Unduh Aplikasi QuBisa
7 Tren Digital Marketing
Artikel
Digital Marketing

7 Tren Digital Marketing

Monica Anggen01 Feb 245 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Tren digital marketing adalah salah satu hal yang harus dipahami oleh para pebisnis, karena digital marketing bisa jadi “senjata ampuh” untuk kegiatan promosi dan pemasaran. Bahkan bisa meningkatkan penjualan produk, jasa, dan layanan bisnis. 

Alasannya sederhana, karena saat ini hampir semua orang terhubung secara digital, beraktivitas digital, hingga memenuhi kebutuhan pun akan memanfaatkan berbagai platform penjualan di internet.

Jadi, bagaimana tren digital marketing terbaru tahun ini? Yuk, lanjutkan membaca ulasan lengkapnya di artikel ini.

7 Tren Digital Marketing Terbaru.

Ada 5 Konsep digital marketing yang kini bisa kamu terapkan untuk berbagai kebutuhan pengembangan bisnis, mulai dari produksi ide hingga pemasaran berwawasan sosial. Kamu tinggal menyesuaikan mana yang paling relevan dengan bisnis.

Di saat yang sama, sudah banyak sekali platform dan aplikasi digital yang memungkinkan kamu menyelenggarakan digital campaign dengan lebih efektif serta berbiaya murah. 

Artinya, kamu tak perlu menyiapkan sejumlah besar dana hanya untuk mempromosikan dan memasarkan produk maupun bisnis.

Belum punya ilmu dan keahlian di bidang digital marketing? Tenang, kamu bisa ikut kursus digital marketing atau bootcamp digital marketing bersertifikat BNSP dan ada jaminan kerja, seperti bootcamp yang tersedia di QuBisa.

Lalu, apa saja tren digital marketing terbaru yang bisa kamu terapkan tahun ini? Lanjutkan membaca untuk mempelajarinya.

1. Penggunaan Voice Search.

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) saat ini mendorong penggunaan asisten digital, seperti Alexa, Siri, atau Google Assistant untuk memudahkan aktivitas harian.

Artinya hanya dengan mengucapkan kalimat atau kata tertentu, kamu bisa melakukan pencarian di internet. 

Misalnya, “Siri, beri saya resep sederhana untuk membuat kroket kentang.” Lalu, Siri akan memberi jawaban dan mengarahkan kamu ke situs web yang menyediakan resep kroket kentang.

Maka mau tidak mau, kamu sebagai pebisnis harus memastikan konten terkait bisnis mudah ditemukan melalui pencarian suara.

2. Optimalisasi User Experience (UX).

Google saat ini sangat fokus dengan people-first content. Artinya, konten-konten yang mengutamakan kebermanfaatan bagi pengguna internet jelas bisa lebih mudah mendapatkan posisi terbaik di SERP.

Bisa dikatakan, memperhatikan user experience (pengalaman pengguna) yang terbaik menjadi kunci sukses penerapan strategi digital marketing.

Nah, ini jadi catatan penting banget di mana kamu sebagai pebisnis harus memastikan situs web bisnis maupun penggunaan aplikasi sudah dilengkapi dengan navigasi yang memudahkan pengguna, memiliki nilai tambah, dan responsif.

3. Penggunaan AI dalam Pemasaran.

Selain voice search, penggunaan Artificial Intelligence (AI) ternyata sangat berguna dalam penerapan digital marketing.

Kamu bisa lebih mudah melakukan analisis data konsumen, membuat buyer persona, mengoptimalkan digital campaign, hingga memberikan pengalaman yang lebih dipersonalisasi bagi setiap pelanggan.

Mengkolaborasikan AI dan strategi digital marketing juga membantu kamu memahami preferensi konsumen dengan lebih baik, sehingga kamu bisa merancang strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran.

4. Social Media Marketing.

Social media marketing masih akan menjadi tren pemasaran digital yang efektif. Hal ini karena banyaknya pengguna aktif di berbagai platform media sosial, seperti di Instagram, Facebook, Twitter (X), TikTok, YouTube, dan lain sebagainya.

Dengan social media, produk akan jauh lebih dikenal dibandingkan sebelumnya. Mengapa? Karena kamu mampu mempopulerkan produk dalam waktu cepat dengan fitur iklannya. Bahkan kamu juga bisa menyesuaikan target market yang mau dijangkau.

Hanya saja kamu harus mengetahui cara membangun kedekatan dengan konsumen di media sosial, serta mempelajari Tips Membuat Konten Viral di Media Sosial, dan 5 Ide Konten Kreatif untuk Social Media Anda

Kamu bisa mempelajari teknik digital marketing yang termasuk ke dalam keterampilan digital milenial dan keterampilan sukses milenial ini di QuBisa. 

Qubisa adalah Platform belajar online Indonesia yang dapat diakses melalui desktop ataupun mobile dan bisa membantu kamu meningkatkan skill di era industri 4.0, dan society 5.0.

strategi digital marketing

5. Search Engine Optimization (SEO).

Salah satu strategi terbaik yang bisa juga kamu gunakan agar produk dan layanan bisnis mudah ditemukan di search engine adalah dengan menerapkan Search Engine Optimization.

Teknik SEO dinilai sangat efektif karena mayoritas anak muda masa kini menggunakan halaman pencarian demi menemukan produk favoritnya. Apalagi hingga saat ini, Google masih menjadi search engine nomor satu yang paling populer di dunia.

Fakta bahwa menerapkan teknik SEO mampu meningkatkan penjualan produk perusahaan sudah banyak terbukti. Namun untuk bisa memenangkan hasil pencarian di SERP, ya kamu harus memastikan penerapan SEO yang kamu lakukan sudah benar dan tepat.

6. Email Marketing.

Penggunaan email marketing untuk mempromosikan produk masih efektif dan bisa memberi dampak positif pada peningkatan jumlah pelanggan dan angka penjualan. 

Kamu bisa mengirimkan penawaran terbaik mengenai produk, jasa,maupun layanan bisnis, langsung ke calon pelanggan. Penawaran tersebut nantinya akan mendorong calon pelanggan untuk mengambil tindakan tertentu yang kamu sarankan.

Apakah untuk berlangganan newsletter, mengisi formulir pemesanan produk, atau langsung menuju ke landing page produk untuk melakukan pembelian.

7. Influencer Marketing.

Salah satu strategi promosi digital yang populer saat ini, yaitu influencer marketing. Strategi influencer marketing adalah strategi promosi dan pemasaran yang bisa kamu lakukan dengan mengajak influencer bekerja sama.

Influencer adalah orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial, dan mampu mempengaruhi followers mereka untuk membeli barang yang diulas. Tidak hanya produk fisik saja, jasa pun dapat dipromosikan menggunakan strategi ini.

Jika berniat menggunakan strategi ini, kamu harus menyiapkan sejumlah dana guna membayar jasa influencer. Untuk biayanya pun bervariasi, bahkan jika mereka sudah terkenal, umumnya memiliki harga cukup fantastis dengan hasil sepadan. 

Ingin lebih memperdalam ilmu dan pengetahuan mengenai digital marketing, mempelajari lebih banyak strateginya yang memang berdampak bagi pengembangan bisnis, atau ingin berkarir sebagai digital marketer, langsung daftarkan saja diri kamu mengikuti bootcamp-nya dengan klik link ini: Bootcamp Digital Marketing Dengan Jaminan Kerja.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua