Unduh Aplikasi QuBisa
Sebelum kirim, Cek Dulu Perbedaan Cover Letter dan Surat Lamaran Kerja
Recruitment & Selection

Sebelum kirim, Cek Dulu Perbedaan Cover Letter dan Surat Lamaran Kerja

Punto Wicaksono11 Jun 233 menit membaca

Cover letter adalah surat pengantar yang isinya rangkuman pengalaman profesional, skill, dan tujuan kamu mengirimkan berkas lamaran kerja. Sementara surat lamaran kerja adalah dokumen yang isinya ketertarikan kamu untuk melamar kerja pada posisi yang tersedia. 

Agar tak tertukar ketika mengirimkannya, cek dulu perbedaan cover letter dan surat lamaran kerja di sini, yuk.

Pengertian Cover Letter dan Surat Lamaran Kerja

Cover letter adalah surat pengantar CV yang berisi rangkuman singkat mengenai pengalaman profesional, keterampilan, latar belakang pendidikan, dan tujuan kamu mengirimkan surat.

Semakin menarik kamu membuat surat pengantar ini, maka akan menarik minat HRD untuk membaca dokumen lamaran kerja kamu secara lengkap.

Sedangkan surat lamaran kerja adalah dokumen yang berisi ketertarikan kamu untuk bekerja pada posisi yang tersedia. 

Isinya biasanya lebih lengkap dan detail, seperti skills, pengalaman, bahkan kualifikasi sesuai kebutuhan perusahaan.  

Perbedaan Cover Letter dan Surat Lamaran Kerja

Perbedaan Cover Letter dan Surat Lamaran Kerja

1. Tujuan Pengiriman Surat

Meskipun fungsi kedua jenis surat ini sama, yaitu sebagai surat pengantar lamaran pekerjaan, namun tujuannya berbeda. 

Isi cover letter harus dibuat ringkas, namun tetap detail, dan mengundang rasa penasaran. Sebab, tujuan utamanya untuk mendorong rekruter mencari tahu lebih banyak tentang kamu.

Kemudian, membaca seluruh dokumen lamaran pekerjaan yang kamu kirimkan, seperti CV, portofolio, resume, surat referensi, dan sebagainya.

Lalu, apa tujuan surat lamaran kerja? Tujuannya untuk memberikan informasi secara lengkap tentang diri kamu, pengalaman, serta keahlian. 

Surat ini bisa kamu kirimkan tanpa menyertakan dokumen lamaran kerja lainnya, selama isinya sudah menjelaskan seluruh kualifikasi yang kamu miliki. 

2. Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka pada cover letter umumnya berisi perkenalan singkat (2-3 kalimat) tentang pengalaman dan alasan melamar kerja. 

Sementara pembuka pada surat lamaran kerja lebih panjang dan menjelaskan hal-hal penting terkait kualifikasi kamu, seperti yang dibahas dalam resume. 

Contoh Paragraf pembuka

3. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja dalam cover letter berisi deskripsi singkat dan fokus pada pengalaman terbaik, disertai pencapaian (jika ada). 

Pengalaman ini harus relevan juga dengan posisi yang dilamar ya. 

Artinya, kamu nggak perlu mencantumkan terlalu banyak informasi, apalagi sampai menjelaskan tanggung jawab masing-masing pekerjaan.

Sedangkan pada surat lamaran kerja, penjelasan pengalaman kerja bisa dibuat lebih detail untuk menggantikan resume. Sehingga informasi yang dituliskan bisa dibuat lebih spesifik terkait kompetensi profesional yang dimiliki.

Contoh Pengalaman kerja

4. Panjang Surat

Meskipun isi kedua jenis surat ini kurang lebih sama, namun panjang suratnya bisa berbeda. Surat lamaran kerja menjelaskan secara lengkap dan detail mengenai seluruh informasi pelamar kerja. 

Mulai dari latar belakang pendidikan, pengalaman, keahlian, dan sebagainya. Karena semua informasi ditulis dalam satu dokumen, maka surat menjadi lebih panjang, dan nggak melampirkan dokumen lamaran pekerjaan lainnya pun nggak apa-apa. 

Panjang surat, bisa satu halaman penuh, bisa pula lebih dari satu halaman. 

Sementara panjang cover letter hanya sekitar setengah halaman hingga satu halaman A4. Ini karena isinya hanya berupa rangkuman dari kualifikasi terbaik demi mendorong rekruter mencari informasi lebih banyak mengenai kandidat pelamar kerja. 

Itu sebabnya, kandidat perlu melampirkan dokumen pendukung lainnya supaya bisa menjelaskan secara lengkap mengenai kualifikasi yang dimiliki. 

5. Waktu Dikirimkan

Cover letter biasanya tertulis di body email saat kamu mengirim dokumen lamaran pekerjaan menggunakan email. Waktu pengirimannya ketika perusahaan sedang membuka lowongan kerja untuk posisi tertentu. 

Berbeda dengan surat lamaran kerja yang bisa dikirimkan kapan pun, baik saat perusahaan membuka lowongan kerja maupun saat nggak ada lowongan pekerjaan. 

Ingin menyertakan cover letter pada berkas lamaran kerja kamu selanjutnya? Kamu perlu cek dulu nih Isi Cover Letter untuk Melamar Kerja dan Contohnya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua