Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Memasarkan Produk Sesuai Tren Terbaru Media Sosial
Artikel
Social Media Marketing

Cara Memasarkan Produk Sesuai Tren Terbaru Media Sosial

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Cara memasarkan produk melalui media sosial bisa dengan mengikuti tren terbaru yang lagi viral di media sosial, seperti bikin konten promosi dan jualan di TikTok, promosi di Reels Instagram, memanfaatkan social commerce, jualan secara live streaming, mengkombinasikan UGC dan IGC, serta lainnya. Yuk, simak penjelasan lengkapnya supaya jualan kamu makin laris di tahun ini.

Tips Jualan yang Laris dengan Memanfaatkan Tren Terbaru di Media Sosial 

Media Sosial Sebagai Platform Belanja 

Platform media sosial saat ini sudah bisa beralih fungsi, dari yang awalnya hanya untuk promosi, sekarang sudah bisa langsung jualan. Alih-alih berbelanja di e-commerce, konsumen sekarang lebih senang berbelanja di media sosial lho. 

Kamu bisa melihat ramainya transaksi jual beli yang terjadi di Facebook, Instagram, bahkan TikTok juga langsung tersedia fitur TikTok shop. Jadi, kalau kamu ingin jualan produk yang laris, ya kamu harus memaksimalkan media sosial kamu. Caranya, jual produkmu di media sosial.

Bikin Konten Promosi dan Jualan di TikTok

Hootsuite sudah mengulas mengenai potensi TikTok sebagai media promosi dan jualan yang akan tren di tahun 2023. Apalagi saat ini pengguna TikTok sangat banyak dan sudah pula tersedia fitur TikTok Shop.

Artinya, sekarang waktunya kamu membuat berbagai konten promosi produk dan layanan bisnis di TikTok. Bisa berupa video pendek yang menghibur dan bisa masuk FYP (For Your Page). Kemudian, sediakan produkmu di TikTok Shop. Jadi begitu konsumen tertarik setelah menonton video kamu yang viral, mereka juga bisa langsung berbelanja di akun yang sama.

menyajikan konten viral merupakan social media marketing strategi yang patut dicoba

Promosi di Instagram Reels

Pengguna Instagram per hari itu lebih dari satu miliar pengguna lho. Dan sebagian besar di antara mereka senang menonton video reels Instagram. Bahkan banyak data yang menyebutkan kalau penonton reels itu bisa mencapai 220 juta pengguna sepanjang tahun 2022. 

Maka cara memasarkan produk sesuai tren terbaru di media sosial, kamu bisa membuat video-video promosi yang evergreen. Tunjukkan di dalam video tersebut bahwa produk kamu bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah konsumen. Manfaatkan juga Instagram ads untuk memaksimalkan performa konten sehingga bisa menjangkau lebih banyak audiens.

Perbanyak Video yang Menarik di Berbagai Media Sosial

Belakangan ini masyarakat memang lebih suka berinteraksi di media sosial. Hanya saja, mereka kurang tertarik untuk terlibat dalam postingan perorangan. Bahkan dalam banyak referensi disebutkan kalau ketertarikan pengguna medsos terhadap suatu video maksimal hanya 8 detik. Artinya, dalam 8 detik itu kamu harus membuat video yang menarik dan membuat konsumen penasaran hingga mereka mau menontonnya sampai selesai. Lalu, publikasikan video-video tersebut ke berbagai media sosial, seperti IG story, Instagram reels, YouTube short, serta TikTok. 

Memanfaatkan Social Commerce

Social commerce adalah platform media sosial yang memungkinkan penggunanya juga berbelanja. Ada dua media sosial yang saat ini viral dan menjadi tren di kalangan penggunanya, yaitu Instagram dan TikTok. Keduanya memiliki fitur shop. Kamu yang ingin jualan laris bisa memanfaatkan fitur tersebut. Selain untuk jualan, rutin mempromosikan produk juga dengan membuat konten yang menarik ya.

Memanfaatkan Augmented Reality 

Augmented Reality (AR) bisa menjadi salah satu teknik viral marketing yang patut kamu coba. Sebab, penelusuran audiens berkaitan dengan konten AR mengalami peningkatan dalam 5 tahun terakhir. 

Contohnya, penggunaan filter Instagram. Hampir semua pengguna Instagram senang mencoba berbagai filter AR yang unik dan lucu. Nah, kamu manfaatkan saja teknologi AR untuk mempromosikan dan menjual produkmu di media sosial.

memaksimalkan opsi augmented reality sebagai bagian social media marketing

Jualan secara Live Streaming

Sekarang ini, tidak cuma di e-commerce saja kamu bisa berjualan produk secara live streaming, tetapi juga di media sosial. Contohnya Bunda Corla yang jualan gorden di TikTok dan menjadi viral. Agar jualan laris di 2023, kamu juga perlu mencoba jualan secara live streaming. Sudah banyak lho pebisnis yang membuktikan peningkatan penjualan produk mengalami kenaikan jika dipasarkan secara live. Apalagi kalau kamu juga menyediakan diskon khusus hanya untuk pembeli yang langsung melakukan pembayaran selama live streaming berlangsung.

Memanfaatkan Konten Buatan Pengguna

Strategi pemasaran berikutnya yang juga bisa meningkatkan angka penjualan, kamu perlu memanfaatkan konten buatan pengguna produkmu. Sebab, tidak sedikit pengguna membuat konten unik dalam me-review produk. Bahkan cara ini juga bisa meningkatkan penambahan jumlah pengikut di media sosial hingga 20 persen. 

Mengkombinasikan UGC dan IGC dalam Berpromosi

UGC singkatan dari user-generated content, yaitu konten yang dibuat oleh pengguna. Biasanya, review dari pengguna yang sudah menggunakan produk suatu bisnis. Sementara IGC atau influencer-generated content, yaitu konten yang dibuat oleh influencer

Di tahun ini, kamu bisa mengkombinasikan kedua konten tersebut untuk memasarkan produkmu. Dengan cara ini, semakin banyak audiens dan calon pelanggan yang percaya kalau produknya memang bagus berkat review positif yang sudah mereka lihat atau mereka baca.

9 Cara memasarkan produk sesuai tren terbaru media sosial di atas bisa kamu coba. Tapi sebelumnya, cari tahu dulu apa saja yang jadi tren. Cek di sini ya: 7 Tren Media Sosial Tahun 2023. Kalau usaha kamu masih termasuk UMKM bisa tidak ya? Ya, bisa. Selain tahu mengenai tren media sosial terbaru, terapkan juga Tips Social Media Marketing untuk UMKM

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua