Unduh Aplikasi QuBisa
CV ATS: Pengertian, Fungsi, dan Bedanya dengan CV Biasa
Artikel
Recruitment & Selection

CV ATS: Pengertian, Fungsi, dan Bedanya dengan CV Biasa

Punto Wicaksono23 Jan 233 menit membaca

Mungkin kamu masih bingung ya, apa bedanya CV ATS dan CV biasa? Jadi, bedanya CV ATS dan CV biasa terletak pada bisa tidaknya sistem ATS membaca CV tersebut. Nah, supaya lebih jelas mengenai pengertian, fungsi, dan bedanya CV ATS dan CV biasa, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian CV ATS

Curriculum Vitae (CV) ATS adalah format CV yang dibuat secara khusus agar isinya bisa dibaca sistem atau aplikasi perangkat lunak bernama Applicant Tracking System (ATS). Dengan menggunakan CV yang ATS friendly, proses rekrutmen jadi lebih cepat. Sebab, sistem ATS membantu memeriksa kualifikasi kandidat pelamar kerja, mencocokkannya dengan kebutuhan perusahaan, dan mengelompokkan CV berdasarkan kriteria tertentu.

Apa Bedanya CV ATS dan CV Biasa?

CV ATS friendly dan CV biasa (bisa CV tradisional, sederhana, atau CV kreatif) memiliki perbedaan dalam cara membuat dan format yang digunakan. Beberapa perbedaan di antara keduanya, antara lain:

Perbedaan Berdasarkan Format yang Digunakan

CV ATS menggunakan format khusus agar bisa terbaca sistem ATS dengan baik. Misalnya, menggunakan kata kunci yang relevan dengan keterampilan dan keahlian yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan kata tertentu pada headings (experience, education, skills), tidak boleh menggunakan header dan footer, serta menerapkan sistem bullet points untuk menyebutkan poin-poin di dalam headings.

Sementara CV biasa formatnya bebas. Kamu bisa berkreasi dengan header dan footer yang mencolok agar CV kamu mudah terlihat oleh HRD. Kamu bahkan memiliki kebebasan dalam desain CV serta penggunaan gaya bahasa tertentu untuk membuat CV kamu berbeda dengan kandidat lain. 

Screening dan Pengelolaan

Proses screening dan pengelolaan CV ATS langsung dikerjakan oleh sistem ATS yang digunakan oleh perusahaan. Dengan adanya sistem ini, proses pembacaan CV, seleksi, juga pengkategorian CV bisa dilakukan lebih cepat dan efisien. 

Sebaliknya, CV biasa harus ada orang yang mengelola, membaca, dan melakukan pengelompokkan. Karena semua prosesnya dilakukan secara manual oleh tim rekrutmen, maka membutuhkan waktu lebih lama untuk menyeleksi CV yang sedemikian banyak.

Ilustrasi Proses screening pada sistem ATS

Analisis dan Pencarian

Selain melakukan proses screening cepat, sistem ATS juga dapat melakukan pencarian otomatis untuk menemukan kata kunci tertentu. Misalnya, posisi yang tersedia adalah desain grafis. Maka kata kunci yang akan dianalisis sistem ATS, antara lain desain grafis, editing video, Adobe Photoshop, berpengalaman kerja di bidang desain, dan sebagainya. 

Tujuan analisis dan pencarian kata kunci untuk menentukan kesesuaian keterampilan kandidat pelamar kerja dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan.

Bagaimana dengan CV biasa? Ya sama seperti proses screening awal. Tim rekruter mau tidak mau melakukan seleksi secara manual. Mereka membaca satu per satu CV yang masuk, kemudian mengelompokkan CV yang sesuai. Seleksi masih terus berlanjut sampai akhirnya tim rekruter menemukan beberapa kandidat yang berpotensi dan memiliki kualifikasi yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Kenapa CV Harus Bisa Terbaca Sistem ATS?

Ada banyak keuntungan kalau mau membuat CV yang ATS friendly. Sebab, kamu tidak pernah tahu secara pasti sistem seperti yang digunakan perusahaan dalam melakukan proses rekrutmen. Perusahaan bisa saja menggunakan sistem manual, ATS, atau kombinasi keduanya. Secara umum, berikut alasan CV-mu harus ATS friendly:

Memudahkan Proses Seleksi Tahap Awal di Perusahaan Besar

Hampir semua perusahaan besar sudah menggunakan sistem ATS dalam proses rekrutmen, mengingat prosesnya menjadi lebih cepat, efektif, dan lebih hemat biaya.

ATS memudahkan Proses Seleksi

Informasi dalam CV Lebih Ringkas dan Mudah Dipahami

Informasi di dalam CV ATS friendly lebih ringkas sehingga mudah dipahami mesin (sistem ATS) maupun saat dibaca oleh manusia. Artinya, CV kamu tetap berpeluang besar lolos screening awal, terlepas perusahaan menggunakan seleksi manual atau sistem ATS.

Data Hasil Screening ATS Bisa Disimpan dan Digunakan Kembali di Masa Mendatang

Cukup banyak perusahaan yang memutuskan menggunakan sistem ATS karena keunggulannya dalam mengolah, mengelompokkan, menyimpan, atau mencari data di kemudian hari. 

Bisa jadi saat ini CV kamu belum lolos seleksi. Tetapi karena data kamu sudah tersimpan dalam database, perusahaan bisa memanggil sewaktu-waktu saat mereka membutuhkan kandidat yang sesuai dengan posisi yang tersedia.

Nah, kamu sudah tahu apa itu CV ATS, mulai dari pengertian CV ATS, bedanya CV ATS dan CV biasa, bahkan fungsinya. Sekarang waktunya kamu mencari tahu ciri-ciri dan poin penting lainnya untuk bisa membuat CV ATS yang baik dan benar. Yuk, cek di sini: CV ATS Friendly: Arti, Ciri, dan Poin Penting yang Wajib Ada.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua