Unduh Aplikasi QuBisa
Persiapan untuk Belajar Data Science
Career Development

Persiapan untuk Belajar Data Science

Punto Wicaksono04 Mar 233 menit membaca

Langkah awal menjadi data science, kamu harus menguasai sejumlah keahlian, seperti memahami matematika dan statistika, memahami pemrograman dan database, menggunakan berbagai tools analisis data, memahami data mining, serta lainnya. Yuk, baca persiapan yang perlu dilakukan sebelum belajar data science di artikel ini.

Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan untuk Belajar Data Science

Bergabung dan Aktif di Komunitas Data Science Indonesia

Untuk memudahkan jalanmu menjadi seorang data science, bergabunglah dengan komunitasnya supaya kamu bisa lebih fokus belajar. 

Salah satu komunitas yang aktif dan punya banyak kegiatan berkaitan dengan ilmu data sains dan analisis data adalah Komunitas Data Science Indonesia.

Komunitas yang sudah berdiri sejak bulan Mei 2015 ini memiliki visi menciptakan ekosistem inovasi berbasis data untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Ada banyak riset, kompetisi, bahkan seminar yang berkaitan dengan analisis data di komunitas ini dan bisa kamu ikuti. 

Selain itu, berkomunitas juga memungkinkan kamu bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat sama sehingga bisa saling bertukar pengetahuan dan pengalaman. Dengan cara ini, kamu bisa lebih cepat menguasai ilmu dan keterampilan mengenai data science.

mempelajari data science secara otodidak

Belajar Otodidak dari Materi Data Science di Internet

Internet itu gudang ilmu. Apa pun bisa kamu temukan ditemukan di internet, termasuk berbagai materi mengenai data science

Nah, sebelum belajar data science secara serius, ada baiknya kamu mempelajarinya secara otodidak terlebih dahulu. Ada banyak materi mengenai analisis data dan perangkat atau software pendukungnya di internet maupun platform belajar online gratis, seperti QuBisa. 

Beberapa materi mengenai data science yang bisa kamu pelajari secara gratis, antara lain:

Kalau sudah yakin dan mantap ingin mempelajarinya dengan lebih serius, baru kamu mengambil kursus berbayar, misalnya: Data Science (Codeless Modeling).

Mengikuti Program Magang

Selain belajar data science secara teori, sebenarnya langkah cepat untuk menguasai ilmu dan keterampilan analisis data bisa dengan cara mengikuti program magang di perusahaan. Sebagai pemula, wajar jika selama magang kamu belum bisa berkontribusi penuh. 

Tetapi inilah cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kamu. Dengan cara ini, kamu juga bisa praktik dan tidak hanya belajar teori saja.

Intuisi Terkait Data

Mengasah Intuisi Terkait Data

Karena nanti tugas dan pekerjaan data science lebih banyak berhadapan dengan data, kamu harus membiasakan diri untuk bekerja dengan tumpukan data. 

Semakin sering mengasah kemampuan dengan melihat dan memahami pola data, maka intuisimu akan terasah dengan baik.

Biasakan Diri Menggunakan Tools Data Science

Bisa karena biasa. Nasihat ini berlaku juga dalam hal menguasai ilmu analisis data. Kamu akan bekerja dengan banyak alat atau tools analisis data, seperti R, Python, Flume, dan Scoop. 

Nah, sebelum terjun ke dunia kerja dan mengikuti kursus data science, sebaiknya biasakan diri dulu menggunakan tools tersebut. 

Pelajari cara kerja masing-masing tools beserta fitur-fiturnya. Semakin terbiasa kamu menggunakan tools, semakin mudah nanti kamu bekerja dengan beragam perangkat. Baik untuk mengumpulkan data, membersihkan dan mengkategorikan data, bahkan untuk mengelola data.

Kalau seluruh persiapan untuk belajar data science sudah kamu lakukan, coba analisis dan evaluasi kembali keinginanmu. Apakah kamu sudah mantap menjadi seorang analis data? Jika sudah, yuk pelajari Tips Cepat Belajar Data Science yang Efektif.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua