Unduh Aplikasi QuBisa
Upaya Pengembangan Organisasi di Saat Pandemi
Artikel
Organization Development

Upaya Pengembangan Organisasi di Saat Pandemi

Jasmi24 Jan 234 menit membaca

Pengembangan organisasi merupakan hal yang harus dilakukan dalam setiap organisasi. Tujuannya agar organisasi tidak stuck di satu titik dan bisa berkembang lebih baik, serta memiliki jangkauan lebih luas. Pengembangan organisasi bisa berupa berdirinya sub unit organisasi, hiring anggota baru, pengembangan strategi, pembaruan visi misi hingga restrukturisasi organisasi.

Terlebih di masa pandemi yang masih terus berlanjut, semua lapisan masyarakat terkena dampaknya. Jangankan suatu organisasi, negara besar pun harus melakukan tindakan demi  menyelamatkan diri dari bencana global atau Dampak Black Swan ini. Dalam suatu organisasi, harus dipahami bahwa semua yang ada di dalamnya adalah satu kesatuan, sehingga harus memiliki tujuan sama untuk menjalankannya.

pengembangan organisasi saat pandemi

Organisasi harus bertahan supaya bisa menjaga kehidupan para anggotanya. Misalnya saja organisasi kemanusiaan, keagamaan, kewirausahaan dan lain sebagainya. Mereka harus tetap bertahan dengan berbagai cara, supaya kegiatan bisa terus berjalan meskipun diterpa krisis.

Manfaat pengembangan organisasi di Masa Pandemi

Pengertian pengembangan organisasi adalah perubahan dalam suatu organisasi yang terencana serta terstruktur dan memiliki target tertentu yang harus dicapai bersama. Perubahan tersebut mencakup pembaruan yang ada di lembaga dan berlangsung secara terus-menerus.

Adanya strategi meminimalkan fraud yang terjadi dalam organisasi juga perlu dipertimbangkan. Kemudian sebuah organisasi harus memiliki pengaruh sangat besar, baik itu untuk organisasi maupun untuk masyarakat secara luas.

Pembaruan Internal secara Berkelanjutan

Suatu organisasi yang baik, tentunya memiliki target yang harus dicapai. Entah itu dalam skala harian, mingguan atau tahunan. Melalui Pengembangan Pertumbuhan Organisasi, Anda bisa memperbarui secara internal, baik itu individu maupun visi dan misi organisasi secara berkesinambungan.

Dari pengembangan ini, tercipta siklus pembaruan yang menjadi perubahan organisasi, di mana setiap visi, misi, serta tujuan dikembangkan, dan dievaluasi secara berkala. Dengan begitu, organisasi dapat memiliki strategi baru untuk mendukung kemajuan di masa mendatang.

Meningkatkan Solidaritas dan Komunikasi Internal Organisasi

Pengembangan strategi organisasi bisa meningkatkan komunikasi dan rasa kekeluargaan antar anggota. Lewat perubahan organisasi ini, kelak akan muncul masukan atau saran, dan inspirasi baru.

Dengan adanya feedback yang muncul dalam internal organisasi maka, komunikasi yang dibangun pun akan meningkat. Selain itu, internal organisasi juga akan menemukan hal baru yang bisa diperjuangkan bersama.

Pengembangan Skill Anggota Organisasi

Dengan sering dilakukannya proses pembaruan dan pengembangan, maka secara otomatis skill keterampilan sukses milenial (KSM) setiap individu akan mengikuti proses pengembangan tersebut. Hal ini dicapai berdasarkan proses pembelajaran, evaluasi dari Gambaran Singkat Bagaimana Pandemi Covid-19 Memaksa Organisasi Harus Beradaptasi dengan industri 4.0

Meningkatkan skill anggota bisa dilakukan melalui pelatihan webinar gratis, kursus online, serta video microlearning seperti yang ada di QuBisa.

Peningkatan Produk Organisasi

Suatu komunitas tentunya memiliki produk yang dihasilkan. Baik itu berupa barang atau jasa. Manfaat pengembangan organisasi akan sangat berpengaruh pada peningkatan produknya. Karena lahir dari proses pengembangan, evaluasi, anggota serta inovasi yang muncul dari proses yang sedang berlangsung. Hal ini tentu berpengaruh bukan hanya komunitasnya saja. Namun, sampai berpengaruh terhadap masyarakat umum.

tingkatkan keuntungan dengan pengembangan organisasi

Meningkatnya Keuntungan

Jika produksi meningkat, tentu keuntungan akan ikut meningkat. Nah, di era pandemi tentu semua organisasi berlomba-lomba bertahan dan tetap menghasilkan untung demi kelangsungan hidup, serta bisnis. 

Berdasarkan poin-poin di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan organisasi sangatlah penting untuk kemajuannya. Terlebih di masa pandemi, di mana semua hal dituntut untuk kuat agar bisa bertahan. 

Pengembangan organisasi di masa pandemi ini harus mencakup hal mendasar terlebih dahulu. Dimulai dari penguatan akar organisasi, kemudian individu harus ditanamkan prinsip bahwa mereka adalah satu tim dengan tujuan yang sama.

Organisasi yang lincah dan adaptif namun juga sistematis diperlukan dalam menghadapi tantangan perubahan yang begitu cepat. Desain organisasi yang berorientasi eksekusi juga membutuhkan kuantitas manusia yang disertai kompetensi yang tepat.

Berdasarkan pengertian pengembangan organisasi dan manfaat pengembangan organisasi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sebuah organisasi yang kuat akan bertahan dalam masa krisis dunia seperti sekarang. Dengan catatan memiliki internal yang kuat serta rancangan untuk melakukan perubahan organisasi dalam hal positif.

Perubahan organisasi tersebut bertujuan untuk memperluas jangkauan organisasi, meningkatkan struktural organisasi, serta memperbesar organisasi untuk bertahan di tengah masa pandemi. Selain itu, pahami juga Teori Black Swan dalam dunia bisnis.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua