Unduh Aplikasi QuBisa
Tujuan dan Alasan Pentingnya Menerapkan Social Media Marketing
Social Media Marketing

Tujuan dan Alasan Pentingnya Menerapkan Social Media Marketing

Punto Wicaksono24 Jan 237 menit membaca

Pemasaran media sosial atau social media marketing bertujuan untuk membangun hubungan dan memudahkan interaksi dengan konsumen, meningkatkan brand awareness, mendapatkan umpan balik dari konsumen, dan sebagainya. Yuk, cari tahu penjelasan lengkap mengenai social media marketing, tujuan, dan alasan penting menerapkannya bagi bisnis di artikel ini.

Apa Itu Social Media Marketing?

Menurut Hubspot, social media marketing adalah proses pembuatan konten yang akan ditayangkan di media sosial dengan tujuan untuk mempromosikan dan menjual produk, jasa, dan layanan bisnis. Selain itu, social media marketing juga berguna untuk membangun komunitas yang berisi pelanggan setia, calon pelanggan, bahkan target audiens yang ingin kamu jangkau. 

Alasan Penting Kamu Perlu Menerapkan Social Media Marketing

Dalam banyak penelitian yang telah dilakukan, baik oleh APJII, Hootsuite, dan platform survei lainnya, ditemukan fakta ada lebih dari 3 miliar orang di dunia yang menggunakan media sosial untuk berbagai kebutuhan, termasuk di Indonesia. Ada yang hanya untuk mencari hiburan, menambah pengetahuan, mengisi waktu luang, berbelanja, dan sebagainya.

Dengan banyaknya jumlah pengguna media sosial, tentu terbuka peluang untuk melakukan promosi dan penjualan. Kamu bisa mempromosikan bisnis beserta produknya hanya dengan membuat konten di media sosial serta berinteraksi dengan sebanyak mungkin calon pelanggan. Asalkan kamu bisa menerapkan strategi dan cara yang paling efektif, angka penjualan produk pun bisa mengalami peningkatan yang signifikan.

Tujuan Menerapkan Social Media Marketing

Jika pada artikel sebelumnya yang berjudul Apa Itu Social Media Marketing, Manfaat, dan Contohnya, kamu sudah mengetahui berbagai manfaat Social Media Marketing (SMM), maka berikut ini beberapa tujuan dalam menerapkan SMM:

mempelajari berbagai strategi yang diterapkan oleh kompetitor

Mempelajari Strategi Promosi yang Diterapkan Kompetitor

Hampir semua bisnis dari berbagai industri mulai menerapkan social media marketing secara masif. Sebab, melalui SMM inilah kamu bisa dengan mudah mempelajari berbagai strategi yang diterapkan oleh kompetitor dalam mempromosikan dan memasarkan produk maupun layanan bisnis mereka.

Kamu bisa mempelajari konten seperti apa yang mereka buat, isi konten yang bagaimana yang banyak dikomentari oleh audiens, dan seberapa sering kompetitor publish konten dalam jangka waktu tertentu. Bahkan, kamu bisa mengetahui inovasi produk apa yang akan segera kompetitor luncurkan.

Mendapatkan Umpan Balik dari Pelanggan

Menggunakan media sosial, kamu bisa mencari tahu bagaimana kualitas produk, layanan, harga produk, kekurangan dan kelebihan, bahkan mengetahui apakah produk sudah sesuai kebutuhan pelanggan atau tidak. Semua hal tersebut bisa kamu dapatkan dari umpan balik atau feedback dari pelanggan. Bentuk feedback bisa berupa komentar, kritik, like dan dislike, keluhan pelanggan, testimoni, review, dan sebagainya.

Melakukan Riset dan Audit Kinerja Social Media yang Digunakan untuk Promosi

Menerapkan social media marketing juga memudahkan kamu melakukan riset dan audit kinerja media sosial yang kamu gunakan untuk promosi dan jualan online. Kamu jadi bisa mengetahui secara spesifik siapa saja pelanggan loyal, berapa banyak mereka berbelanja, produk apa yang paling laris dan sebagainya. 

Lalu, kamu juga bisa demografi audiens, platform media sosial mana yang mendatangkan lebih banyak audiens, dan masih banyak lagi. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah melakukan riset dan audit kinerja media sosial yang digunakan untuk promosi, antara lain:

  • Membuat konten yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan audiens, sehingga konten yang kamu buat bisa memancing lebih banyak interaksi sekaligus dapat membangun hubungan baik dengan mereka.
  • Hasil riset dan audit bisa membantu kamu menentukan strategic defense and attack dalam berpromosi dan melakukan penjualan di media sosial.
  • Mendapatkan data-data yang lengkap dan valid terkait target market, audiens potensial, sepak terjang kompetitor, engagement, dan masih banyak lagi. 
  • Memudahkan dalam proses penentuan metrics social media marketing yang terukur dan tepat sasaran. Metrics social media marketing adalah data yang berguna untuk mengukur sukses tidaknya strategi marketing yang telah diterapkan menggunakan media sosial. 
  • Kamu jadi bisa menentukan platform yang paling tepat untuk mempromosikan dan menjual produk.
  • Memastikan konten yang dibuat bisa menarik audiens untuk membeli dan menggunakan produk.

