Unduh Aplikasi QuBisa
Ingin Berprofesi Sebagai HRD? Cek Dulu 11 Tugas HRD Ini
Artikel
HR Management

Ingin Berprofesi Sebagai HRD? Cek Dulu 11 Tugas HRD Ini

Punto Wicaksono25 Jul 235 menit membaca

Seiring dengan perkembangan bisnis dan organisasi, tentu perusahaan membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang pengelolaan sumber daya manusia (HRD). Ada 11 tugas HRD yang wajib kamu tahu sebelum memilih profesi HRD. Cari tahu selengkapnya di artikel QuBisa ini.

Apa Itu HRD?

Human Resources Development atau HRD adalah departemen yang mengurusi pengembangan dan pengelolaan sumber daya manusia.

Profesi HRD bertanggung jawab untuk mengelola, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. 

Peran dan tugas HRD sangat penting dalam menjaga keseimbangan antara kebutuhan organisasi dan kebutuhan individu karyawan.

11  Tugas HRD yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Memilih Profesi HR

1. Menentukan Kebutuhan Sumber Daya Manusia

Tugas HRD yang pertama adalah menentukan kebutuhan sumber daya manusia dalam organisasi atau perusahaan. 

Untuk mengetahui kebutuhan SDM, HRD harus melakukan analisis terhadap jumlah karyawan yang dibutuhkan, jenis keterampilan yang diperlukan, serta rencana penggantian karyawan yang pensiun atau berhenti bekerja. 

Kenapa perlu melakukan analisis kebutuhan tenaga kerja ini? Ya, tujuannya demi memastikan perusahaan memiliki jumlah karyawan yang cukup dan berkualitas untuk mencapai tujuan bisnisnya.

2. Rekrutmen dan Seleksi Karyawan

Tugas HRD berikutnya adalah melakukan rekrutmen dan seleksi karyawan berdasarkan hasil analisis kebutuhan tenaga kerja yang sudah dilakukan.

HRD harus melakukan pencarian, membuat sistem rekrutmen yang efektif, membuka lowongan kerja, hingga melakukan seleksi calon karyawan sesuai kebutuhan perusahaan. 

Dalam prosesnya, seorang HRD harus memiliki kemampuan untuk menilai keterampilan, pengalaman, dan kepribadian calon karyawan agar dapat memilih yang terbaik.

3. Memilih Karyawan yang Tepat

HRD bertanggung jawab dalam memilih karyawan yang tepat untuk posisi tertentu yang tersedia, termasuk menyesuaikan keterampilan dan keahlian karyawan dengan job description pekerjaannya. 

Itu sebabnya, proses rekrutmen harus dilakukan secara detail dan seefektif mungkin, mengingat HRD harus melakukan check dan membaca data dari pelamar kerja, kemudian mengolahnya sehingga dapat menentukan kandidat yang paling cocok untuk posisi yang tersedia di perusahaan.

Tugas HRD yang Wajib Kamu Tahu

4. Pengembangan Sumber Daya Manusia

Tujuan dari pengembangan sumber daya manusia adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kualitas karyawan agar mereka dapat memberikan kontribusi maksimal bagi pencapaian tujuan perusahaan. 

Nah, tugas HRD dalam hal ini adalah menyusun serta melaksanakan program pelatihan dan pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan individu dan organisasi.

5. Manajemen Kinerja

Jika kamu berprofesi sebagai HRD, maka salah satu tugas yang menjadi tanggung jawabmu adalah mengembangkan sistem penilaian kinerja yang objektif dan adil.

Selain itu, HRD juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan menangani masalah kinerja yang mungkin timbul serta memberikan umpan balik kepada karyawan mengenai kinerja mereka. 

6. Pengelolaan Kompensasi dan Benefit bagi Karyawan

Seorang HRD juga bertanggung jawab untuk mengelola kompensasi bagi karyawan, termasuk melakukan perencanaannya. Program kompensasi karyawan, biasanya meliputi gaji, tunjangan, uang lembur, bonus, dan sebagainya. 

Selain itu, HRD juga harus memastikan kebijakan yang berkaitan dengan pemberian benefit karyawan, seperti asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, pensiun, dana KPR, dan sebagainya. Nah, benefit yang diberikan sudah seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan peraturan perundangan yang berlaku.

7. Membangun dan Membina Hubungan Kerja

Menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif juga termasuk tugas HRD lho. Untuk itu, HRD perlu memastikan terjalinnya komunikasi yang efektif antara manajemen dan karyawan, serta menangani masalah atau konflik yang mungkin timbul. 

Karena perlu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, maka HRD juga perlu membangun budaya organisasi yang sehat, menciptakan ruang berkomunikasi yang memudahkan semua individu dalam perusahaan, bahkan termasuk memotivasi karyawan.

8. Menyelesaikan Masalah dan Konflik

Kamu pasti sudah tahu kan kalau salah satu syarat menjadi HRD adalah punya kemampuan problem solving. Ya, hal ini berkaitan dengan tugas HRD yaitu menyelesaikan masalah dan konflik yang muncul dalam organisasi. 

Tim HRD harus bisa menemukan sumber masalah, mendengarkan berbagai pihak yang terlibat, dan mencari solusi yang adil dan memuaskan bagi semua pihak. 

Keahlian dalam negosiasi dan kemampuan menyelesaikan konflik menjadi bagian penting dalam menjalankan tugas ini.

Seorang HRD bertanggung jawab untuk mengelola kompensasi bagi karyawan

9. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Keselamatan dan kesehatan kerja menjadi aspek yang sangat penting dalam manajemen sumber daya manusia. Seorang HRD harus bisa memastikan lingkungan kerja aman dan sehat bagi semua karyawan. 

Untuk mewujudkannya, mau tidak mau tim HRD perlu menerapkan dan mengimplementasi berbagai kebijakan dan program keselamatan kerja, serta mengkoordinasikan inspeksi dan pelatihan keselamatan.

10. Manajemen Perubahan

Manajemen perubahan berkaitan dengan mengelola perubahan dalam organisasi. HRD harus memiliki kemampuan untuk memimpin dan mendukung perubahan yang diperlukan dalam lingkungan kerja. 

Misalnya, sudah waktunya perusahaan menggunakan sistem komputerisasi terpadu pada bagian operasional. Maka tugas HR yang mensosialisasikan pentingnya melakukan perubahan prosedur kerja tersebut.

11. Memastikan Kepatuhan Hukum dan Aturan

Seorang HRD harus memahami dan memastikan seluruh operasional perusahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mereka harus mengikuti aturan kerja yang ada, termasuk peraturan ketenagakerjaan, perpajakan, dan peraturan lainnya. 

Selain itu, HRD juga bertanggung jawab untuk mengelola dokumentasi dan informasi yang berkaitan dengan ketentuan hukum.

Kalau kamu ingin memulai karir dan berprofesi sebagai HRD, maka pelajari 11 tugas HRD di atas dan pastikan kamu memiliki kemampuan mumpuni untuk menyelesaikan setiap tugas dengan baik. Cek di sini yuk 9 Skill yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Posisi HRD.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua