Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Social Media Marketing untuk UMKM
Artikel
Social Media Marketing

Tips Social Media Marketing untuk UMKM

Monica Anggen24 Jan 235 menit membaca

Ada banyak cara dan tips pemasaran online bagi UMKM yang bisa bantu meningkatkan penjualan dan promosi. Misalnya dengan memanfaatkan beberapa media sosial sekaligus untuk jualan, strategi konten yang efektif, dan bikin jadwal konten yang sistematis. Bahkan kamu juga perlu memanfaatkan fitur otomatis di media sosial. Yuk, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

5 Tips Social Media Marketing untuk UMKM yang Efektif dan Murah Biaya

Salah satu kesulitan pemilik bisnis skala UMKM adalah terbatasnya dana untuk melakukan promosi. Untuk itu, kamu yang sedang mengembangkan bisnis UMKM bisa menggunakan social media marketing. Cara ini termasuk efektif dan hemat biaya lho. 

Pilih Media Sosial yang Sesuai Target Audiens

Cara jitu menerapkan social media marketing, Kamu perlu menentukan target audiens terlebih dahulu. Kamu tahu siapa saja yang cocok untuk menjadi pengguna produk yang kamu tawarkan. Misalnya, audiens berusia berapa, jenis kelamin, daya beli dan pendapatan rata-rata, kebiasaan berbelanja mereka, bahkan lokasi tempat tinggal. 

Setelahnya, cari tahu juga media sosial mana yang paling sering mereka gunakan. Misalnya, produk bisnismu cocok untuk generasi Y dan Z, dan mereka terbiasa menggunakan Instagram dan TikTok. Maka gunakan kedua media sosial tersebut untuk mempromosikan produk dengan jenis konten yang sesuai. Begitu pula kalau target audiens dari generasi X, maka Facebook menjadi pilihan media sosial paling tepat untuk menjangkau mereka.

Strategi Posting Konten yang Efektif

Untuk menarik perhatian audiens sehingga mereka bisa mengenal produk kamu, bahkan melakukan pembelian, ya kamu harus membuat konten yang menarik dengan tampilan visual yang juga memang sesuai dengan kebutuhan audiens. Misalnya untuk TikTok jelas video yang menghibur, dengan musik yang lagi viral, memungkinkan konten kamu masuk FYP. Untuk Instagram, coba cari tahu tren yang lagi digemari dan mulailah membuat konten mengenai hal tersebut.

tips social media marketing

Jangan lupa, pesan mengenai produk dan layanan bisnismu kalau bisa masuk juga ke dalam konten ya. Mulai dari keunggulannya, bagaimana produkmu menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan audiens, atau “bungkus” iklan mengenai konten dalam story telling dan tampilan visual yang menarik. Lalu, bikin jadwal publikasi konten yang rutin ya. Misalnya seminggu 3 konten, setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, misalnya.

Bagaimana cara membuat konten yang menarik dan efektif untuk promosi dan jualan di media sosial? Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa kamu pelajari:

Memanfaatkan Fitur Otomatis di Media Sosial

Sudah banyak media sosial yang menyediakan fitur otomatis yang memungkinkan kamu mempublikasikan satu konten ke beberapa media sosial sekaligus. Misalnya, publish konten promosi di TikTok, lalu konten yang sama secara otomatis akan tayang juga di Instagram story dan Facebook story

Selain itu, kamu bisa mengunggah konten di Instagram reels yang sekaligus tayang di Instagram feed. Memanfaatkan ini akan memudahkan kamu dalam menyebarkan konten promosi ke beberapa media sosial sekaligus dalam satu waktu. Cara lain, manfaatkan tools social media marketing, seperti Hootsuite atau Buffer yang membantu kamu membuat content planning hingga publikasi konten langsung dari satu platform saja.

Bikin Konten Kolaborasi dengan Audiens atau Influencer

Konten collabs atau konten kolaborasi juga bisa sangat membantu dalam strategi promosi dan pemasaran di media sosial. Kamu bisa mengajak influencer, mulai dari mikro atau makro influencer bikin konten kolaborasi. Bahkan, bisa juga lho mengajak audiens yang sudah pernah menggunakan produkmu untuk bikin konten yang menarik bersama-sama. Dengan cara ini, jangkauan konten jadi lebih luas dan akan ada banyak orang yang melihat konten tersebut, walau mereka belum menjadi followers akun media sosial bisnismu.

marketing dengan social media

Buat Hashtag atau Tagar yang Viral

Tagar atau hashtag bertujuan agar pemirsa bisa menemukan dan mencari sesuatu yang menarik perhatian mereka atau yang mereka butuhkan. Nah, kamu bisa menggunakan hashtag yang viral dan banyak dicari pengguna media sosial. Misalnya: 

  • #skincaremurah 
  • #menghilangkanjerawat 
  • #bajukekinian 
  • #sepatuolahraga
  • #cateringsehatjakarta

Tambahkan juga satu hashtag yang memudahkan audiens menemukan produk dan merek bisnis kamu ya. Jadi, kelak ketika audiens ingin mencari produkmu, mereka tinggal menggunakan hashtag tersebut. 

Video Pendek yang Unik Masih Digemari

Selain berpromosi menggunakan caption dan gambar, kamu juga bisa membuat video pendek yang unik, lucu, atau video tutorial. Jenis video seperti ini masih digemari lho. Sebab, video pendek yang unik, apalagi kontennya menghibur, akan membuat penontonnya penasaran dan akhirnya terus scrolling mencari konten lain yang serupa.

Manfaatkan Ads di Media Sosial

Sesekali, gunakan ads yang tersedia di media sosial. Misalnya menggunakan Instagram ads atau TikTok ads. Harganya murah kok, cuma Rp15.000,- per hari, dan sudah bisa menjangkau sekitar 1000 audiens. Tujuan penggunaan ads agar konten kamu lebih mudah ditemukan oleh audiens. Artinya, ada lebih banyak orang yang akhirnya tahu mengenai produk dan bisnis kamu.

Gimana? Mudahkan mempromosikan produk di media sosial dengan menerapkan social media marketing? Yuk, mulai coba terapkan tips di atas dan siapkan ide - ide terbaik untuk konten media sosial bisnis kamu. Kalau bingung belum menemukan ide, coba baca artikel ini: Cara Menentukan Ide Konten Media Sosial yang Menarik.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua