunakan cara cepat, yaitu menerapkan strategi influencer marketing.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua