Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa
Personal Development

Tips Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa

Punto Wicaksono08 Mar 237 menit membaca

Yang dimaksud dengan produktivitas kerja adalah kemampuan seseorang atau suatu perusahaan untuk menghasilkan produk, jasa, maupun hasil kerja, dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. 

Produktivitas kerja juga bisa dikatakan sebagai tolak ukur efisien tidaknya suatu pekerjaan dilakukan hingga selesai. Contohnya, bisa menyelesaikan pekerjaan dalam satu hari lebih cepat dari target yang ditentukan, dan sebagainya. 

Lalu bagaimana caranya agar tetap produktif saat sedang berpuasa? Yuk, baca tips berikut:

Cara Tetap Produktif Meski Sedang Berpuasa

Bulan puasa merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, kamu yang muslim tentu harus menjalankan ibadah puasa. Nah, bagaimana cara agar tetap produktif selama bulan puasa? 

Tidur Lebih Awal dan Jaga Pola Tidur yang Baik

Selama bulan puasa, waktu tidur sedikit berkurang karena kamu harus bangun untuk makan sahur. 

Supaya jam tidurmu tidak terganggu dan kamu tetap bisa fokus bekerja di siang hari, usahakan tidur lebih awal. 

Dengan jam tidur yang cukup, kamu akan bangun lebih segar dan tetap produktif meski seharian berpuasa. 

Tidak Tidur Setelah Sahur

Setelah makan sahur, usahakan untuk tidak tidur. Jadi setelah shalat subuh, langsung saja beraktivitas. Misalnya jalan-jalan santai di pekarangan menghirup udara segar. 

Lalu, kamu bisa membuat daftar pekerjaan yang perlu kamu selesaikan di hari itu. Bekerja lebih awal seperti ini memungkinkan kamu bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

usahakan untuk tidak tidur

Atur Ulang Skala Prioritas

Karena kondisi tubuh yang sedang berpuasa berbeda dengan saat tidak puasa, maka kamu perlu mengatur ulang kegiatan dan pekerjaan harian yang biasa kamu lakukan.

Prioritaskan pekerjaan penting dan tugas-tugas yang menuntut konsentrasi di pagi hari ketika energimu masih full

Sementara untuk pekerjaan lain yang lebih ringan, atau untuk mencicil pekerjaan yang deadlinenya masih jauh, bisa kamu lakukan di siang hari. Dengan cara ini, kamu bisa fokus menyelesaikan pekerjaan yang wajib selesai dan bisa bekerja lebih terorganisir. 

Luangkan Waktu Beristirahat di Siang Hari

Baik bekerja di rumah maupun bekerja di kantor, kamu bisa kok mengambil waktu istirahat sejenak untuk tidur sekitar 15-20 menit. Tidur singkat di siang hari dapat mengembalikan energi dan membuat kamu siap beraktivitas kembali dengan penuh semangat.

Manfaatkan Waktu Senggang untuk Kegiatan Positif

Selama bulan puasa, kamu punya banyak waktu senggang lho. Sebab, perusahaan tempat bekerja pasti mengurangi jam kerja, bisa pulang kantor lebih cepat, dan sebagainya. 

Nah, manfaatkan waktu senggang tersebut untuk membaca buku, mengikuti kursus yang bisa membantumu mengembangkan diri, memperdalam ilmu agama, atau melakukan aktivitas bermanfaat lainnya.

Buat Jadwal Mingguan

Untuk kamu yang memiliki rutinitas harian dengan potensi datangnya pekerjaan secara mendadak, ada baiknya membuat jadwal mingguan. Di dalam jadwal ini tak hanya berisi jadwal kerja sama, tapi sebaiknya jadwal kegiatan sehari-hari. Bahkan jika ada acara buka puasa bersama, masukkan saja ke dalam jadwal mingguan.

Membuat jadwal mingguan membuat kamu bagai memiliki kompas yang akan membantumu bekerja lebih teratur, fokus, dan sesuai prioritas yang sudah kamu tentukan sendiri. 

Jadi walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, kamu tetap bisa menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik dan tepat waktu.

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, penting banget lho kamu menjaga kesehatan fisik dan mental supaya tetap bisa bekerja dengan produktif. Untuk itu, rutin lakukan olahraga ringan, seperti yoga, senam ringan, atau jalan kaki santai, demi membuat tubuh selalu dalam kondisi bugar.

Kelola Stress

Stres bisa membuat kamu jadi tidak produktif. Maka ada baiknya, kamu mencari cara yang paling sesuai untuk mengelola stres. Misalnya dengan meditasi, menulis jurnal, membaca buku, melakukan aktivitas atau hobi yang disukai, dan sebagainya. 

Hindari Procrastination

Procrastination adalah gangguan yang membuat kamu menunda menyelesaikan pekerjaan. Kebiasaan ini bisa saja kamu lakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Untuk bisa tetap produktif, sebaiknya hindari gangguan seperti menonton televisi, browsing di internet, menghabiskan waktu dengan scrolling di media sosial, dan sebagainya.

Terapkan Work Life Balance

Jaga keseimbangan hidup dan aktivitas harian, antara pekerjaan, menjalankan ibadah, waktu berkumpul bersama keluarga dan teman, serta tetap punya waktu untuk diri sendiri. Itu makanya penting bagi kamu membuat jadwal harian atau jadwal mingguan. Tujuannya, agar semua kegiatan bisa terkoordinasi dengan baik.

Selalu Berpikiran Positif

Ada banyak manfaat dari berpikiran positif, mulai dari menjaga motivasi dan semangat kerja, jadi lebih fokus pada tujuan harian yang ingin dicapai dan sebagainya. Perbanyak membaca buku dan mengelola pikiran dengan baik bisa membantu kamu selalu berpikiran positif. 

Banyak Berbagi Kebaikan

Selama bulan puasa, Anda dapat memperkuat ikatan sosial dengan berbagi makanan dan waktu bersama keluarga, teman, dan orang-orang yang membutuhkan. 

Hal ini dapat memberikan rasa bahagia dan kepuasan tersendiri. Pada akhirnya, dapat membuat kamu menjadi pribadi yang lebih produktif dalam semua sisi kehidupan.

bekerja lebih produktif

Lakukan Pengembangan Diri

Ketika pengetahuan, wawasan, dan keterampilanmu meningkat, maka akan lebih mudah bagi kamu menyelesaikan setiap tugas dan pekerjaanmu. 

Ambillah kursus online, baik kursus online gratis maupun berbayar, banyak membaca buku, bahkan mengikuti webinar yang bisa meningkatkan kualitas hidup dan mendukung kamu bekerja lebih produktif. 

Buat Jadwal Ibadah

Selain membuat jadwal untuk pekerjaan dan kegiatan harian, tidak ada salahnya kamu juga membuat dan mengatur jadwal ibadah. Misalnya, jadwal membaca Al-Qur'an, melakukan sholat berjamaah di masjid atau di rumah, serta melakukan amalan-amalan lain yang bisa menambah pahala di bulan puasa.

Hindari Konflik

Selama berpuasa, hindari konflik dan pertengkaran yang dapat mempengaruhi kesehatan mental dan emosional. Berkonflik dengan seseorang juga bisa membuat kamu jadi tidak produktif. 

Semoga 15 tips agar tetap produktif saat berpuasa di atas bisa membantu kamu menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan ini dengan lebih nyaman, dan tetap bisa fokus bekerja dengan produktif. Kalau ingin tahu cara mengelola waktu agar bisa bekerja lebih produktif, klik saja artikel berikut ini: Tips Lebih Produktif dengan Time Management.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua