Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Mencari Pekerjaan yang Sesuai Passion
Artikel
Motivation

Tips Mencari Pekerjaan yang Sesuai Passion

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Mencari pekerjaan yang sesuai passion atau minat memang menyenangkan. Misalkan saja Anda senang travelling, kemudian bekerja sebagai travel guide, pilot, atau pramugari, tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Hanya saja, tak semua orang cukup beruntung bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat mereka.

Bahkan, tak sedikit yang sampai rela bekerja apa pun demi memperoleh penghasilan, sampai-sampai melupakan passion-nya. Kondisi seperti ini terjadi, terutama di masa pandemi Covid-19. Banyak perusahaan berusaha bertahan dan terpaksa melakukan pengurangan kerja. Di saat yang sama, banyak orang butuh uang untuk bertahan hidup, sehingga akhirnya melakukan pekerjaan apapun asalkan tidak melakukan tindakan kriminal.

Memang, perkara mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion bukan hal yang mudah. Namun sebetulnya, juga tidak sulit, asalkan Anda bisa memilih secara tepat. Apakah Anda ingin tahu tips dapat pekerjaan sesuai minat? Kalau begitu, lanjut membaca ya.  

Tips Mencari Pekerjaan yang Sesuai dengan Passion

9 Cara Mencari Pekerjaan Sesuai dengan Minat

Kenali Diri

Hal pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin melamar kerja sesuai passion adalah mencoba lebih mengenali diri sendiri. Maksudnya, Anda perlu mencari tahu minat dan kemampuan terdalam pada diri sendiri terlebih dahulu. Misalkan saja, sejak kecil Anda sangat suka menulis cerita dan terus melakukannya hingga dewasa, mungkin saja Anda memang menyimpan kemampuan sebagai penulis dan menyenangi pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan menulis.

Coba gali kemampuan dan minat tersebut, maksimalkan dan jika perlu belajarlah lebih serius di dunia tulis-menulis. Bukan tak mungkin Anda bisa mengembangkan diri untuk menjadi seorang blogger profesional, content writer bertarif mahal, copywriter, hingga penulis buku atau skenario, yang semuanya merupakan profesi sesuai dengan passion menulis.

Jangan Mudah Terpengaruh

Salah satu hambatan terbesar saat hendak cari kerja sesuai passion, yaitu terlalu serius menanggapi komentar negatif dari orang lain, dan gampang terpengaruh. Contoh, Anda ingin jadi pemain sepakbola nasional karena Anda menyukainya dan memang memiliki kemampuan dalam hal ini. Di saat yang sama, orang-orang di sekeliling Anda banyak berkomentar bahwa menjadi atlet bukan profesi yang menjanjikan. 

Contoh lain, Anda memiliki kemampuan dalam bidang desain dan memang senang menggambar. Ketika Anda hendak melamar pekerjaan di bidang desain, malah pasangan menginginkan Anda bekerja di bidang lain karena menganggap bidang desain bukan profesi berpenghasilan bagus. Dalam kondisi seperti ini, tekad Anda tentu harus besar supaya tak mudah terpengaruh.

Berhenti Membandingkan

Melamar pekerjaan yang sesuai dengan minat bukan sesuatu yang sulit, asalkan Anda tahu caranya dan melakukan persiapan dengan baik. Jika perlu ikut workshop, seminar, pelatihan atau kursus terkait persiapan membangun karir, sehingga Anda tahu apa saja yang perlu Anda siapkan.

Selain itu, hindari kebiasaan membandingkan diri dengan orang atau kondisi di luar diri Anda. Pepatah rumput tetangga lebih hijau, ini memang benar adanya dan sering menjadi godaan yang membuat Anda bisa teralih dari goals yang sebenarnya ingin Anda capai. 

tahapan rekrutmen dari tips mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion

Misalkan saja, Anda baru memulai usaha di rumah, sementara tetangga sebelah sudah memiliki toserba dengan banyak cabang. Akibatnya, Anda jadi kecil hati, kemudian membatalkan niat Anda untuk memiliki usaha sendiri. 

Seharusnya, Anda tak usah membandingkan pencapaian diri Anda dengan pencapaian orang lain. Fokus pada goals Anda untuk mencari pekerjaan yang sesuai passion. Buat rencana, atur langkah, dan cari cara untuk mewujudkannya. 

Cari Tahu Proses Rekrutmen Kerja

Saat ingin mencari pekerjaan yang sesuai passion, Anda perlu memiliki “bekal” yang cukup. Bekal di sini maksudnya, kemampuan, keahlian, pengetahuan, dan maksimalkan sebagai modal utama Anda. Jika perlu, kembangkan dan tingkatkan hingga menjadi benar-benar ahli. 

Kemudian, cari tahu pula proses suatu perusahaan melakukan rekrutmen kerja. Ini penting jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar. Ketahui dokumen apa saja yang perlu Anda siapkan, cari tahu pula jadwal wawancara, dan tahapan rekrutmen kerja yang harus Anda lalui. Persiapkan diri dengan sebaik mungkin. 

Manfaatkan Jaringan

Cara terakhir agar bisa mendapatkan pekerjaan yang selaras dengan minat, Anda bisa memanfaatkan jaringan. Untuk bisa memiliki jaringan yang luas, perbanyak bersosialisasi dengan orang-orang yang punya keinginan serupa, sehingga, kedepannya Anda bisa mendapatkan informasi langsung kalau ada lowongan pekerjaan yang cocok dengan yang Anda inginkan. 

Berangkat dari fakta bahwa mencari pekerjaan itu tidak mudah, tapi juga tak sulit, maka Anda harus memperbanyak informasi terlebih dulu. Baru kemudian, tentukan salah satu pekerjaan yang memenuhi daftar keinginan dan sesuai passion. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih puas karena bisa melakukan hobi sambil dibayar.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua