Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Sukses Ikut Kursus Digital Marketing Online
Digital Marketing

Tips Sukses Ikut Kursus Digital Marketing Online

Punto Wicaksono27 Jan 244 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Tak hanya mempelajari IT, saat ini terdapat bootcamp dan kursus digital marketing yang bisa kamu pilih untuk memiliki dan meningkatkan skill dan keahlian di dunia digital. 

Mengikuti kursus secara offline maupun online sebenarnya sama saja, membutuhkan fokus dan konsentrasi dalam belajar. 

Agar bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dan sukses menyelesaikan keseluruhan sesi kursus, terapkan tips belajar di artikel QuBisa ini.

Cara Ikut Kursus Digital Marketing Agar Sukses dan Lancar

Ketika memutuskan mengambil kursus digital marketing secara online, kelas ini menawarkan fleksibilitas sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Cepat tidaknya kamu menguasai semua materi terkait digital marketing sangat tergantung pada beberapa hal berikut:

1. Punya Time Management

Memiliki time management menjadi syarat utama agar kamu bisa mengikuti bootcamp dan kursus digital marketing dengan optimal. Terlebih kalau kamu ikut bootcamp, maka jadwal pembelajarannya akan sangat padat. 

Agar semua tugas bisa selesai tepat waktu, baca keseluruhan kurikulum dan silabus yang kamu dapatkan. Beri tanda khusus pada materi yang penting dan membutuhkan perhatian khusus. Kemudian sediakan waktu belajar lebih untuk menguasainya.

Disiplin terhadap waktu adalah kunci sukses sehingga kamu bisa menyelesaikan setiap materi pelajaran dengan baik. Misalnya, kursus berlangsung dari jam 19.30 WIB sampai 21.00 WIB, maka sempat mengulang pelajaran di hari tersebut selama 1 jam sebelum tiba waktunya tidur. 

Karena biasanya ada tugas atau project yang harus kamu kerjakan di akhir setiap sesi, maka cobalah keesokan harinya mulai mencicil untuk mengerjakan tugas tersebut. Cara ini akan membantu kamu menyelesaikan kursus dengan hasil yang sangat baik.

Strategi Time Management

2. Tempat & Waktu Belajar yang Teratur

Setiap orang memiliki gaya belajar yang tidak sama. Jika kamu seorang morning person dan bisa fokus mengerjakan sesuatu ketika banyak orang belum bangun, maka belajarlah di pagi hari. Ini akan membuat kamu bisa lebih banyak menyerap pelajaran.

Selain mengenai gaya belajar dan waktu belajar yang tepat, melakukan setting tempat untuk meningkatkan kenyamanan belajar serta konsentrasi juga penting. Maka siapkan satu tempat khusus untuk belajar selama mengikuti bootcamp atau kursus digital marketing.

Jangan lupa, pastikan di ruangan tersebut sudah tersedia koneksi internet yang cepat, suasana ruangan tenang yang mendukung proses belajar, dan sediakan juga buku-buku pendukung yang bisa jadi referensi selama kamu belajar.

3. Stay Organized

Menjadi teratur adalah tips sukses berikutnya saat kamu memutuskan untuk ikut kursus digital marketing. Siapkan alat tulis dan buku yang mungkin akan kamu butuhkan selama mengikuti kursus. 

Biasakan juga meletakkan benda-benda pada tempat yang sama sehingga bisa cepat mendapatkannya ketika kamu butuh menggunakannya. 

Asal kamu tahu, pemborosan waktu yang sering terjadi dan tanpa disadari adalah waktu yang terbuang hanya untuk mencari sesuatu ketika kamu membutuhkannya.

4. Hindari Distraksi

Distraksi bisa mengganggu fokus belajar sehingga sebaiknya singkirkan hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi kamu saat belajar. Beberapa distraksi yang umum terjadi, seperti notifikasi media sosial atau chat di ponsel.

Selain itu, suara orang ngobrol juga bisa merusak konsentrasi dan memancing kamu ikut ngobrol, godaan untuk nonton Netflix, dan sebagainya. Oleh karena itu, pastikan semua distraksi sudah kamu singkirkan sebelum kamu memasuki jam belajar.

5. Punya Tujuan Belajar

Sebelum mulai mengikuti bootcamp digital marketing, penting untuk menentukan tujuan belajar yang ingin kamu capai. Misalnya, menguasai fundamental digital marketing dalam waktu satu minggu, lalu menguasai strategi pemasaran media sosial, dan seterusnya.

Tulis target yang harus dicapai setiap minggunya, kemudian pecah menjadi lebih rinci ke dalam to do list harian. Setelahnya, mulailah menyelesaikan setiap poin di dalam to do list, satu per satu sampai selesai. 

6. Responsif dan Bangun Akuntabilitas

Bagaimana kalau ternyata kamu termasuk orang yang sulit disiplin dengan jadwal kegiatan serta to do list yang sudah dibuat? 

Solusinya, ajak satu atau dua peserta, pasangan, atau teman lainnya, untuk membangun akuntabilitas dan saling mengingatkan selama proses mengikuti kursus digital marketing.

Dengan cara ini, kamu bisa fokus belajar, tidak terlewat tugas, berdiskusi, sehingga hasil belajar jadi lebih maksimal dan kamu jadi cepat menguasai teknik digital marketing

membangun relationship dan networking

7. Aktif Berpartisipasi

Aktif berpartisipasi akan memudahkan kamu memahami materi yang diajarkan. Segera bertanya jika ada materi yang tidak dipahami dan jangan menunggu hingga kelas berakhir.

Jangan lupa, tetapkan waktu khusus untuk memeriksa rangkaian diskusi di grup khusus peserta (jika ada) agar kamu tidak tertinggal materi atau pembahasan penting berkaitan dengan pembelajaran.

8. Bangun Relationship

Meskipun mengikuti bootcamp atau kursus digital marketing secara online, kamu tetap bisa berinteraksi secara aktif dengan sesama peserta dan para pengajar. Cara ini bagus untuk mempercepat kamu menguasai materi melalui diskusi yang intens.

Di saat yang sama, interaksi aktif juga akan membantu kamu membangun relationship dan networking. Jaringan relasi dan pertemanan yang luas bisa membuka banyak peluang baik di masa depan.

9. Practice Make Perfect

Practice make perfect! Pernah mendengar kalimat ini, kan? Mempelajari apa pun, baik pengetahuan baru, berbagai teknik pemasaran, termasuk digital marketing, butuh latihan dan praktik yang rutin. Semakin sering kamu melakukannya, maka skill dan keterampilan kamu akan meningkat dengan pesat.

Ingin sukses ikut kursus digital marketing online maupun offline? Terapkan tips di atas. Selain itu, rutin mengikuti berbagai webinar terbaik mengenai digital marketing, juga akan sangat membantu meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua