Bagaimana Menggunakan Gaya Komunikasi Asertif

Microlearning

Dapatkan Poin Hingga 15

Dilihat 1149 kali

12 Apr 21

36

Dewi Rachmawati

Lecturer & Management at LSPR Communication & Business Institute

Selengkapnya Sembunyikan

Komunikasi adalah kegiatan yang tidak akan pernah hilang dari aktifitas sehari-hari. Karena itulah, Anda harus tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik agar hubungan dengan lingkungan sekitar pun tetap baik, mengingat setiap orang memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda. 

 

Ada 4 gaya komunikasi. Apa saja gaya komunikasi? Ada komunikasi pasif, komunikasi agresif, komunikasi pasif-agresif, dan komunikasi asertif. Pengertian asertif adalah strategi komunikasi yang tegas, namun tetap tenang. Gaya komunikasi asertif memang ideal dibandingkan dengan lainnya. Contoh komunikasi asertif adalah menyampaikan gagasan dengan jujur dan langsung tanpa merugikan orang lain. 

 

Biasanya, individu yang menggunakan gaya komunikasi asertif adalah orang yang mampu menghadapi konflik secara positif, memiliki keterampilan yang baik, berorientasi kepada tim, tahu hak dan kewajibannya serta percaya diri. 

 

Bila Anda ingin belajar bagaimana berkomunikasi yang baik, aplikasi belajar online QuBisa menyediakan banyak video microlearning dan kursus online tentang cara berkomunikasi yang baik di berbagai situasi. Anda bisa menyaksikannya di video rekomendasi berikut:

 

 

 

0 Komentar
Buat komentar kamu disini...
TUTUP
Ke Atas