Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Memperpendek URL Linkedin yang Terlalu Panjang
Artikel
Career Development

Cara Memperpendek URL Linkedin yang Terlalu Panjang

Jasmi24 Jan 233 menit membaca

LinkedIn merupakan salah satu platform media sosial yang berorientasi pada bisnis. Berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat, LinkedIn didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002. Kemudian, platform ini diakuisisi oleh Microsoft, pada Desember 2016 lalu. 

Hingga saat ini, pengguna aktifnya sudah lebih dari 260 juta, dan tersebar di berbagai negara di dunia. Keberadaan LinkedIn memungkinkan Anda lebih mudah menemukan pekerjaan yang tepat. Selain itu, situs web ini juga bisa membantu menghubungkan, serta memperkuat hubungan profesional. Baik melalui pengalaman, keterampilan, pendidikan, maupun berbagai informasi yang dibagikan pada profil pengguna. 

cara memperpendek url linkedin yang teralu panjang

Bagi Anda yang ingin meningkatkan karir, bisa memanfaatkan sebaik mungkin situs web atau media sosial yang paling dicari perekrut ini. Hanya saja, mungkin Anda akan mengalami URL LinkedIn terlalu panjang saat membagikannya. Nah, berikut ini adalah cara mengatasinya!

Cara Memperpendek URL LinkedIn

Jika Anda sudah bergabung dengan di LinkedIn, Anda bisa membagikan profil yang dimiliki dengan mudah. Untuk kemudian disalin, dan diletakkan di akun social media lain, atau bahkan bisa disertakan pada CV dan resume, serta portofolio yang akan Anda kirimkan ke perusahaan. Menuliskan LinkedIn short URL jelas lebih disukai, karena lebih mudah diingat. 

Pada dasarnya, setiap akun di LinkedIn akan menyertakan nama situs, kode negara, nama pengguna, dan kode khusus yang berisikan angka. Bagi sebagian besar orang, proses mengingat kode negara atau angka tersebut bisa saja menjadi masalah. Oleh sebab itu, penggunaan penulisan alamat profil LinkedIn yang pendek pun lebih disukai. 

Lantas bagaimana cara memperpendek URL profil LinkedIn atau mengatasi URL LinkedIn yang terlalu panjang milik Anda? Berikut ini langkah-langkahnya. 

Buka LinkedIn

Buka halaman utama LinkedIn Anda. Kemudian klik ikon “Saya”, atau “Me”, yang terletak pada bagian kanan atas. Secara otomatis Anda akan melihat menu bar berisikan foto profil, serta data akun yang dimiliki. 

Lanjutkan mengetuk “Lihat Profil”, atau View Profile, hingga Anda bisa mendapati fitur “Pengaturan profil publik”, atau Edit profile public & URL. 

Halaman Pengaturan

Setelah mengetuk tulisan “Pengaturan profil publik”, Anda akan diarahkan pada halaman berikutnya untuk melakukan pengaturan. Lihat di bagian kanan, ada tulisan “Edit URL Unik Anda” atau Edit your custom URL. Lanjutkan dengan mengetuk ikon pena yang berada tepat di samping alamat URL. 

Salah satu contoh URL LinkedIn yang biasanya akan ditemui sebelum diedit adalah seperti ini: www.linkedin.com/in/gilang-maulani-a72032143. Berikutnya, hilangkan penggunaan spasi, simbol, ataupun karakter khusus yang tidak Anda inginkan pada URL tersebut. Anda bisa menggunakan nama lain yang lebih simpel dan mudah diingat, setidaknya tiga hingga seratus huruf, atau angka. 

Sesuai contoh di atas, link bisa ditulis menjadi:  https://www.linkedin.com/in/gilangmaulani/. Kemudian jika sudah selesai, jangan lupa untuk mengetuk tombol “Simpan” atau Save. Artinya, pekerjaan Anda untuk LinkedIn short URL pun selesai. 

Jika Anda menggunakan nama yang telah digunakan oleh orang lain, LinkedIn akan memberikan notifikasi nama pengguna tersebut tidak tersedia. Tentu saja, Anda harus mencari nama lain untuk akun tersebut. 

memperpendek url di linkedin

Membagikan Alamat LinkedIn

Kini alamat profil Anda sudah selesai dibuat. Tahapan selanjutnya Anda hanya perlu share URL LinkedIn di berbagai media. Caranya, dengan melakukan block pada alamat URL yang telah Anda buat tadi, kemudian salin untuk disimpan di tempat lain, atau dibagikan pada mereka yang membutuhkan informasi tentang Anda. 

Itulah cara mudah LinkedIn short URL yang bisa Anda coba. Agar terlihat profesional, pastikan Anda tidak menggunakan singkatan atau nama alias, dan sebisa mungkin hindari penggunaan angka agar lebih mudah diingat. Masih banyak pengetahuan terbaru terkait penggunaan teknologi, website, media sosial, bahkan materi pengembangan diri, career development dan sebagainya, yang bisa Anda pelajari di Qubisa platform belajar online Indonesia. Ada banyak kursus online, pelatihan, bahkan webinar online yang bisa Anda ikuti. Mari terus belajar karena sekarang #BelajarGakRibet dengan Qubisa.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua