Unduh Aplikasi QuBisa
15 point

Strategi Marketing Mix dalam Mempopulerkan Usaha

2.2k views · 24 April, 2022

Share
TOM MC IFLE

TOM MC IFLE

Kenapa kita harus memiliki strategi marketing yang berbeda untuk produk berbeda? Sobat QuBisa dapat melihat contoh dari penjualan pena merek Bic yang murah dengan pena eksklusif Mont Blanc. Karena produknya memiliki perbedaan target market, Anda harus menggunakan prinsip 4P dalam marketing mix, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi).

Marketing mix adalah strategi marketing yang menggabungkan beberapa unsur, seperti 4P tadi. Dari segi produk, pena Bic ditujukan untuk masyarakat biasa, sementara Mont Blanc memang dijual untuk kalangan atas dengan ciri khas kemewahan. Begitu pula dari segi harga dan tempat penjualan, kedua pena tersebut sudah tentu sangat berbeda. Ini yang harus Anda ketahui dahulu sebelum memasarkan sesuatu.

Silakan Anda evaluasi, apakah analisis produk sudah dilakukan? Bagaimana dengan penempatan produknya, sudah tepat atau belum? Begitu pula dengan cara promosi dan distribusinya. Menurut Seth Godin, marketing adalah seni menciptakan sesuatu yang membuat orang mau membicarakan dan terlibat di dalamnya.

Contohnya lagi, kenapa odading Mang Oleng menjadi terkenal? Karena banyak yang terlibat ikut memasarkan atau membicarakannya sehingga produk tersebut menjadi viral. Ini berarti strategi marketing-nya sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Di platform belajar online QuBisa ini Anda juga dapat menonton video pembelajaran dengan berbagai tema, seperti bisnis, pengembangan diri, dan dunia kerja:

0Comments

no profile