Unduh Aplikasi QuBisa
9 Skill yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Posisi HRD
HR Management

9 Skill yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Posisi HRD

Punto Wicaksono25 Jul 234 menit membaca

Bekerja di bidang Human Resource Development (HRD) membutuhkan keterampilan untuk sukses dalam menjalankan tugasnya. Nah, ada 9 skill wajib untuk jadi HRD, mulai dari merancang program pelatihan karyawan, melaksanakan proses rekrutmen dan seleksi karyawan baru, dan lainnya. Yuk, pahami skill yang perlu kamu miliki kalau ingin jadi HRD di artikel ini. 

9 Skill Penting yang Perlu Kamu Kuasai untuk Berhasil Bekerja Sebagai HRD

1. Merancang Program Pelatihan Karyawan

Dalam bidang HRD, pengembangan sumber daya manusia atau HR Development adalah salah satu aspek penting yang harus kamu kuasai. 

Hal ini berkaitan dengan tugas HRD, yaitu harus mampu meningkatkan kompetensi dan keterampilan karyawan melalui serangkaian program pelatihan dan pengembangan sesuai kebutuhan perusahaan.

Untuk itu, kamu harus memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan program pelatihan dan pengembangan tersebut, serta memastikan program berjalan efektif.

2. Mengelola Budget Pelatihan

Tak hanya bertugas membuat rencana pelatihan dan pengembangan saja, namun sebagai HRD kamu juga harus punya kemampuan untuk merancang dan mengelola budget pelatihan. 

Jangan sampai budget terlalu besar yang menyebabkan pemborosan, sementara hasilnya belum tentu sesuai dengan target yang ditetapkan.

3. Melaksanakan Rekrutmen dan Seleksi

Seorang HRD harus mampu menarik calon karyawan berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk dapat melakukan tugas ini dengan baik, kamu sebagai HRD tentu harus mampu mengidentifikasi kebutuhan perusahaan, mengenali potensi kandidat pelamar kerja, bahkan harus bisa merancang job description yang jelas dalam iklan lowongan kerja.

Setelah mendapatkan calon karyawan potensial, selanjutnya HRD harus melakukan proses seleksi yang efektif untuk memastikan calon yang dipilih sesuai dengan standar perusahaan.

Proses seleksi biasanya meliputi tes, wawancara, serta verifikasi referensi dan riwayat pekerjaan. Maka mau tidak mau, HRD perlu punya pengetahuan yang luas berkaitan dengan seleksi dan identifikasi SDM yang tepat agar bisa menemukan kandidat terbaik bagi perusahaan.

sebagai HRD harus mampu mengidentifikasi kebutuhan perusahaan

4. Keterampilan Komunikasi yang Efektif

Sebagai seorang HRD profesional, keterampilan komunikasi yang efektif adalah pondasi mencapai kesuksesan. 

Maka, miliki dan asah skill komunikasi, yang meliputi kemampuan verbal dan tulisan yang baik, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan beragam karakter manusia serta organisasi yang berbeda.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik,  kamu akhirnya dapat mengenali kebutuhan karyawan, menangani pertanyaan, dan memberikan umpan balik yang efektif kepada karyawan untuk mendukung kinerjanya.

5. Kemampuan Analisis 

Kalau ingin jadi HRD profesional, kuasai ilmu analisis data. Sebab hasil dari analisis data inilah nantinya kamu membantu pemangku kepentingan dan stakeholder untuk mengambil keputusan bisnis terbaik. 

Dalam proses analisis data, kamu juga perlu memiliki skill untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data terkait kinerja karyawan, kebutuhan pelatihan, dan tingkat retensi. 

Penguasaan alat analisis data modern akan membantu kamu membuat keputusan strategis yang didukung oleh fakta dan angka.

Selain itu, kemampuan analisis lainnya yang juga perlu kamu kuasai, antara lain:

  • Menganalisis data dan informasi terkait dengan karyawan, termasuk kinerja, absensi, dan kesejahteraan karyawan.
  • Melakukan analisis SWOT untuk memperbaiki kebijakan HRD.
  • Melakukan analisis biaya-manfaat untuk memberikan rekomendasi perbaikan.
  • Menyusun laporan dan presentasi yang jelas dan mudah dipahami.

6. Paham Kebutuhan Organisasi & Perusahaan

Menjadi HRD berarti menjadi perpanjangan tangan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan akan SDM berkualitas.

Agar dapat menjalankan tugas ini, tentunya kamu perlu tahu cara mengidentifikasi kebutuhan perusahaan, termasuk kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan strategi perekrutan sesuai dengan profil posisi yang dibutuhkan.

memenuhi kebutuhan perusahaan akan SDM berkualitas

7. Memahami dengan Baik Hukum Kerja dan Regulasi

Dalam operasional perusahaan sudah jelas ada hukum berkaitan dengan ketenagakerjaan yang harus dipenuhi. Begitu pula dengan berbagai regulasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengikat keberadaan perusahaan.

Mau tidak mau, kamu harus paham dengan baik mengenai hukum kerja, hukum usaha, serta regulasinya demi memastikan perusahaan taat akan hukum yang berlaku. Dengan cara ini nantinya kamu dapat mencegah perusahaan terlibat masalah hukum.

8. Kemampuan Problem Solving

Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi yang tepat akan membantu karyawan, stakeholder, dan seluruh individu dalam perusahaan bekerja dengan baik dan produktif.

Apalagi bekerja dengan banyak orang jelas ada potensi terjadi masalah dan konflik yang membutuhkan penanganan khusus sehingga tidak mengganggu operasional bisnis. 

9. Kepemimpinan dan Pengembangan Tim

Mengelola tim dan menciptakan budaya kerja yang positif memerlukan keterampilan kepemimpinan yang kuat. 

Sebagai HRD, kamu harus dapat memotivasi, memberdayakan, dan memandu anggota tim agar mencapai tujuan bersama. 

Dengan menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan kolaboratif, kamu dapat meningkatkan kinerja tim secara keseluruhan.

Dengan menguasai 9 skill wajib yang dibutuhkan untuk jadi HRD di atas, semoga kamu bisa berkarir sebagai HRD profesional. Apalagi jenjang karirnya sangat menjanjikan lho. Cari tahu lebih banyak mengenai jenjang karir di sini: 6 Jenjang Karier HRD yang Perlu Kamu Tahu.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua