Unduh Aplikasi QuBisa
9 Fungsi MSDM dalam Organisasi
Artikel
Organization Development

9 Fungsi MSDM dalam Organisasi

Jasmi05 Oct 235 menit membaca

Keberadaan manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah salah satu hal faktor penting yang berperan dalam kelancaran operasional usaha. Itulah sebabnya, fungsi MSDM di dalam perusahaan cukup beragam. Simak penjelasan lengkapnya di artikel QuBisa ini,yuk. 

Pengertian Manajemen SDM

Pengertian MSDM adalah proses untuk menangani berbagai permasalahan pada perusahaan atau organisasi yang menyangkut ketenagakerjaan. Bisa dikatakan pula, manajemen sumber daya manusia berkaitan dengan sistem perencanaan, pengelolaan karier, pelatihan dan pengembangan SDM, evaluasi kerja, hingga menentukan kompensasi karyawan.

Fungsi MSDM dalam Organisasi / Perusahaan

Keberadaan MSDM dalam organisasi maupun perusahaan menyangkut efektivitas pemanfaatan sumber daya yang dimiliki sehingga perusahaan bisa mencapai target dan terus berkembang. 

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi MSDM yang perlu kamu pahami, antara lain:

1. Analisis dan Perencanaan Kebutuhan SDM

Tim Human Resource (HR) perlu melakukan analisis dan merencanakan kebutuhan SDM atau tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Prosesnya dimulai dari mencari tahu berapa banyak posisi atau jabatan yang kosong, kemudian menentukan jumlah tenaga kerja, kualifikasi, kompetensi SDM yang wajib dimiliki calon karyawan, dan sebagainya.

Selain itu, dalam perencanaan SDM ini HR juga perlu menentukan kompensasi karyawan, benefit dan fasilitas, metode rekrutmen, pemberian punishment, hingga cara meningkatkan produktivitas dan performa kerja karyawan.

Perencanaan Kebutuhan SDM

2. Proses Rekrutmen Karyawan Baru

Proses rekrutmen adalah kegiatan untuk menemukan dan menyeleksi kandidat pelamar kerja untuk menemukan calon karyawan yang sesuai dengan ekspektasi serta kebutuhan perusahaan.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai proses rekrutmen karyawan, kamu bisa membacanya dari beberapa rekomendasi artikel berikut:

3. Mengatur dan Mengelola Karyawan yang Berhenti Kerja

Selain melakukan perekrutan karyawan baru, MSDM juga berfungsi untuk mengurusi, mengatur, dan mengelola karyawan yang resign (mengundurkan diri) atau karyawan yang diberhentikan kerja. 

Jika dalam proses rekrutmen ada yang namanya interview kerja, maka karyawan yang ingin resign juga harus melalui proses exit interview (wawancara untuk karyawan yang mau resign). Setelahnya, baru pengunduran diri karyawan bisa diproses oleh perusahaan.

4. Kompensasi Karyawan

Fungsi MSDM berikutnya adalah bertanggung jawab memberikan kompensasi karyawan. Bentuk kompensasi di sini bisa berupa gaji bulanan beserta komponen gaji lainnya, benefit, tunjangan, insentif, bonus, bahkan reward kalau karyawan mencapai prestasi tertentu.

5. Evaluasi Performa

Peran manajemen SDM lainnya juga bertugas mengevaluasi kinerja karyawan, dan memastikan karyawan telah melaksanakan tugas serta tanggung jawab yang sesuai standar operasional prosedur (SOP) perusahaan.

6. Pelatihan dan Pengembangan SDM

Pelatihan dan pengembangan SDM bisa diselenggarakan berdasarkan agenda rutin yang perusahaan tentukan atau hanya dilakukan sesekali sesuai kebutuhan.

Bentuknya dapat berupa program training karyawan, seminar, workshop, atau pelatihan karyawan bulanan. Namun karena penyelenggaraan pelatihan membutuhkan biaya, maka tugas MSDM yang merencanakan dengan bijak.

Umumnya, fungsi MSDM di sini, antara lain mengoordinasikan dan menyelenggarakan berbagai bentuk pelatihan, seperti seminar, kursus, dan workshop, untuk para karyawan. Nanti di akhir pelatihan, perlu ada evaluasi untuk memastikan program berikutnya dapat berjalan lebih efektif.

Manajemen SDM bertanggung jawab atas keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan para pekerja

7. Membangun Relasi dan Hubungan Baik

Manajemen sumber daya manusia dan tenaga kerja juga merupakan makhluk sosial, sehingga harus membangun relasi yang baik agar tidak menimbulkan permasalahan dalam pekerjaan.

8. Jaminan Keselamatan dan Keamanan Kerja

Manajemen SDM bertanggung jawab atas keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan para pekerja. Untuk mencapai tujuan ini, tugas berat yang berpotensi membahayakan keselamatan biasanya memerlukan penggunaan seragam dan helm pelindung bagi karyawan. 

Selain itu, manajemen SDM juga memegang peran penting dalam menjaga kualitas lingkungan kerja, baik dari aspek fisik maupun non-fisik. 

Ketika terjadi konflik di antara para pekerja, manajemen SDM juga berperan sebagai mediator yang membantu menyelesaikan masalah tersebut.

9. Fungsi Manajemen SDM Lainnya

Beberapa fungsi MSDM yang juga penting dan perlu kamu ketahui, baik sebagai pemilik perusahaan maupun berprofesi sebagai HRD, antara lain:

  • Pengintegrasian untuk menyelaraskan kebutuhan karyawan dengan kepentingan perusahaan, agar kegiatan operasional berjalan dengan baik.
  • Pemeliharaan, untuk terus menjaga fisik, mental serta loyalitas karyawan agar kinerja perusahaan maksimal.
  • Pemutusan, MSDM memiliki fungsi untuk memutuskan kontrak kerja terhadap karyawan yang memiliki permasalahan atau sebab lainnya.
  • Berfungsi menjalankan Peran MSDM dalam Menilai Kompetensi Karyawan.

Berdasarkan penjelasan di atas, tentu fungsi MSDM bagi organisasi sangatlah penting. Karena akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan atau organisasi. Untuk itu dibutuhkan Lembaga Sertifikasi Profesi atau LSP MSDM, yaitu lembaga sertifikasi yang bergerak di bidang sumber daya manusia, dan sudah mendapat lisensi atau sertifikat BNSP untuk melakukan sertifikasi di bidangnya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua