Unduh Aplikasi QuBisa
Ingin Berkarir sebagai Data Science? Ini Kualifikasi dan Keahliannya
Artikel
Career Development

Ingin Berkarir sebagai Data Science? Ini Kualifikasi dan Keahliannya

Punto Wicaksono04 Mar 234 menit membaca

Profesi data scientist merupakan salah satu profesi yang tengah populer saat ini dan memiliki potensi karir yang sangat menjanjikan di masa depan. Apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi data scientist? 

Ada beberapa keterampilan dan keahlian yang harus kamu kuasai, seperti mampu melakukan analisis data, memahami statistika dan matematika, terbiasa bekerja dengan data, memahami programming dan database (SQL dan Map Reduce), dan sebagainya. 

Baca ulasan mengenai kualifikasi dan keahlian wajib seorang data science di artikel ini, yuk

Apa Itu Profesi Data Science? 

Profesi data science atau data scientist adalah seseorang yang bertugas mengumpulkan, mengorganisir, dan menganalisis data untuk mendapatkan berbagai informasi. 

Nantinya informasi tersebut akan digunakan oleh pemangku kepentingan pada suatu perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis yang strategis. 

Itulah sebabnya, profesi ini juga harus ahli dalam melakukan analisis data yang akurat.

Kualifikasi dan Kemampuan yang Wajib Dimiliki Seorang Data Science

Kemampuan Analisis Data

Jika kamu memilih profesi di bidang data science, maka kamu harus memiliki kemampuan melakukan analisis data yang detail. Mulai dari data mining, memproses dan menganalisis data, serta menginterpretasikan hasil analisis secara tepat. 

Data Scientist juga harus memiliki kemampuan menguasai algoritma dan model statistik, paham matematika dengan baik, sehingga dapat menghasilkan analisis yang akurat dan bermanfaat.

Menguasai Bahasa Pemrograman

Penguasaan akan bahasa pemrograman berguna untuk embangun model analisis data, mengumpulkan dan memanipulasi data dari berbagai sumber, dan mengekstrak informasi yang bermanfaat dari data.

Bahasa pemrograman, seperti Python, R, C/C++, Perl, SQL, Java, dan sebagainya, akan membantu seorang data science membuat algoritma dan model statistik. Keduanya berguna untuk memprediksi dan memahami pola dalam data, serta lebih mudah memvisualisasikan data secara efektif.

Bahasa pemrograman juga memungkinkan kamu menggunakan alat dan teknologi terbaru yang berkaitan dengan analisis data, seperti Big Data, Machine Learning, dan AI. 

Semua ulasan pada poin ini menunjukkan kalau kamu ingin menjadi seseorang yang bekerja di bidang data science, maka mau tidak mau kamu harus menguasai bahasa pemrograman dengan baik. 

Selain itu, kamu juga harus terus memperbaharui pengetahuan tentang teknologi dan tools analisis data terbaru.

memiliki pemahaman yang kuat mengenai teknologi big data, machine learning, dan artificial intelligence (AI)

Selalu Update dengan Teknologi Terbaru

Seorang data scientist harus memiliki pemahaman yang kuat mengenai teknologi big data, machine learning, dan artificial intelligence (AI). Semua teknologi tersebut akan membantu data scientist menghasilkan analisis data lebih akurat.

Dalam upaya memanfaatkan teknologi terbaru, maka kamu juga harus menguasai tools analisis data, seperti Python, SQL, Hadoop, Spark, SAS, Hive, Spark, R, dan Pig. Ini adalah beberapa tools analisis data yang populer dan banyak digunakan oleh para data scientist di seluruh dunia.

Kemampuan Komunikasi dan Presentasi yang Baik

Selain memiliki kemampuan analisis data yang baik, kamu juga wajib banget memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi. 

Sebab, setelah melakukan serangkaian aktivitas yang berkaitan dengan analisis data, kamu perlu mempresentasikan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada divisi lain di perusahaan beserta pengambil keputusan. 

Hal penting yang wajib kamu perhatikan adalah cara kamu menjelaskan hal-hal rumit mengenai data dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua orang. 

Latar Belakang Pendidikan

Sebenarnya,tidak ada latar belakang pendidikan tertentu yang wajib untuk menjadi seorang data science. 

Di era digital seperti sekarang bahkan orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan tinggi ternyata bisa berkarir sebagai data scientist. Kunci untuk bisa melakukan analisis data adalah pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan statistik, matematika, dan pengolahan data.

Namun ada pula beberapa perusahaan yang mensyaratkan latar belakang pendidikan tertentu ketika mau merekrut karyawan baru dengan posisi analis data. 

Umumnya, seorang data scientist memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang matematika, statistik, atau ilmu komputer.

memiliki kemampuan bekerja dalam tim

Kemampuan untuk Bekerja dalam Tim

Seorang data scientist harus memiliki kemampuan bekerja dalam tim. Hal ini berkaitan dengan tugas data science yang perlu melibatkan banyak pihak, seperti tim IT, manajemen bisnis, dan departemen lainnya.

Itulah sebabnya, kalau kamu bekerja sebagai seorang data scientist, maka kamu perlu memiliki interpersonal dan intrapersonal skill, kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan banyak orang, termasuk mampu bekerja secara efektif dalam tim. 

Visualisasi Data

Kemampuan memvisualisasikan data secara efektif sangatlah penting bagi seorang data science. Sebab, data scientist harus dapat menyajikan informasi yang kompleks dan rumit dengan cara yang mudah dipahami oleh orang yang tidak berpengalaman dalam analisis data. 

Cara efektif untuk menyederhanakan data tersebut ya menggunakan grafik, tabel, dan diagram yang dapat membantu menyampaikan informasi secara visual dan mudah dipahami. 

Tujuannya agar penerima data bisa memahami data dengan baik sehingga terbantu dalam proses pengambilan keputusan penting.

Selain itu, visualisasi data juga dapat membantu data scientist untuk menemukan pola dan tren dalam data. Dengan memvisualisasikan data, kamu dapat mengidentifikasi hubungan dan pola dalam data yang mungkin tidak dapat ditemukan melalui analisis angka saja.

Nah, bagaimana, semakin ingin berkarir sebagai analis data? Jika iya, lanjutkan membaca bagaimana cara menjadi seorang data science. Klik URL artikel ini: Persiapan dan Cara Belajar Data Science.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua