Tujuan dari Komunikasi organisasi

Microlearning

Dapatkan Poin Hingga 15

Dilihat 1204 kali

9 Apr 21

38

Dewi Rachmawati

Lecturer & Management at LSPR Communication & Business Institute

Selengkapnya Sembunyikan

Pengertian komunikasi organisasi adalah sebuah proses yang terjadi dalam suatu organisasi berupa penyampaian, penerimaan, serta pertukaran informasi dan pesan. Tujuan komunikasi organisasi yaitu untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang sudah ditetapkan oleh organisasi tersebut.

 

Komunikasi organisasi terdiri dari 4 proses. Pertama, komunikasi organisasi sebagai proses yang sedang berjalan dalam pembentukan dan transmisi pesan. Pada proses ini dibutuhkan ada awal dan akhir dalam komunikasi yang sedang berlangsung. Proses kedua terdiri dari pola interaksi antara anggota organisasi dengan pihak eksternal dan internal.

 

Proses selanjutnya merupakan proses yang dapat mengalami perubahan, berevolusi, dan mengikuti perkembangan. Proses terakhir, yaitu proses menghasilkan pengembangan strategi, perencanaan, pembuat hasil keputusan, dan ekseskusi organisasi.

 

Sedangkan, komunikasi organisasi sebagai perseorangan memiliki tujuan untuk berkontribusi dalam menjalin hubungan, membantu individu dan mencapai tujuan organisasi. Komunikasi ini terjadi antara orang yang bekerja satu sama lain dan hubungan interpersonal. Bisa juga terjadi antara orang yang tinggal di tempat berbeda, mulai dari perbedaan letak geografis, bahasa, dan budaya.

 

Pentingnya komunikasi dalam organisasi adalah supaya terjadi proses pertukaran informasi, transmisi pesan verbal dan nonverbal, juga prilaku dan sharing informasi yang terjadi pada organisasi. Komunikasi berlangsung pada satu kesatuan pesan, dan disampaikan melalui channel atau media. Komunikasi yang baik dalam komunikasi organisasi adalah komunikasi yang tidak hanya menciptakan hubungan harmonis, tapi juga berhasil mencapai tujuan komunikasi.

 

Temukan rekomendasi video microlearning, kursus online gratis dan kursus online berbayar biaya terjangkau lainnya di platform belajar online QuBisa, dengan tema pengembangan karir dan human resources berikut ini:

 

 

 

0 Komentar
Buat komentar kamu disini...
TUTUP
Ke Atas