Unduh Aplikasi QuBisa
9 Cara Memilih LMS Sesuai Kebutuhan Pelatihan Karyawan
Human Resource

9 Cara Memilih LMS Sesuai Kebutuhan Pelatihan Karyawan

Punto Wicaksono09 Oct 235 menit membaca

Untuk mendukung pertumbuhan perusahaan, pelatihan karyawan menjadi hal yang sangat penting. Jika kamu sebagai bagian dari tim MSDM, maka kamu perlu memastikan pemilihan platform penyedia Learning Management System (LMS) yang bagus dan sesuai kebutuhan pelatihan karyawan. Nah, simak yuk cara memilih LMS di artikel ini.

9 Tips Memilih LMS untuk Pelatihan Karyawan

1. Pastikan Kebutuhan Pelatihan Karyawan

Jika baru pertama kali mau menggunakan LMS sebagai media efektif untuk pelatihan karyawan, maka kamu perlu mencari tahu dulu kebutuhan dari pelatihan itu sendiri. 

Apakah bentuk pelatihan lebih banyak teknis, pengembangan keterampilan, atau orientasi karyawan? 

Lalu, identifikasi juga tujuan yang ingin dicapai dari pelatihan serta fitur yang diperlukan untuk mencapainya. Ini akan membantu kamu untuk mempersempit pilihan LMS yang akan digunakan.

2. Kemudahan Pendaftaran dan Pembuatan Akun

LMS yang bagus harus user friendly dengan navigasi yang lengkap sehingga mudah digunakan, bahkan oleh peserta pelatihan yang baru pertama kali menggunakan LMS. Jangan lupa, pastikan juga proses pendaftaran dan pembuatan akunnya praktis dan cepat ya.

Mengapa hal ini penting? Sebab kalau saat membuat akun saja sulit, niat dan motivasi peserta pelatihan bisa saja menurun atau mereka malah menunda untuk membuat akun. Akibatnya, pelatihan karyawan yang kamu selenggarakan jadi tidak efektif.

3. Aksesibilitas dan Pembaharuan Rutin

Pastikan LMS yang kamu pilih mudah diakses dari berbagai perangkat, termasuk komputer, tablet, dan ponsel. Selain itu, periksa juga apakah penyedia LMS melakukan pembaruan secara rutin. Pembaharuan ini penting untuk memastikan keamanan dan fungsionalitas yang optimal.

4. Fitur LMS dan Layanan yang Tersedia

Perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Learning Management System (LMS). Idealnya, LMS harus memiliki fitur, seperti manajemen konten, pelacakan kemajuan, kolaborasi, dan dukungan pembelajaran berbasis video. 

Pastikan juga penyedia LMS menyediakan layanan pelanggan yang baik, minimal customer service-nya mudah dihubungi dan responsif..

5. Kompatibel dengan Semua Perangkat

Karyawan mungkin menggunakan berbagai perangkat untuk mengakses pelatihan, sehingga LMS harus kompatibel dengan semua perangkat ini. Jadi, jangan lupa untuk mengecek apakah pengalaman pengguna sama di berbagai platform.

6. Support untuk Semua Jenis dan Format Konten

Pelatihan karyawan dapat berupa berbagai jenis konten, mulai dari teks hingga video. LMS harus mendukung berbagai jenis dan format konten ini. 

Tujuannya agar karyawan yang menjadi peserta dalam program pelatihan dan pengembangan SDM di perusahaan bisa memilih jenis dan format materi pelatihan yang sesuai dengan gaya belajar mereka.

Ingat, ada orang yang senang belajar dan mudah memahami jika sembari menonton video pembelajarannya. Sementara, ada juga orang yang malah lebih cepat paham materi yang sedang dipelajari kalau berbentuk teks.

7. Penyedia Platform LMS yang Terpercaya

Pastikan penyedia platform LMS memiliki reputasi yang baik, profesional, dan berpengalaman. Kamu bisa juga mencari perusahaan lain yang sejenis dengan fitur dan layanan yang kurang lebih sama. 

Kemudian bandingkan dan pilih yang terbaik. Ini cara terbaik untuk memastikan keandalan platform yang akan kamu pilih.

8. Evaluasi dan Pelaporan Hasil Pelatihan

Perusahaan harus dapat melacak kemajuan karyawan yang mengikuti program pengembangan SDM, melakukan evaluasi hasil pelatihan, dan mengidentifikasi area di mana perbaikan diperlukan.

Untuk itu, LMS yang kamu pilih harus memiliki fitur yang mendukung pelacakan hasil pelatihan dan evaluasi. Tanpa fitur ini, jelas akan cukup sulit untuk mengukur efektivitas program pelatihan.

9. Harga yang Terjangkau

Terakhir, perhatikan biaya. Pastikan LMS yang dipilih sesuai dengan anggaran. Biaya bisa menjadi salah satu pertimbangan penting, terutama jika perusahaan memiliki banyak karyawan yang akan mengakses sistem.

QuBisa Sebagai LMS untuk Pelatihan dan Pengembangan SDM

Salah satu LMS yang memenuhi semua kriteria ini adalah QuBisa. Untuk kamu ketahui, QuBisa adalah platform pembelajaran yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pelatihan karyawan. Dengan QuBisa, perusahaan dapat dengan mudah membuat dan mengelola program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan.

QuBisa menawarkan kemudahan pendaftaran dan pembuatan akun. Maka bisa dipastikan karyawan peserta pelatihan SDM di perusahaan dapat mengakses pelatihan dengan cepat. Platform ini juga sangat aksesibel dan kompatibel dengan berbagai perangkat yang membuat karyawan dapat belajar kapan saja dan di mana saja.

Fitur-fitur yang tersedia di QuBisa sangat lengkap, termasuk manajemen konten, pelacakan kemajuan, kolaborasi, dan dukungan untuk berbagai format konten. Perusahaan dapat dengan mudah mengevaluasi dan mendapatkan laporan hasil pelatihan, sehingga program pelatihan dapat terus ditingkatkan.

QuBisa juga dikenal sebagai penyedia platform LMS yang terpercaya dengan banyak klien yang puas. Harganya juga sangat terjangkau, sehingga cocok untuk perusahaan dengan anggaran yang terbatas. Dengan memilih platform LMS QuBisa, dapat dipastikan program pelatihan karyawan akan efektif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mempertimbangkan kebutuhan pelatihan, kemudahan akses, fitur, keandalan, dan harga, perusahaan dapat menemukan LMS yang sesuai dengan kebutuhan. Jika masih membutuhkan rekomendasi lain, kamu bisa membaca artikel selanjutnya: 9 Rekomendasi LMS yang Bagus untuk Pelatihan Karyawan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua