Unduh Aplikasi QuBisa
5 Tools Ini Bantu Kamu Membuat Strategi Pemasaran yang Tepat
Digital Marketing

5 Tools Ini Bantu Kamu Membuat Strategi Pemasaran yang Tepat

Wanda Indana13 Mar 245 menit membaca

Memasarkan produk atau jasa di era digital memiliki tantangan tersendiri. Perubahan perilaku konsumen yang mulai bermigrasi ke ranah digital membuat seorang pemasar harus pandai membaca tren yang terjadi.

Nah, untuk menjadi marketer andal, sebaiknya kamu memahami dulu pentingnya penggunaan tools marketing analyst. Tools ini akan banyak membantu kamu untuk mengetahui dan mengukur tingkat keberhasilan dari campaign yang dilakukan.

Dengan mengumpulkan data dan menganalisisnya dengan tools marketing analyst, kamu bisa jadi merancang strategi marketing yang tepat. Apa saja sih tools marketing analyst yang biasa digunakan oleh marketer? Berikut daftarnya.

1. Google Analytics

Ini alat analisis situs website paling populer yang disediakan Google. Kamu bisa memanfaatkannya untuk melacak lalu lintas di situs, mengetahui dari mana pengunjung situs berasal, bagaimana mereka mengetahui situs kamu, jumlah waktu yang mereka habiskan di situs dan sebagainya.

Selain itu, Google Analytics juga dapat diintegrasikan dengan alat lain, seperti Google AdWords dan Google Data Studio, untuk analisis data pemasaran yang lebih dalam. Google Analytics versi premium juga ada. Kamu bisa berlangganan dengan membayar USD 100.000 per tahun dengan kemampuan analitik data tingkat lanjut.

tools marketing analyst yang biasa digunakan oleh marketer

2. Google Tag Manager

Google Tag Manager atau GTM juga tools gratis dari Google yang dapat membantu kamu untuk menggunakan dan mengelola tag di situs mu tanpa harus ribet mengubah kode.

Tag adalah script atau kode yang ada di bagian head HTML, yang digunakan untuk melakukan tracking aktivitas pengunjung website. Nah, dengan menempatkan tag, kamu bisa mengetahui bagaimana pengunjung datang ke website, link apa yang di-klik, produk apa yang akhirnya dibeli, dan sebagainya.

3. Klipfolio

Alat analisis ini membuat penggunanya dapat mengukur tingkat keberhasilan campaign dengan lebih mudah. Tools ini memiliki tampilan data yang gampang dibaca, tapi tetap terperinci dan menyediakan informasi penting.

Selain mudah dibaca, Klipfolio juga dapat menggabungkan data dari berbagai sumber. Misalnya, dari platform Moz hingga media sosial seperti Twitter. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang usahanya masih skala kecil.

Untuk menggunakan Klipfolio, ada paket termurah seharga USD 49 per bulan atau sekitar Rp700.000, dan US$99 per bulan periode penggunaan satu tahun, atau setara dengan sekitar Rp1,4 juta. Paket termahalnya seharga US$399 per bulan, setara Rp5,7 juta.

tools marketing untuk mengukur tingkat efektivitas campaign

4. Raventools

Tools ini jamak dipakai para marketer andal. Raventools dapat membantu kamu memantau SEO secara lengkap, sekaligus menemukan persoalan yang mungkin muncul pada traffic situs atau bisnis digital. Aplikasi ini terkenal karena produktivitasnya.

5. Cyfe

Bukan hanya bisa memonitor statistik yang relevan, Cyfe bisa bertindak sebagai manajer proyek dengan melacak penjualan, lalu lintas, dan tren konsumen. Tools ini lebih cocok untuk pemasaran melalui media sosial. Cyfe juga membuat versi gratis dan berbayar. Versi premiumnya cuma US$19 per bulan atau setara Rp266.000.

Ada banyak lagi tools marketing analyst yang bisa kamu gunakan untuk memantau performa pemasaran digital mu. Tapi, coba cari terlebih dahulu tools mana yang sesuai kebutuhan bisnis. Jangan langsung pakai semua tools secara bersamaan. Pelajari dulu satu-satu dengan memanfaatkan tawaran trial atau versi uji coba yang gratis. Dengan begitu, kamu akan benar-benar tahu dan mantap memilih tools yang tepat.

Jika kamu ingin memperdalam keterampilan di bidang pemasaran digital, jangan lewatkan kesempatan untuk memulai karier di bidang Digital Marketing dengan mengikuti Bootcamp Digital Marketing Dengan Jaminan Kerja dari QuBisa. Dengan mengikuti bootcamp ini, Anda akan belajar langsung dari praktisi berpengalaman di industri Digital Marketing serta mendapatkan pembelajaran tentang leadership skills dari direktur perusahaan terkemuka. 

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan jaminan kerja atau uang kembali 100%, serta sertifikasi nasional (BNSP) yang akan meningkatkan nilai Anda di pasar kerja. Segera daftar dan raih karier impian Anda dalam dunia Digital Marketing bersama QuBisa!
 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua