Membangun Komunikasi yang Efektif dalam Perusahaan

Communications | 15 Jan 4 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Membangun Komunikasi yang Efektif dalam Perusahaan

Komunikasi adalah salah satu syarat wajib dapat terciptanya interaksi sosial. Saat Anda ingin berinteraksi dengan orang lain, sudah pasti dibutuhkan cara komunikasi yang tepat sehingga informasi yang ingin disampaikan maupun yang didapatkan bisa terjalin dengan baik. Karena itu, Anda perlu mengenal strategi komunikasi efektif. Tujuannya strategi ini jelas, yaitu pembicaraan yang terjadi bisa secara dua arah dan berjalan dengan baik. 

Kecakapan berkomunikasi juga sangat diperlukan agar sebuah perusahaan bisa berkembang dengan baik. Alasannya, komunikasi dibutuhkan untuk membangun kerja sama yang baik dengan client dan customer, membangun tim kerja yang solid, hubungan antar pekerja, hubungan bawahan dengan atasan di perusahaan, dan sebagainya. 

Lingkungan perusahaan akan terasa lebih menyenangkan, apabila setiap anggotanya bisa menyampaikan aspirasi secara positif kepada top management atau rekan kerja lainnya. Tapi jangan salah, bukan hanya bawahan saja yang perlu untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Akan tetapi semua anggota yang bekerja dalam perusahaan tersebut dituntut agar memiliki kemampuan komunikasi. 

Lingkungan kerja yang positif meningkatkan produktivitas perusahaan. Semakin bagus cara berkomunikasi dalam perusahaan maka akan semakin bagus juga sistem yang diterapkan di dalamnya. Sudah banyak perusahaan yang berhasil mengembangkan bisnis yang dijalani karena memiliki cara berkomunikasi dan memahami gaya komunikasi yang bagus, bahkan difasilitasi dengan suatu sistem khusus. Begitu juga sebaliknya, perusahaan yang tidak menerapkan komunikasi yang baik akan dapat menyebabkan kegagalan atau kerugian.

3 Hal Penting dalam Strategi Komunikasi

Terdapat tiga hal yang sangat penting untuk menjadikan sebuah komunikasi di dalam perusahaan berkualitas:

Kejelasan Komunikasi

Dalam menyampaikan sebuah gagasan, terutama yang berkaitan dengan perusahaan, sebaiknya memiliki kejelasan dan keterbukaan. Tujuan yang jelas akan membuat informasi yang disampaikan tidak menyebabkan salah paham.

Penyampaian Pokok Komunikasi

Apa yang didiskusikan dalam sebuah perusahaan biasanya berisi tentang bisnis dan program dari perusahaan. Setiap perusahaan memang hendaknya memiliki agenda untuk bermusyawarah atau berdiskusi mengenai program yang akan dilakukan. Dalam fase ini dibutuhkan komunikasi yang efektif sehingga apa yang diharapkan perusahaan bisa dipahami dengan jelas oleh seluruh karyawan dan individu di dalam perusahaan.

Dalam forum musyawarah atau diskusi, perlu disampaikan berbagai macam masalah yang harus diselesaikan, harapan dan target yang ingin dicapai, solusi, rencana kerja, prestasi, dan sebagainya. Komunikasi internal perusahaan yang baik dengan isi yang berkualitas juga bisa membantu untuk mengembangkan bisnis agar semakin baik.

Konteks Penyampaian Informasi

Dalam komunikasi juga harus terdapat konteks yang jelas. Informasi sebaiknya disampaikan dengan tepat dan pada situasi yang sesuai. Hal yang akan terjadi apabila penyampaian informasi tidak sesuai konteks, bisa terjadi perdebatan atau bahkan terjadi konflik.

Manfaat Strategi Komunikasi

Setiap orang tentu menyadari bahwa komunikasi menjadi alat yang bisa digunakan untuk menyampaikan gagasan. Anda juga perlu mengetahui tentang hal-hal yang akan didapatkan apabila bisa menyampaikan komunikasi secara tepat. Berikut adalah beberapa manfaat melakukan komunikasi dengan strategi:

Mencegah Terjadinya Konflik

Menyampaikan masalah tanpa memperdulikan strategi justru bisa menyebabkan masalah baru. Dalam sebuah diskusi, Anda membutuhkan strategi komunikasi agar tidak terjadi konflik dalam menyelesaikan masalah yang disampaikan.

Meningkatkan Semangat Kerja

Ketika semua anggota perusahaan mampu menyampaikan komunikasi dengan baik, secara otomatis semangat dan produktivitas dalam bekerja akan semakin meningkat. Sesuatu hal yang positif juga akan memberikan dampak positif. Bukan hanya karyawan atau bawahan saja yang berkewajiban menyampaikan informasi. Semuanya memiliki hak yang sama demi kesuksesan bersama.

Menciptakan Loyalitas Kerja

Strategi komunikasi yang berkualitas juga bisa mempengaruhi loyalitas pekerja. Dengan cara berkomunikasi yang baik bisa meningkatkan rasa bahagia. Rasa bahagia inilah yang kemudian mendorong lahirnya loyalitas dan produktivitas kerja, sehingga semua elemen di dalam perusahaan bisa bersama-sama melangkah mencapai tujuan bersama. 

Tidak sulit untuk melakukan komunikasi secara baik. Hal pertama yang harus dilakukan adalah 

Tiga aspek penting yang telah disampaikan di atas menjadi kunci agar komunikasi bisa berjalan sesuai dengan harapan. Sampaikan informasi secara jelas dan jangan berlebihan. Berusahalah untuk selalu berpikir positif dan menyampaikan setiap informasi dengan cara yang baik. Semakin bagus cara berkomunikasi yang digunakan di dalam perusahaan, maka kondisi lingkungan kerja di dalam perusahaan semakin kondusif dan produktif.

Artikel Terkait

Konten Terkait

Ke Atas