Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Lebih Produktif dengan Time Management
Artikel
Personal Development

Tips Lebih Produktif dengan Time Management

Punto Wicaksono08 Mar 235 menit membaca

Time management adalah perencanaan waktu atau manajemen waktu agar dapat menyelesaikan pekerjaan pada waktu yang ditentukan. Dalam upaya meningkatkan produktivitas, manajemen waktu menjadi penting. 

Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai kenapa time management itu penting dan tips time management agar lebih produktif bekerja di artikel ini. 

Kenapa Time Management Itu Penting?

Time management menjadi penting karena termasuk soft skill yang harus kamu miliki agar bisa bersaing di dunia kerja. 

Dengan memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, kamu bisa bertanggung jawab dan menghargai waktu yang kamu miliki. 

Pengelolaan waktu yang baik juga memungkinkan kamu bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Hal yang tak bisa kamu pungkiri, setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama dalam sehari, yaitu 24 jam

Dengan jumlah waktu ini, kamu perlu membaginya untuk bekerja, beristirahat, belajar dan menambah pengetahuan, bersosialisasi serta membangun jaringan, menjalankan bisnis keluarga, berolahraga, dan sebagainya.

Tips Time Management Agar Lebih Produktif

Beberapa tips dalam mengatur manajemen waktu di bawah ini bisa kamu coba supaya dapat bekerja dan menjadi pribadi yang lebih produktif.

Membuat Daftar Kegiatan yang Harus Dilakukan

Tips manajemen waktu yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar kegiatan untuk periode waktu tertentu. Daftar kegiatan ini bisa kamu buat untuk kegiatan dalam satu hari, kegiatan untuk waktu seminggu, atau daftar kerja bulanan. 

Untuk daftar kerja harian, fokuskan perhatian pada kegiatan atau pekerjaan yang perlu kamu selesaikan di hari tersebut. 

Catat semuanya secara detail di pagi hari dalam jurnal atau agenda. Dengan cara ini, kamu bisa lebih fokus bekerja dan tidak mudah terdistraksi dengan hal lain. 

mengatur manajemen waktu

Miliki Skala Prioritas

Selain membuat to do list atau daftar pekerjaan, kamu perlu memiliki kemampuan dalam menentukan skala prioritas. Jadi, daftar kerjamu tidak hanya dibuat secara asal-asalan saja, namun perlu disusun, mulai dari yang paling penting dan urgent (yang harus diselesaikan hari ini), penting tetapi tidak mendesak, tidak terlalu penting, dan pekerjaan kecil.

Lihat pula, mana saja pekerjaan yang bisa didelegasikan. Misalnya, pekerjaan untuk mendokumentasikan hasil kerja minggu lalu. Kalau kamu punya seseorang yang bisa membantumu, maka tugas ini bisa diserahkan kepada orang tersebut. 

Contoh lain, kamu biasanya mengantarkan anak sekolah di pagi hari. Karena hari ini ada meeting penting, maka tugas ini bisa kamu delegasikan ke pasangan yang kebetulan bisa melakukannya.

Salah satu tujuan dari upaya pengembangan diri, kamu mampu menjalankan semua kegiatan dengan rinci, detail, dan bisa selesai dengan baik. 

Memang butuh proses untuk bisa mengelola waktu dan pekerjaan berdasarkan skala prioritas. Namun, kegiatan sederhana ini bisa membawa perubahan sedikit demi sedikit. 

Nah, untuk membantumu menyusun skala prioritas, coba baca artikel berikut ini: Tata Cara Menyusun Skala Prioritas dalam Bekerja.

Tetapkan Batas Waktu

Dengan adanya batas waktu atau deadline, kamu akan bisa lebih fokus dalam bekerja dan berupaya menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Beda halnya, kalau kamu tidak menetapkan deadline. Bisa jadi, satu pekerjaan baru selesai setelah berjam-jam.

Kenapa orang bisa menghabiskan waktu berjam-jam pada pekerjaan yang bisa diselesaikan dua jam? Rata-rata karena masih merasa banyak waktu. 

Kemudian, menggunakan “waktu yang banyak” tadi untuk melakukan hal lain yang tak berhubungan dengan pekerjaan. Misalnya, berselancar di internet atau media sosial, chatting, buka YouTube, dan sebagainya.

Matikan Notifikasi Ponsel

Saat mengerjakan suatu tugas, alangkah baiknya kalau kamu mematikan notifikasi ponsel. Terlebih lagi notifikasi media sosial. Biasanya,notifikasi mudah sekali membuyarkan konsentrasi serta  produktivitas dalam bekerja.

Manfaatkan Waktu Luang untuk Melakukan Kegiatan Kecil yang Penting

Kebanyakan orang mengisi waktu luang atau hari libur dengan bermalas-malasan. Padahal, di hari seperti ini, kamu bisa melakukan kegiatan kecil yang penting. 

Misalnya, membalas email atau pesan, membaca buku untuk menambah pengetahuan, mengikuti webinar gratis, daftar kursus online gratis untuk peningkatan skill, atau membuat rencana kerja selanjutnya.

Percayalah, ada banyak manfaat dari mengelola waktu yang bisa kamu dapatkan. Waktu 24 jam itu akan bisa memberi dampak positif, kalau kamu bisa menggunakan setiap detiknya untuk hal-hal berharga. Termasuk, untuk meningkatkan karir dan kesuksesan Anda.

Jangan Meremehkan Tidur

Dalam usaha menjadi pribadi yang lebih produktif, jangan sampai Anda melupakan istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Kamu pun bisa berkonsentrasi pada pekerjaan.

Peluang Emas dalam Setiap Waktu yang Ada

Pentingnya efisiensi dan produktivitas dalam hidup ini berkaitan juga dengan kemampuan melihat peluang emas. Jika kamu bekerja dengan sistematis dan terstruktur serta memiliki time management yang baik, kamu akan punya lebih banyak waktu untuk menggali potensi diri.

Bahkan kamu masih punya waktu untuk membangun jaringan pertemanan dan networking bisnis, membuat rencana masa depan yang lebih baik, dan punya waktu untuk keluarga. 

Nah itulah 7 tips manajemen waktu yang bisa membuat kamu lebih produktif. Kamu bisa mengikuti kursus online Lebih Produktif Dengan Pengelolaan Waktu (Time Management) atau lanjut membaca mengenai Strategi Bekerja Produktif dengan Membuat Rencana Mingguan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua