Unduh Aplikasi QuBisa
Tantangan Bagi Fresh Graduate yang Lulus di Masa Pandemi
Artikel
Recruitment & Selection

Tantangan Bagi Fresh Graduate yang Lulus di Masa Pandemi

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Tantangan dapat kerja di tengah masa pandemi menjadi persoalan tersendiri, terlebih bagi fresh graduate. Situasi ini tentu tak mudah, mengingat banyak pekerja yang justru kehilangan pekerjaan dan mata pencarian. Sebagai fresh graduate lulusan pandemi, Anda dituntut harus lebih aktif dan kreatif dalam menemukan peluang pekerjaan yang tersedia.

Tantangan Bagi Fresh Graduate Lulusan Masa Pandemi

Setelah badai PHK yang terjadi secara besar-besaran di masa pandemi beberapa waktu lalu, menyebabkan jumlah pencari kerja di masa pandemi bertambah banyak. Otomatis tingkat persaingan di dunia kerja pun semakin meningkat.

Sejumlah pemilik perusahaan secara terbuka memberikan lowongan pekerjaan bagi pelamar untuk menempati posisi tertentu. Menariknya, lowongan pekerjaan ini tak diumumkan secara formal, justru mereka menggunakan media sosial untuk para profesional, seperti LinkedIn. Tujuannya, agar bisa lebih mudah menarik minat fresh graduate lulusan pandemi.

Demi menghadapi tantangan dunia kerja bagi fresh graduate dan tingginya tingkat persaingan di dunia kerja dan supaya bisa cepat dapat kerja, Anda yang saat ini sedang berusaha melamar pekerjaan harus berlomba-lomba mengambil peluang apa pun yang tersedia di hadapan Anda. Tentunya harus pula berusaha membekali diri dengan keahlian, kompetensi, hard skill dan soft skill yang mumpuni. 

Tips Penting Bagi Fresh Graduate untuk Bisa Cepat Dapat Kerja di Masa Pandemi

Tak jarang beberapa lowongan pekerjaan menghendaki fresh graduate lulusan pandemi yang telah memiliki sejumlah pengalaman kerja. Kondisi ini pasti tak mudah bagi para lulusan SMA maupun universitas dengan minimnya pengalaman. Nyatanya, kemampuan menjalin networking, kemampuan berkomunikasi, serta melek teknologi, menjadi kebutuhan yang kerap ditanyakan pada saat melamar pekerjaan.

Berikut ini sejumlah persiapan yang perlu Anda lakukan sebagai pencari kerja, terlebih fresh graduate lulusan pandemi agar cepat dapat kerja. 

Melamar Melalui Situs Online Terpercaya

Fresh graduate lulusan pandemi bisa mulai mencari peluang lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian masing-masing melalui situs penyedia lowongan pekerjaan yang terpercaya. Pentingnya memilih pekerjaan melalui situs terpercaya bisa membantu Anda terhindar dari penipuan.

fresh graduate lulusan pandemi bisa melamar melalui situs online terpercaya untuk mendapatkan pekerjaan

Bangun Portofolio Online dan Bersikap Responsif

Banyaknya rekruter mencari tenaga kerja melalui media sosial, seperti di LinkedIn, seharusnya menjadi peluang bagi Anda untuk bisa cepat dapat kerja. Namun, Anda harus membangun portofolio online yang bagus terlebih dahulu di LinkedIn. Untuk bisa punya portofolio di LinkedIn demi menarik perhatian para rekruter, ikuti beberapa kursus online gratis yang sudah disiapkan aplikasi siap kerja QuBisa untuk membantu Anda, antara lain:

Setelah membangun personal branding yang bagus, selanjutnya Anda perlu melatih kemampuan untuk bersikap responsif. Oleh karena itu, memiliki kepekaan terhadap pekerjaan, seperti memiliki empati dan kepedulian membantu rekan kerja ketika mereka membutuhkan bantuan tanpa diminta. Adaptasi dengan pola kerja yang lebih dinamis dengan sikap responsif sangat baik untuk pengembangan karir fresh graduate lulusan pandemi.

Bersiaplah Wawancara Kerja secara Virtual

Menyiapkan diri pada tahap wawancara kerja merupakan bagian penting dalam melamar pekerjaan. Jika Anda telah sampai pada tahap ini, artinya perusahaan telah memberikan ketertarikan sejauh 50 persen pada dokumen lamaran yang telah Anda lampirkan sebelumnya, yaitu resume dan curriculum vitae (CV).

Tantangan wawancara secara virtual, antara lain Anda harus memperhatikan koneksi internet hingga kemampuan Anda mengoperasikan aplikasi yang digunakan. Latihlah kemampuan Anda dalam bertutur kata. Ini juga merupakan soft skill yang tidak luput dalam penilaian.

Pahami dan pelajari berbagai hal mengenai wawancara kerja dan interview online pada rekomendasi microlearning berikut ini:

tantangan dapat kerja yang dirasakan fresh graduate lulusan pandemi harus wawancara virtual atau interview online

Produktif Menggunakan Waktu Luang

Selama masa menunggu mendapatkan pekerjaan yang tepat, Anda memiliki banyak waktu luang. Perusahaan akan lebih menyukai fresh graduate lulusan pandemi yang tetap produktif menggunakan waktu luangnya. Anda bisa menggunakan waktu yang tersedia untuk mengikuti kursus online gratis maupun kursus online berbayar dengan biaya terjangkau, mengikuti webinar, atau membantu bisnis orang tua.

Jalinlah Networking

Meski minim pengalaman kerja, tak ada salahnya Anda bergaul pada lingkungan yang tepat. Ruang lingkup inilah yang mempengaruhi keberhasilan Anda meraih peluang dengan lebih mudah. Memiliki relasi yang luas dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang tepat.

Beberapa tips yang bisa Anda ikuti dan terapkan dalam menjalin dan memperluas networking bisa Anda pelajari dari materi pembelajaran daring berikut ini:

Fresh graduate lulusan pandemi tak perlu berkecil hati. Peluang pekerjaan informal maupun formal masih terbuka apabila Anda jeli melihat peluang. Seperti halnya masa pandemi ini, meningkatnya jumlah transaksi secara online merupakan peluang pekerjaan tanpa membutuhkan modal berlebih bahkan minim. Mengembangkan potensi diri pada sektor yang baru memang membutuhkan keberanian dan tekad yang kuat.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua