Unduh Aplikasi QuBisa
5 Tips Penting Bagi yang Mau Belajar Programming Online
Artikel
Programming Languages

5 Tips Penting Bagi yang Mau Belajar Programming Online

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Untuk mengisi waktu selama masa pandemi dan di rumah saja, Anda bisa mencoba berbagai kursus online untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian. Salah satunya, ikut kursus atau belajar programming online. Kursus ini mulai banyak diminati, mengingat peluang kerja di dunia digital juga semakin beragam. 

Nah, bagi Anda yang berencana mengikuti pelatihan programming secara online, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, agar proses belajar Anda bisa berjalan lancar. Ini juga bertujuan supaya Anda lebih mudah memahami semua materi yang hendak dipelajari. Apa saja hal tersebut? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Tips Penting Mahir Belajar Melalui Kursus Programming Online 

Kursus programming online pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan kelas offline. Hanya saja, Anda bisa lebih hemat. Dalam hal ini, Anda hemat waktu karena belajar bisa dilakukan kapan saja. Selain itu, juga hemat biaya, mengingat Anda tidak butuh biaya transportasi atau guru khusus, untuk bertatap muka secara langsung. 

Sebelum Anda mulai mengikuti kelas online programming, perhatikanlah hal-hal berikut ini!

Pilih Platform Belajar Online yang Terpercaya

Sebelum memulai pembelajaran programming secara online, Anda tentunya harus memilih website atau platform kursus pemrograman yang terpercaya dan berkualitas. Mengapa begitu? Karena kursus pemrograman yang terpercaya akan berpengaruh pada sistem pembelajaran dan jenis materi yang akan disampaikan.

Misalnya saja, Anda bisa memilih QuBisa, platform belajar online Indonesia. Di platform ini, ada banyak materi yang bisa Anda pelajari terkait programming, seperti Exploratory Data Analysis with Python

Dalam kursus online ini, Anda akan mendapatkan materi lengkap mengenai Python, beragam macam data, preprocessing, data deskriptif dan data visual, dan sebagainya. Di akhir pembelajaran, Anda juga akan mendapatkan sertifikat.

Tips memilih kursus programming untuk belajar programming online

Pelajari Dasar-dasar Bahasa Pemrograman

Belajar programming akan lebih mudah dan cepat jika Anda sudah mengerti dasar-dasar bahasa pemrogramannya terlebih dahulu. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan mengikuti kursus programming online, pelajarilah bahasa pemrograman secara otodidak. 

Anda bisa mengawalinya dengan mempelajari bahasa pemrograman yang sangat sederhana atau dasar, seperti bahasa C atau C++. Kemudian, setiap materi bahasa pemrograman yang dipelajari, usahakan sertai dengan praktik. Tujuannya, agar Anda paham penggunaan setiap simbol-simbol dalam source code atau coding.

Buatlah Program yang Sederhana

Setiap kali Anda mengikuti belajar programming online, jangan lupa untuk membuat program sederhana setelah kelas selesai. Hal ini berguna agar Anda tidak mudah lupa dengan materi yang sudah dipelajari. Nantinya, program tersebut bisa dikembangkan seiring pembelajaran berlanjut.

Bahkan, setelahnya Anda bisa pula mengikuti kursus online mengenai android fundamental atau Java fundamental programming. Kelak, ketika Anda membuat website, semuanya akan sangat berguna dan menjadi pendukung bagi Anda dalam membangun website yang berkualitas. Begitu juga ketika Anda mempraktikkan berbagai teknik SEO.

Rajin dalam Mengikuti Tes dan Pandai Mengelola Waktu

Tolok ukur yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan Anda dalam mengikuti kursus pemrograman online, yakni mengikuti tes. Tes akan memberikan banyak pengalaman bagi Anda dalam dunia programming. 

kursus programming untuk belajar programming pemula

Di samping itu, dengan mengikuti tes pemrograman Anda juga bisa mengukur seberapa up to date kemampuan pemrograman yang dimiliki untuk bisa ditingkatkan kembali. Tak menutup kemungkinan, Anda juga perlu mengikuti sertifikasi agar keterampilan programming Anda bisa menjadi modal untuk meningkatkan karir.

Selain itu, Anda perlu kemampuan mengelola waktu dengan baik, terutama kalau Anda punya kesibukan harian yang harus dijalani, entah sebagai profesional yang bekerja di suatu perusahaan, sebagai karyawan, mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga, dan sebagainya. 

Pastikan Jaringan Internet Lancar

Saat mengikuti pelatihan programming online, hal yang tidak boleh disepelekan, yakni ketersediaan jaringan lancar dan kuota internet aman. Sebab, tanpa internet yang lancar, Anda tidak bisa mengikuti kursus dengan maksimal.

Jaringan internet yang lancar juga akan sangat mendukung ketika Anda perlu belajar membuat program sesuai hasil pembelajaran yang Anda ikuti. 

Nah, demikianlah ulasan mengenai tips yang harus Anda lakukan saat melakukan kursus programming supaya cepat mahir dan lulus tepat waktu. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya yang sedang memperdalam ilmu programming. Jangan pernah lelah untuk terus meng-upgrade ilmu pengetahuan. Ingatlah, semakin hari, ilmu programming akan berubah mengikuti perkembangan zaman yang ada.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua