Unduh Aplikasi QuBisa
Melatih Teknik Komunikasi untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja
Artikel
Career Development

Melatih Teknik Komunikasi untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Berada di lingkungan kerja, tentu membuat siapapun harus melakukan penyesuaian, termasuk mempelajari teknik komunikasi yang benar. Alasannya, karena lingkungan kerja memang menuntut setiap orang untuk selalu profesional, baik dalam perbuatan dan juga perkataan. Tindakan ini jelas akan meningkatkan value diri Anda di hadapan rekan dan atasan kerja.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami bagaimana teknik komunikasi yang benar, sehingga lingkungan kerja menjadi tempat yang menyenangkan dan nyaman. Otomatis, lingkungan yang kondusif akan meningkatkan produktivitas kerja. 

Kenapa Harus Bisa Berkomunikasi dengan Baik di Kantor?

Banyak nasihat yang sejak dulu dikatakan oleh orang tua, bahwa cara Anda berkomunikasi dan menyampaikan informasi kepada orang lain, jauh lebih penting daripada isi dari pesan tersebut. Hal inilah yang menjadi satu dari sekian banyak manfaat mempelajari cara berkomunikasi yang baik di kantor. Selain yang sudah disebutkan, berikut alasan penting lainnya:

  • Jika komunikasi antar karyawan di perusahaan terjalin dengan baik, maka bisa mengurangi kemungkinan terjadinya konflik dan kesalahpahaman yang sering terjadi di kantor akibat keliru dalam penyampaian informasi
  • Melalui komunikasi yang baik, setiap individu di dalam perusahaan akan terlibat aktif, sehingga tujuan bisnis perusahaan bisa diraih sesuai rencana
  • Kalau perusahaan sudah mampu menciptakan komunikasi yang baik di lingkup internal, tentu tak akan sulit dalam menjalin hubungan efektif dengan klien
Melatih Teknik Komunikasi untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja

Teknik Komunikasi yang Efektif di Lingkungan Kerja

Ada banyak orang yang paham bahwa komunikasi di tempat kerja memegang peranan penting, namun sayangnya, tidak semua orang memiliki keterampilan komunikasi sebagaimana seharusnya. Apakah Anda termasuk salah satu di antaranya? Jika iya, ini beberapa teknik komunikasi yang bisa Anda coba terapkan di kantor.

Bikin yang Rumit Jadi Sederhana

Di dalam perusahaan, tentu terdapat banyak sekali divisi dengan kemampuan yang berbeda-beda. Kadang saat rapat besar, kelompok programmer berbicara dengan berbagai istilah coding yang membuat divisi marketing atau content bingung. Dalam kondisi ini, sudah tentu dibutuhkan kemampuan untuk mengubah hal-hal yang rumit jadi sederhana dan lebih mudah dipahami.

Ya, inilah salah satu teknik komunikasi yang sangat penting yakni menyederhanakan pesan agar bisa dipahami semua orang. Jangan malah ngotot berbicara mengenai coding kepada karyawan yang sama sekali tak paham, melainkan cobalah menjelaskannya lewat istilah yang dapat dipahami oleh semua divisi di perusahaan. Dengan mengutamakan komunikasi yang efektif dan mudah dipahami setiap orang, maka pesan bisa tersampaikan dengan baik.

Selesaikan Konflik dengan Diplomasi

Sebagai tempat berkumpulnya banyak orang, konflik kerap muncul di perusahaan. Supaya situasi kerja tetap kondusif, Anda perlu bisa menjalin komunikasi antar pihak yang bermasalah lewat jalur diplomasi. Coba dengarkan keluhan mereka masing-masing dan berdirilah di sisi netral, kemudian bantu temukan solusi terbaik. Untuk bisa menemukan solusi terbaik atas setiap permasalahan atau ingin belajar mengenai konflik, Anda juga bisa mempelajari Building Good Relationship & Managing Conflict.

Hargai Perbedaan Pendapat

Perbedaan pendapat juga hal lazim terjadi di perusahaan. Supaya komunikasi yang timbul tetap baik, Anda harus menerima perbedaan pendapat. Situasi ini kerap terjadi saat rapat ketika Anda menyampaikan ide, mendadak rekan lainnya menolak dengan alasan yang logis. Anda tentu tak bisa memaksakan kehendak yang bikin timbul konflik.

teknik komunikasi untuk komunikasi di tempat kerja yang ramah

Tanggapan Positif ke Rekan

Kadang kala, rekan kerja menyampaikan pendapat yang terdengar tak masuk akal. Kalau Anda sudah paham bagaimana teknik komunikasi yang baik, tentu bisa menghargai rekan dengan memberikan tanggapan positif.

Alih-alih menghina ide, Anda bisa tersenyum dulu kepadanya, memuji idenya, dan kemudian memaparkan alasan logis kenapa ide itu cukup sulit diterapkan. Dengan begitu, Anda bisa menghindari terjadinya konflik, tetap menghargai pendapat orang lain, dan ikut menciptakan suasana di kantor tetap nyaman.

Jadi Pribadi Ramah

Komunikasi bisa terjalin dengan baik saat semua orang tidak merasa canggung. Supaya rasa canggung ini tidak muncul, Anda bisa bersikap ramah. Caranya, sapa rekan kerja ketika bertemu, memberikan senyum, hingga memberi bantuan ketika ada rekan kerja yang mengalami kesulitan. Membangun kepribadian yang baik, juga merupakan suatu cara membangun komunikasi yang nyaman antara satu orang dengan orang lainnya di tempat kerja. 

Menerima Saran Kritik

Salah satu hal yang sulit dilakukan seseorang adalah menerima saran, kritik dan masukan dari pihak lain. Namun kalau Anda ingin menjalin komunikasi baik di tempat kerja, hal ini wajib dilakukan. Selain itu, jika Anda mampu melakukannya, berarti Anda termasuk pribadi yang rendah hati, selalu ingin jadi lebih baik, dan punya motivasi tinggi dalam bekerja.

Pilih Bicara Langsung

Usahakan untuk berbicara langsung kepada orang atau pihak tertentu mengenai suatu topik penting. Memang, teknologi informasi membuat berkirim email atau pesan online jauh lebih mudah. Hanya saja, penyampaian tertulis itu rentan dengan kesalahpahaman. Sementara dengan berkomunikasi tatap muka atau secara langsung, Anda bisa meminimalkan terjadinya kesalahpahaman. 

Tentunya lewat ulasan di atas, terbukti bahwa sebetulnya tidak sulit dalam mempelajari teknik komunikasi yang efektif di lingkungan kerja. Asalkan Anda selalu bersedia untuk memperbaiki diri, komunikasi bisa bakal lebih baik dan membuat kepribadian Anda makin istimewa.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua