Kompetensi yang Wajib Dimiliki Pencari Kerja

Recruitment & Selection | 09 Jun 6 menit membaca
Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu
Kompetensi yang Wajib Dimiliki Pencari Kerja

Setiap karyawan harus memiliki kompetensi dasar dalam bekerja. Keterampilan dasar akan membantu Anda mencapai prestasi dan kesuksesan karir. Keterampilan dasar bisa diasah jauh sebelum Anda memasuki dunia kerja, misalnya saat sedang di bangku kuliah, atau melalui webinar online QuBisa Goes to Campus.

Umumnya, perusahaan akan mencari karyawan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Namun, di sisi lain ada faktor yang dipertimbangkan oleh perekrut. Itu adalah kompetensi kepribadian. Secara profesional, Anda mungkin sudah memenuhi persyaratan. Namun, apakah secara soft skill Anda sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan?  Berikut kompetensi dasar yang wajib dimiliki pencari kerja.

Apa Itu Kompetensi Dasar?

Kompetensi dasar adalah keahlian yang dimiliki oleh setiap individu dalam melaksanakan tanggung jawab yang diberikan berdasarkan bidang tertentu, sesuai dengan posisi yang dijalankan. Beberapa ahli berpendapat bahwa kompetensi dasar meliputi keahlian, sikap, pengetahuan dan nilai yang dimiliki individu yang dicerminkan dari cara mereka berpikir dan melakukan sesuatu dengan baik.

Jack Gordon, penulis buku Pengembangan Manajer Berprestasi mengemukakan bahwa ada 6 elemen yang terdapat dalam kompetensi dasar. Apa saja? Ada pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap, dan minat. Keenam unsur ini disederhanakan menjadi dua, yaitu kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional.

Kompetensi diri meliputi nilai, sikap, dan minat. Dengan kata lain, kompetensi kepribadian bisa disebut juga dengan soft skill. Soft skill to power skill sangat berguna dalam menunjang karir Anda. Oleh sebab itu, tidak heran jika HR selalu mengutamakan soft skill dalam merekrut karyawan.

Kompetensi profesional adalah hard skill yang bisa dipelajari dan diasah dengan berbagai cara. Hard skill meliputi pengetahuan, kemampuan dan pemahaman. Hard skill adalah bagaimana Anda menguasai semua informasi tentang bidang yang sedang Anda geluti. Jika Anda bisa menyeimbangkan antara soft skill dan hard skill, Anda dapat berkontribusi lebih kepada perusahaan dan pada diri Anda sendiri dalam karir Anda.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa human resources (HR) mencari kandidat yang memiliki kualifikasi akademik yang sangat baik, Namun pintar saja tidak cukup untuk membuat Anda diterima oleh sebuah perusahaan. Dengan kata lain, Anda harus selalu melakukan upgrade keterampilan Anda dengan berbagai cara. Baik itu membaca buku, hingga mengikuti berbagai webinar pengembangan diri dan kursus online gratis di platform belajar online QuBisa.

Pencari kerja harus memiliki kompetensi yang baik

Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Pencari Kerja

 beberapa kemampuan dasar yang wajib Anda miliki.

Keterampilan Komunikasi

Kemampuan komunikasi membantu Anda mendengar, menganalisis, serta merespons apa yang dikatakan oleh orang lain. Anda dapat mengekspresikan atau mengutarakan pendapat Anda dengan baik dan tepat jika memiliki kemampuan berkomunikasi yang handal. Untuk itu, Anda harus bisa membedakan komunikasi intrapersonal dan interpersonal. Kemudian komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, kunci komunikasi persuasif, dan komunikasi yang efektif.

Kerja Sama Tim

Di setiap perusahaan, bekerja dalam tim adalah budaya kerja yang sudah umum. Anda akan berkolaborasi dengan banyak orang untuk menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan. Bekerja dalam tim, tidak selamanya mudah. Anda akan menghadapi perbedaan pendapat, perbedaan performa kerja dan lainnya yang mungkin menghambat kinerja Anda. Karena persaingan di tempat kerja tak bisa dihindari. Namun, tak mengapa selama persaingannya sehat.

Nah, sebagai anggota tim, Anda harus mampu mengatasi itu semua dan berkontribusi sebagaimana mestinya dalam tim Anda. Kerja sama tim yang solid bisa dimulai dengan memahami gaya komunikasi yang tepat, seperti komunikasi produktif, dan gaya kepemimpinan yang tidak memihak jika Anda ditunjuk sebagai ketua tim. Menjadi pemimpin yang baik bisa Anda pelajari melalui kursus leadership online.

Keterampilan Pemecahan Masalah

Pemberi kerja tentu ingin karyawan yang mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan suatu permasalahan. Kemampuan memecahkan masalah sangat penting untuk mencegah konflik yang terjadi di dalam lingkungan pekerjaan. Konflik akan memicu menurunnya produktivitas kerja karyawan. Oleh sebab itu, Anda perlu memiliki kemampuan ini agar bisa dilirik oleh perekrut.

Manajemen Diri

Manajemen diri bisa dilihat dari cara Anda mengelola waktu dan menyelesaikan tugas dengan baik. Anda mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan kerja Anda. Bagaimana cara Anda menyeimbangkan kehidupan pribadi Anda dan dunia kerja Anda juga bisa disebut dengan keterampilan manajemen diri yang baik.

Kemampuan Interpersonal

Kemampuan interpersonal meliputi bagaimana cara Anda menjaga hubungan baik sesama karyawan dan juga dengan atasan Anda. Anda juga perlu menjaga kode etik perusahaan Anda. Memberikan dan menerima umpan balik dengan baik terdapat di dalamnya.

Kemampuan interpersonal skill adalah tentang menjalin hubungan baik dengan sesama karyawan dan atasan

Menguasai Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah mampu menguasai pengoperasian komputer. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, Anda perlu menguasai banyak hal yang bersifat digital seperti mampu mengelola media sosial, bijak dalam menggunakan peralatan digital, bahkan mampu membuat desain grafis. 

Kemampuan teknis seperti ini akan menambah nilai plus Anda yang akan dipertimbangkan oleh perekrut. Anda bisa mempelajarinya melalui video microlearning pada program KDM dan program KSM di QuBisa.

Kompetensi Akademik

Jelas, ketika melamar pada sebuah posisi, Anda harus menguasai bidang tersebut. Anda perlu mempersiapkan kemampuan akademik Anda yang dibuktikan dengan wawasan Anda pada bidang keahlian Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu belajar terus-menerus agar kemampuan Anda semakin terasah dan memiliki sertifikat kompetensi kerja.

Banyak lagi kompetensi dasar yang perlu Anda miliki untuk menjadi salah satu kandidat terbaik yang dilirik oleh tim HRD. Sebut saja kemampuan negosiasi yang akan membantu Anda menemukan klien baru, menemukan kesepakatan dengan partnership lainnya, serta menekan biaya operasional perusahaan. 

Untuk menguasai semua keterampilan dasar baik hard skill atau soft skill, Anda bisa mengikuti sertifikasi kompetensi kerja pada lembaga sertifikasi terpercaya untuk membekali diri Anda sebelum terjun ke dunia kerja.

Artikel Terkait

Konten Terkait

Ke Atas