Unduh Aplikasi QuBisa
Perkuat Konten Digital dengan Belajar Copywriting yang Tepat
Artikel
Content Marketing

Perkuat Konten Digital dengan Belajar Copywriting yang Tepat

Jasmi13 Feb 233 menit membaca

Kekuatan copywriting untuk memaksimalkan iklan dan promosi sehingga menarik perhatian konsumen untuk melakukan suatu tindakan. Itulah sebabnya, copywriting menjadi salah satu strategi marketing yang memberi banyak manfaat positif, terutama bagi pebisnis yang memasarkan produk, layanan bisnis, maupun brand dengan menggunakan konten digital. 

Agar bisa memperkuat konten digital, kamu perlu memahami pengertian copywriting, jenis-jenis copywriting, dan alasan kenapa harus belajar copywriting yang tepat. Yuk, cari tahu lebih banyak dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Pengertian Copywriting

Copywriting adalah penulisan materi promosi dan pemasaran yang persuasif sehingga mampu mendorong audiens untuk melakukan suatu tindakan yang disarankan. Contoh, untuk berlangganan email, mengisi survei, menghubungi penjual, atau melakukan pembelian produk. 

Untuk bisa membuat copywriting yang menarik, tepat sasaran, dan bisa mencapai tujuan promosi, kamu perlu paham dulu berbagai jenis copywriting. Sebab, pilihan jenis copywriting yang tepat dan relevan dengan target market yang ingin kamu jangkau, memperbesar peluang keberhasilan iklan dan promosi yang kamu lakukan.

Jenis - Jenis Copywriting

perkuat konten digital dengan belajar copywriting yang tepat

Direct Response Copywriting

Direct response copywriting berfungsi untuk mendapatkan tanggapan langsung dari audiens. Contohnya, mengajak berlangganan, menekan tombol suka, membagikan konten, dan lain sebagainya.

Marketing Copywriting

Marketing copywriting lebih mengarah pada aktivitas menawarkan, menyampaikan manfaat, hingga memberikan solusi kepada konsumen untuk mengatasi masalah mereka melalui produk yang dipromosikan. Bisa diartikan, peran copywriting di sini untuk meyakinkan audiens bahwa produk kamu merupakan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah mereka.

Brand Copywriting

Brand copywriting bisa kamu gunakan jika kamu ingin membangun identitas atau citra brand maupun produk sehingga dikenal luas dalam masyarakat. Dalam proses pembuatannya, kamu harus dapat menunjukkan keunggulan produk/brand kamu dibandingkan dengan kompetitor.

SEO Copywriting

SEO copywriting adalah teknik copywriting yang bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan secara langsung di mesin pencari dengan menerapkan kaidah SEO. Jadi saat audiens mengetikkan kueri tertentu yang berkaitan dengan bisnis dan produk bisnismu, maka bisnis kamu akan mudah ditemukan di mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.

Technical Copywriting

Technical copywriting biasanya dibuat untuk memberikan pengetahuan lebih dalam mengenai cara kerja suatu produk. Jenis copywriting yang satu ini banyak digunakan untuk brand kecantikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

perlunya belajar copywriting untuk memperkuat konten digital

Kenapa Harus Belajar Copywriting untuk Memperkuat Konten Digital?

Copywriting sangat diperlukan di era digital karena memberi pengaruh besar dalam penerapan strategi digital marketing, seperti:

  • Belajar copywriting yang benar memungkinkan kamu memaksimalkan kegiatan promosi.
  • Kamu perlu menguasai teknik copywriting agar tak tertinggal dan bisa bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.
  • Ada banyak platform digital yang digunakan oleh masyarakat. Mereka mengakses media sosial dengan banyak tujuan. Untuk menarik perhatian mereka agar tertuju pada konten di media sosial bisnis, kamu perlu menerapkan teknik copywriting.
  • Era digital membuat pebisnis harus kreatif. Sebab, konsumen tertarik melakukan pembelian tidak lagi karena produknya (hard selling), melainkan bisa jadi karena value yang kamu tawarkan (soft selling). Nah, menampilkan value dari produk bisa dengan menggunakan copywriting

Kamu sekarang sudah paham mengenai dasar copywriting, mulai pengertian, kenapa perlu belajar copywriting, dan jenis-jenis copywriting. Nah, supaya kamu bisa segera membuat copy iklan yang menarik, lanjutkan membaca tentang ketentuan penulisan copywriting yuk. Langsung klik ini ya: Ketentuan Penulisan Copywriting yang Wajib Diketahui Copywriter.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua