Unduh Aplikasi QuBisa
8 Tindakan untuk Membangun Agility Leadership
Artikel
Leadership

8 Tindakan untuk Membangun Agility Leadership

Punto Wicaksono19 Oct 234 menit membaca

Agility leadership bukan hanya alat lain dalam perangkat kepemimpinan, melainkan kekuatan super kepemimpinan yang dapat mempengaruhi cara pemimpin mengekspresikan semua pengetahuan, keterampilan, kemampuan, hasrat, dan nilai-nilai. Di bawah ini ada 8 tindakan untuk membangun agility leadership yang bisa kamu terapkan.

8 Cara Membangun Agility Leadership yang Terbukti Ampuh

1. Tentukan Tujuan Kepemimpinan yang Ingin Diterapkan

Dalam membangun Agility Leadership yang kuat, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan dengan jelas tujuan kepemimpinan yang ingin kamu terapkan. 

Apakah kamu ingin menjadi pemimpin yang visioner, transformasional, atau berorientasi pada hasil? Apakah kamu ingin menjadi pemimpin yang tegas atau yang membimbing dan mengayomi? 

Dengan menetapkan tujuan, kamu akan memiliki panduan yang kuat untuk mengembangkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan visi dan misimu.

2. Niat yang Kuat pada Momen yang Tepat

Niat kuat adalah kunci dalam membangun agility leadership yang efektif. Kepemimpinan yang berpusat pada niat positif dapat memberikan motivasi yang luar biasa pada timmu. 

Namun, penting juga untuk menempatkan niat ini pada saat yang tepat. Jika kamu memiliki niat yang kuat, tetapi tidak memahami kapan dan bagaimana menggunakannya, efeknya mungkin kurang optimal. 

Oleh karena itu, belajar untuk mengidentifikasi momen yang tepat untuk mengungkapkan niatmu adalah langkah penting.

3. Ajukan Pertanyaan untuk Menemukan Perspektif Berbeda

Salah satu kunci dari kepemimpinan yang agile adalah kemampuan untuk melihat dari berbagai perspektif dan sudut pandang. Kamu dapat mencapai ini dengan cara sering mengajukan pertanyaan. 

Caranya, ajukan pertanyaan kepada anggota tim, kolega, dan bahkan diri sendiri mengenai isu yang terjadi di lingkungan kerja, tantangan yang mungkin terjadi, solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah, dan sebagainya. 

Dengan melakukan ini, kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang situasi dan masalah yang dihadapi, yang pada gilirannya akan membantu dalam mengambil keputusan yang lebih bijak.

4. Memanfaatkan Refleksi & Belajar dari Pengalaman

Agility leadership juga melibatkan kemampuan untuk belajar dari pengalaman. Setiap kegagalan atau keberhasilan adalah pelajaran berharga. 

Kepemimpinan yang efektif mengharuskan kamu untuk merenungkan pengalaman, baik yang baik maupun buruk. Lalu belajarlah dari pengalaman tersebut, mana yang bisa kamu tingkatkan dan mana yang perlu diperbaiki.

Dengan cara ini, kamu bisa terus mengembangkan gaya kepemimpinan dan menjadi seorang pemimpin yang baik dan tangkas.

5. Jadilah Seorang Pencari

Pemimpin yang memahami apa itu agility leadership adalah pencari yang setia. Mereka selalu berusaha untuk menemukan solusi yang lebih baik, ide-ide inovatif, dan cara-cara baru untuk mengatasi tantangan. 

Untuk menjadi seorang pencari, banyaklah membaca buku untuk mengembangkan pengetahuan, tidak mudah puas dengan status quo, dan teruslah meningkatkan keahlian dan kompetensi, misalnya dengan mengikuti pelatihan dan pengembangan SDM yang diselenggarakan perusahaan.

6. Konsisten Mengasah Skill

Mengasah keterampilan kepemimpinan menjadi salah satu kedisiplinan yang harus terus kamu lakukan secara berkesinambungan. 

Hal ini karena agility leadership mengharuskanmu untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, pengambilan keputusan terbaik, dan memecahkan masalah. 

Dengan konsisten mengasah skill, kamu akan menjadi pemimpin yang lebih kompeten dan efektif.

7. Internalisasi Apa yang Dipelajari

Selain mengasah skill, penting juga untuk menginternalisasi apa yang telah kamu pelajari. Ini berarti kamu harus benar-benar memahami dan meresapi pelajaran yang telah kamu ambil dari pengalaman. Jangan hanya belajar secara mekanis, tetapi hayati setiap pelajaran yang kamu dapatkan.

8. Beradaptasi, Mengubah, Meningkatkan

Agility leadership erat kaitannya dengan kemampuan untuk beradaptasi dalam perubahan, bahkan mengambil inisiatif dalam mengubah hal-hal yang perlu diperbaiki. 

Sebagai seorang pemimpin, kamu harus bersedia untuk terus meningkatkan diri dan organisasimu. Kepemimpinan yang adaptif adalah kunci kesuksesan dalam dunia bisnis yang terus berubah.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif dan terus berubah, kepemimpinan yang agile menjadi aset berharga bagi perusahaan. Dengan menerapkan 8 tindakan untuk membangun agility leadership di atas, kamu dapat mengembangkan dan memperkuat kemampuan kepemimpinan. Selain itu, terapkan juga dalam kepemimpinan kamu mengenai 10 Prinsip Agility Leadership dan Cara Jadi Pemimpin yang Agile.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua