Unduh Aplikasi QuBisa
5 Cara Monetisasi Blog bagi Blogger Pemula
Teaching & Academics

5 Cara Monetisasi Blog bagi Blogger Pemula

Punto Wicaksono02 Aug 233 menit membaca

Beberapa tahun terakhir, memiliki blog dan menjadi penulis blog tidak lagi sekadar hobi atau kegiatan pengisi waktu luang saja. Namun, blog atau website membuka banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan. 

Bagaimana cara monetize blog? Kamu bisa bergabung dengan komunitas blogger untuk mendapatkan peluang job, bekerja sama dengan agensi, menerima sponsored content, dll. Nah, simak yuk 5 cara monetisasi blog bagi blogger dan mendapatkan penghasilan dari blog.

5 Cara Monetize Blog yang Terbukti Ampuh untuk Dapat Uang

1. Bergabung dengan Komunitas Blogger

Kamu pasti pernah mendengar tentang Kompasiana, Detik, Kaskus, dan berbagai forum online lainnya, kan? Nah, itulah yang namanya komunitas. Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak komunitas blogger lainnya, seperti BRT Network, misalnya.

Dengan menjadi anggota komunitas blogger, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki minat sama, saling bertukar informasi, bahkan bisa mendapatkan peluang pekerjaan menulis di blog dengan nominal pembayaran yang beragam.

Beberapa peluang job untuk blogger yang bisa kamu dapatkan dari komunitas, antara lain:

  • Content placement: pendapatan antara Rp100.000,- Rp500.000,- / blogpost.
  • Review produk: bayaran untuk satu kali review di blog, mulai dari Rp150.000,- hingga tak terhingga tergantung rate card dan negosiasi.
  • Pasang banner, yaitu kamu memasang banner suatu brand untuk jangka waktu tertentu dengan nominal tertentu sesuai kesepakatan.
  • Event offline, misalnya ada brand yang mau menyelenggarakan launching produk, maka komunitas yang bekerja sama dengan brand tersebut sudah tentu juga akan mengajak membernya untuk ikut berpartisipasi.

Pastikan selama menjadi bagian dari komunitas, kamu memahami dengan baik etika wajib blogger profesional dan terus mengembangkan skill untuk jadi blogger.

Peluang kerja sama dengan Agensi

2. Bekerja sama dengan Agensi

Ada banyak agensi yang mencari blogger untuk bekerja sama, bahkan peluang ini juga terbuka bagi kamu yang masih blogger pemula. Biasanya, jasa blogger dibutuhkan untuk endorsement maupun review produk, meningkatkan brand awareness suatu perusahaan, dan sebagainya.

Namun pastikan kamu mencari informasi terlebih dahulu terkait kredibilitas agensinya, sebab banyak lho agensi abal-abal yang akhirnya bermasalah dalam urusan pembayaran.

3. Menerima Sponsored Content

Tips lain untuk mendapatkan penghasilan dari blog, kamu bisa menerima sponsored content dari brand, atau pihak yang membutuhkan jasa blogger. Bahkan tak jarang brand sendiri yang akan menawarkan kerja sama berupa sponsored post kepada para blogger.

Untuk itu, pastikan blog kamu memiliki performa yang bagus, dan punya niche yang sesuai dengan brand butuhkan. 

Misalnya, kamu memiliki blog dengan niche parenting. Kamu juga rutin mengisi artikel parenting di blog. Maka blog kamu memiliki kesempatan besar untuk bekerja sama dengan berbagai brand, seperti brand perawatan bayi dan anak sampai dengan brand elektronik untuk kampanye produk ramah keluarga.

Untuk membuat konten yang menarik dan disukai brand maupun pembaca blog, terapkan beberapa tips blogging berikut ini:

Mendaftarkan blog Anda untuk menjadi partner Google Adsense

4. Mendaftar Google Adsense

Mendaftarkan blog untuk menjadi partner Google Adsense juga bisa mendatangkan penghasilan. Namun, kamu harus memenuhi persyaratan yang telah Google tetapkan untuk bisa lolos menjadi partner mereka. 

Jika lolos, maka Google akan menayangkan iklan di blog kamu sebagai partner Adsense, dan kamu pun bisa mendapatkan penghasilan.

5. Ikut Berbagai Lomba Blog

Cara monetize blog dan mendapatkan uang dari menulis blog bisa pula dengan cara ikut lomba blog. Sebab, hadiah lomba blog nggak main-main nominalnya.

Cukup banyak penyelenggara lomba blog yang menyediakan hadiah uang mulai dari ratusan ribu Rupiah sampai puluhan juta Rupiah, tergantung tujuan yang ingin dicapai dan brand-nya.

Lakukan persiapan sematang mungkin, mulai dari materi pendukung, image, infografis, data hasil riset, dan sebagainya. Tujuannya, agar kamu bisa menjadi pemenang dalam lomba blog yang diikuti. Jangan lupa, baca dulu Tips Menang Lomba Blog ini, sebelum kamu mengikuti lomba.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua