Unduh Aplikasi QuBisa
Tips UMKM Naik Kelas untuk Bisnis Makin Untung
Artikel
Strategy

Tips UMKM Naik Kelas untuk Bisnis Makin Untung

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Para pelaku UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, merupakan kelompok orang yang berperan dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Sayangnya, strategi bisnis yang kurang tepat banyak membuat pelaku UMKM jadi bertumbangan. Agar UMKM yang Anda jalankan bisa makin moncer, makin untung, dan naik kelas, deretan tips UMKM berikut ini sangat layak untuk diterapkan.

Tips UMKM Terbaru Agar Bisnis Untung Terus

Manfaatkan Media Sosial untuk Mempromosikan Produk

Pada era digital seperti sekarang, keberadaan ponsel yang dilengkapi dengan jaringan internet telah menjadi kebutuhan wajib bagi banyak orang. Dengan memiliki ponsel, memungkinkan siapa pun bisa mengakses dan menggunakan media sosial kapan dan di mana pun mereka membutuhkan informasi atau untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Fenomena yang bisa jadi sumber keuntungan begini, mengapa tidak Anda manfaatkan?

Jangan hanya jadikan media sosial untuk melihat atau mengikuti aktivitas para pesohor saja. Manfaatkan media sosial yang Anda miliki tersebut, untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Bila perlu, buat akun khusus dengan nama usaha yang Anda miliki di setiap platform media sosial, sehingga jangkauan produk Anda untuk dikenal masyarakat jadi semakin luas.

Biar jualan produk Anda makin lancar dan banyak produk laku terjual, coba ikuti beberapa kursus online gratis bertema jualan di media sosial yang sudah disiapkan aplikasi belajar online QuBisa, berikut ini:

Meningkatkan Kualitas Produk

Agar bisa sukses berbisnis, menjaga dan meningkatkan kualitas produk merupakan salah satu kunci utama. Pembeli tentu ingin barang yang dibelinya berkualitas dan sesuai dengan ekspektasi yang dimilikinya. Oleh sebab itu, pastikan kualitas produk yang Anda jual selalu terjaga dan memuaskan orang yang membelinya.

Jika sudah melakukan peningkatan kualitas produk, selanjutnya Anda perlu sesegera mungkin melakukan pemasaran agar produk dikenal pasar. Caranya:

tips bisnis umkm supaya naik kelas dan untung melalui pelayanan pelanggan yang baik

Meningkatkan Kualitas Layanan

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu cara membangun bisnis yang jitu adalah dengan meningkatkan kualitas layanan pada konsumen. Bagusnya pelayanan yang diberikan pada konsumen, akan bisa membuat konsumen kembali lagi untuk membeli produk bisnis Anda. Perlu diingat, meskipun produk berkualitas, tapi pelayanannya buruk, akan bisa membuat konsumen berpaling.

Supaya hubungan baik dengan pelanggan terjadi harmonis dan bisa membuat mereka jadi pelanggan yang loyal, Anda perlu tahu beberapa hal penting berikut ini:

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan ini. Misalnya saja, Anda melayani pertanyaan yang diajukan oleh konsumen dengan senang hati. Tak lupa juga, terima kritik dan saran yang membangun dari konsumen, untuk kemudian dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi Anda dalam menjalankan UMKM.

Pilihlah Lokasi Bisnis yang Strategis

Perlu diketahui bahwa tak sedikit orang yang gagal karena tak memilih lokasi yang strategis sebagai tempat usahanya. Hal tersebut tentu akan menimbulkan kerugian, apalagi jika sudah banyak modal yang dikeluarkan untuk membangun tempat usaha.

Nah, tips UMKM selanjutnya biar bisnis makin untung adalah cermat dalam memilih lokasi atau tempat usaha. Pilihlah lokasi yang strategis, sehingga konsumen atau pembeli bisa dengan mudah menemukan tempat usaha yang Anda miliki. Jika perlu, lakukan survey supaya Anda semakin yakin lokasi yang dipilih sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

meningkatkan profit bisnis dengan jualan di e commerce

Jual Produk via E-Commerce 

Pada saat sekarang ini, kehadiran e-commerce menjadi salah satu peluang bagi para pelaku UMKM untuk makin melebarkan bisnisnya. Agar UMKM bisa sukses, jangan ragu untuk mulai memasarkan produk di e-commerce atau marketplace. Bagi beberapa konsumen, membeli barang di e-commerce terasa lebih nyaman dibandingkan dengan langsung atau via media sosial.

Melakukan penjualan produk UMKM melalui e-commerce, juga akan bisa menjangkau lebih banyak konsumen, bahkan tak menutup kemungkinan Anda mendapatkan pelanggan dari luar negeri.

Oleh sebab itu, bulatkan tekad Anda untuk memanfaatkan e-commerce, sebagai salah satu platform menjajakan produk Anda. Hanya saja, pelajari dulu apa yang harus Anda lakukan saat ingin sukses jualan produk di e-commerce dari beberapa materi pembelajaran daring ini:

Itulah tadi beberapa tips UMKM yang direkomendasikan untuk bisa memajukan UMKM yang dijalankan. Jangan ragu untuk mencoba banyak cara dalam mempromosikan produk UMKM yang dimiliki. Selain itu, selalu kedepankan kualitas dan pelayanan, agar konsumen selalu setia membeli produk yang Anda jual.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua