Aspek Non Verbal Dalam Berkomunikasi

Microlearning

Dapatkan Poin Hingga 15

Dilihat 1075 kali

12 Apr 21

34

Dewi Rachmawati

Lecturer & Management at LSPR Communication & Business Institute

Selengkapnya Sembunyikan

Di dalam berkomunikasi, kita mengenal istilah aspek-aspek komunikasi. Aspek komunikasi adalah kemampuan seseorang untuk saling memahami saat memberi dan menerima informasi, memahami perasaan, penyampaian pendapat, dll. Aspek komunikasi terbagi dua, aspek komunikasi verbal dan aspek komunikasi non verbal. Aspek verbal itu dapat dipahami dari kata-kata atau bahasa lisan. Sedangkan non verbal pemahaman yang diberikan atau terlihat dari mimik wajah, intonasi suara, gesture, dan eye contact.

 

Aspek komunikasi verbal dan non verbal saling mendukung dan dilakukan bersamaan. Cara penyampaian akan semakin jelas dan mudah dimengerti ketika menyampaikan informasi dengan dukungan bahasa non verbal. Misalnya, sambil tersenyum, intonasi suara yang menyenangkan, dan tatapan mata yang bersahabat. Bahasa non verbal juga terlihat dari gesture, misalnya cepat memberi tanggapan, memberikan pelayanan pada konsumen, fast response saat ditanya atau dimintai informasi, dan sebagainya.

 

Namun saat berkomunikasi atau menyampaikan komunikasi butuh ketulusan. Sifat tulus akan terpancar dari sikap yang wajar dan tidak kaku, tidak dibuat-buat. Komunikasi yang tidak tulus bisa menyebabkan miskomunikasi, orang lain bisa salah tanggap ketika intonasi suara tidak pas dengan mimik wajah ataupun tatapan mata. Ini akan menghambat penyampaian informasi sebenarnya.

 

Ayo kita belajar berbahasa baik dan benar agar tidak terjadi salah paham saat pemberian dan penerimaan informasi. Life is learning. Jangan pernah berhenti untuk belajar. Cari berbagai informasi pembelajaran di aplikasi pembelajaran QuBisa yang akan membantu melakukan pengembangan diri yang lebih baik.

 

 

 

0 Komentar
Buat komentar kamu disini...
TUTUP
Ke Atas