Saluran untuk Mendapatkan dan Membagikan Informasi

Tujuan kenapa kamu perlu memanfaatkan social media marketing berikutnya, kamu lebih cepat dalam membagikan dan mendapatkan informasi. Melalui media sosial, kamu bisa dengan cepat mengetahui perkembangan terbaru atau tren yang terjadi dalam masyarakat, termasuk produk dari merek apa saja yang sedang mereka gemari, diskon dan promosi besar-besaran yang sedang dilakukan oleh kompetitor, atau event tertentu yang sedang ramai jadi perbincangan. 

Di saat yang sama, kamu juga jadi lebih cepat saat ingin membagikan informasi terkait bisnis, sehingga calon pelanggan bisa tahu kapan bisnismu sedang melakukan flash sale, promo, diskon, atau informasi penting lain yang memang perlu pelanggan ketahui. Dan semua informasi tersebut bisa muncul di timeline media sosial mereka.

Mempelajari Selera dan Kebutuhan Audiens

Ingin tahu kesukaan atau kebiasaan seseorang? Kamu bisa memantaunya dengan mempelajari konten seperti apa yang mereka upload ke media sosial. Artinya, menerapkan social media marketing secara tepat akan membantu kamu mempelajari selera dan kebutuhan audiens. Mengapa hal ini penting? Sebab, bisnis yang sukses adalah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan audiens dan menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah mereka.

Dengan mengetahui selera serta kebutuhan pelanggan, ini menjadi tolak ukur cocok tidaknya produk yang kamu buat dengan kebutuhan dan selera mereka. Selain itu, kamu juga jadi tahu konten seperti apa yang perlu kamu buat agar penyampaian produk dan bisnis kamu sesuai pula dengan keinginan audiens. Jika hal ini yang kamu lakukan, engagement yang akan kamu dapatkan pun jadi lebih tinggi angkanya.

Menghemat Biaya Promosi dan Pemasaran

Melakukan promosi dan pemasaran menggunakan media sosial akan membuat kamu bisa menghemat biaya promosi. Hampir semua media sosial bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu cukup membuat akun di media sosial yang ingin kamu gunakan sebagai media promosi. Kemudian, buatlah konten secara rutin dan unggah dengan teratur. 

Konten buatanmu bisa berupa promosi produk, konten evergreen yang memberi jawaban atas permasalahan pelanggan, mengenai manfaat produk, cara menggunakan produk, dan sebagainya. Hampir tidak dibutuhkan biaya besar untuk melakukan promosi dan penjualan dengan cara ini, kecuali kamu ingin beriklan untuk jangkauan pemasaran yang lebih luas.

miliki pelanggan yang loyal

Loyalitas Pelanggan Tercipta dari Hubungan Dua Arah yang Solid

Untuk memiliki pelanggan yang loyal, kamu tentu perlu menciptakan hubungan yang baik dengan para followers di media sosial. Followers tersebut bisa pelanggan yang memang sudah biasa membeli dan menggunakan produk kamu, pelanggan yang sudah tahu brand kamu, namun membeli produk, atau bisa jadi orang yang belum tahu sama sekali mengenai brand image bisnismu. 

Supaya hubungan baik tercipta, mau tidak mau kamu harus bisa menciptakan komunikasi dua arah. Misalnya membuat konten Q&A, tebak-tebakan, konten yang mengajak followers berinteraksi dalam percakapan, atau bisa pula membuka saluran komunikasi untuk menampung kritik dan saran. Dengan intensitas interaksi yang baik, komunikasi dua arah yang terjalin solid, besar kemungkinan pelanggan menjadi nyaman dan akhirnya menjadi pelanggan setia.

Meningkatkan Traffic Website

Cara tercepat untuk mendatangkan traffic ke website official bisnis bisa melalui share konten di media sosial, yang disertai CTA (call to action). Misalnya, ajakan agar audiens mengunjungi website bisnis agar bisa langsung mengenal produk, melakukan pembelian, mengisi survei berhadiah, dan sebagainya. 

Beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mendatangkan traffic ke website bisnis melalui media sosial, antara lain:

  • Menambahkan URL website di profil akun media sosial.
  • Secara rutin bikin konten stories dan menyematkan CTA yang merujuk ke URL website.
  • Mengintegrasikan atau menghubungkan website dengan setiap media sosial yang digunakan menjadi satu. Misalnya, satu kali posting di website, langsung otomatis posting cuplikannya di berbagai media sosial.
  • Membagikan konten di sebanyak mungkin media sosial memperbesar peluang ada lebih banyak orang yang mengenal bisnis secara organik.
  • Menggunakan hashtag brand dan kata kunci tertentu setiap posting konten di media sosial.

Meningkatkan Visibilitas Bisnis 

Semakin sering dan semakin rutin bisnis dan produk yang kamu pasarkan muncul di timeline media sosial audiens, semakin mudah bagi kamu untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran yang ingin kamu wujudkan. Hal ini karena bisnis kamu mudah terlihat oleh target audiens dan mudah pula dikenali. Untuk itu, rutin posting konten perlu kamu lakukan. Namun ingat, kualitas kontennya harus tetap terjaga dan memang sesuai dengan kebutuhan serta selera audiens.

Ada banyak manfaat dan tujuan yang bisa kamu dapatkan kalau menerapkan social media marketing untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis. Pelajari saja sebanyak mungkin mengenai SMM dari webinar, video microlearning yang tersedia di QuBisa, atau dari sumber lain. Selain itu, pelajari juga yuk: Hubungan dan Beda Social Media Marketing dan Digital Marketing.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua