Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Merencanakan Karir untuk Mencapai Tujuan
Artikel
Career Development

Tips Merencanakan Karir untuk Mencapai Tujuan

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Sukses dalam berkarir tentu jadi impian semua orang. Namun, kesuksesan itu tak akan bisa diraih begitu saja tanpa adanya usaha. Perencanaan perlu dilakukan sedini mungkin, sehingga Anda bisa mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk meraih impian tersebut. Lalu, bagaimana caranya? Kali ini, mari membahas mengenai Tips Merencanakan Karir untuk mencapai tujuan. 

Tips Menyusun Rencana Karir untuk Meningkatkan Karir di Pekerjaan Impian

Ada banyak tips menyusun rencana karir yang bisa Anda temukan di internet atau melalui kebiasaan membaca buku. Namun, hal terpenting yang kemudian harus Anda lakukan setelah mengetahui semua tips merencanakan karir tersebut adalah dengan menerapkannya dalam keseharian Anda. 

Tanpa adanya perencanaan yang matang dalam menentukan karir, maka efisiensi Anda dalam melakukan pekerjaan juga akan kurang. Untuk itu, Anda perlu melakukan perencanaan agar perjalanan karir lebih enjoyable dan terstruktur.

Perencanaan karir akan lebih efektif jika dilakukan sebelum Anda masuk ke dunia kerja, namun tetap tak ada salahnya kalau Anda yang saat ini sudah bekerja tetap membuat dan menyusun perencanaan karir.

tips menyusun rencana karir

Memilih Kegiatan yang Disukai

Melakukan pekerjaan yang sejalan dengan hobi atau kegiatan yang disukai akan membuat pekerjaan terasa lebih menyenangkan. Selain itu, individu yang bekerja dengan passion dalam berkarir biasanya bisa mengasah potensi menjadi lebih baik, dan bisa menyelesaikan setiap pekerjaan dengan hasil yang baik pula. 

Contoh langkah perencanaan karir bisa Anda pelajari pada pembahasan Langkah dalam Membuat Rencana Karir Anda. Di saat yang sama, Anda juga perlu mengenali diri Anda dan semua hal yang menjadi potensi diri. Misalnya, Anda menyukai kegiatan sosial dan bertemu banyak orang. Maka potensi pekerjaan paling pas untuk Anda adalah bidang marketing, public relation yang berhubungan dengan building relationship, atau pekerjaan yang banyak berhubungan dengan orang lain.

Memaksimalkan Potensi Diri

Menyadari kemampuan pribadi dan memaksimalkan potensi diri menjadi hal penting sebelum Anda memutuskan memilih profesi yang ditekuni. Dalam membuat rencana karir, perhatikan hal-hal penting dalam penyusunan rencana karir tersebut. Sesuaikan kapasitas diri dan apa yang harus dikembangkan ketika Anda menentukan top goals yang ingin Anda capai. 

Sebagai contoh, Anda tidak memiliki kemampuan lebih dalam bidang komunikasi, namun Anda tergiur dengan gaji seorang marketing. Hindari pemilihan karir menggunakan stigma seperti ini, karena nantinya Anda justru akan kesulitan beradaptasi dan bertahan pada suatu bidang tanpa dasar pengetahuan yang cukup.

Memilih Perusahaan yang Kompatibel

Perusahaan juga memiliki peranan penting dalam memajukan langkah perencanaan karir. Perusahaan yang baik selalu menyiapkan karyawan dengan berbagai keterampilan khusus agar karirnya dapat berkembang. Namun, ketika terdesak memilih perusahaan dead end juga tidak masalah.

Sebuah perusahaan yang ideal akan memberikan kesempatan lebih bagi pekerjanya untuk meningkatkan kemampuan. Tujuannya, agar perusahaan dapat mengoptimalkan potensi seluruh individu yang berada di dalam perusahaan. Otomatis, yang berprestasi akan lebih cepat mendapatkan promosi dan peningkatan jenjang karir. 

Tips merencanakan karir

Target Masa Depan

Target masa depan memiliki pengaruh kuat dalam merencanakan karir. Apa yang menjadi tujuan akhir Anda, harus jelas tertulis, termasuk tuliskan pula rencana pencapaiannya. Jika Anda adalah seorang marketing dan ingin punya banyak customer, maka Anda perlu tahu bagaimana cara disukai customer, sehingga mereka mau menjalin hubungan kerja sama dengan Anda.

Di saat yang sama, perencanaan karir yang Anda buat juga perlu dikaitkan dengan goals yang ingin Anda capai di masa mendatang bagi diri Anda sendiri, terutama untuk menghadapi hari tua. Karena sudah menjadi rahasia umum, jika manusia tidak selamanya dapat mengandalkan fisiknya untuk bekerja.

Semakin tua seseorang, efisiensinya dalam pekerjaan akan menurun. Oleh karena itu, semakin hari Anda harus semakin mahir dalam bidang yang Anda kerjakan. Ini yang dinamakan work expertise, sehingga pada usia tua Anda dapat menjadi maestro dalam bidang Anda.

Memang tidak semua bidang dapat memiliki seorang maestro. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih pekerjaan yang bisa dilakukan hingga Anda tutup usia. Sebagai contoh, profesi marketing. Senior marketing biasanya bisa bertahan lama dan tetap berguna untuk perusahaan.

Pelajari Hal-hal Baru

Ini adalah aspek berikutnya yang penting dalam perencanaan sebuah karir. Anda perlu terus mengembangkan kemampuannya, baik dalam bidang maupun non bidang yang ditekuni. Jadi, kemampuan yang dimiliki perlu terus ditingkatkan dan ditambah, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun pengembangan diri secara umum, misalnya kemampuan digital marketing yang saat ini sangat dibutuhkan, kemampuan bahasa asing, dan sebagainya. 

Berbagai macam kursus online atau buku saat ini sudah sangat mudah ditemukan untuk mengembangkan kemampuan Anda. Mengikuti pelatihan dan webinar juga dapat menjadi alternatif jika Anda adalah karakter pribadi praktikal. Semakin banyak kemampuan yang Anda miliki, kesempatan kerja juga semakin banyak.

Melakukan perencanaan pekerjaan dapat membuat seseorang menjadi mahir dalam bidang yang digeluti. Tidak hanya memiliki kesempatan besar saja dalam mendapatkan pekerjaan namun juga meningkatkan taraf hidupnya. Tips menyusun rencana karir tadi dapat Anda terapkan untuk meningkatkan potensi diri. Agar perencanaan karir dan pencapaian sukses Anda bisa semakin terarah, alangkah baiknya jika Anda juga mengikuti pelatihan webinar Manajemen Talenta, Sistem Karir dan Suksesi.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua