Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Cari Kerja Setelah Kena PHK Akibat Pandemi
Artikel
Motivation

Tips Cari Kerja Setelah Kena PHK Akibat Pandemi

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Pandemi Covid-19 melanda dunia sejak Januari 2020 lalu dan berdampak pada dunia bisnis. Pemerintah setempat pun memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi memutus mata rantai penyebaran, bahkan meminta banyak pebisnis menutup usaha untuk sementara waktu. 

Akibatnya, banyak orang yang terpaksa kehilangan pekerjaan dan kena PHK. Ada banyak alasan terjadinya PHK, tetapi yang pasti orang yang terkena PHK mau tak mau harus berjuang kembali untuk dapat bekerja. Apakah Anda salah satu orang yang mengalami PHK? Jika iya, tetap semangat! Mari bangkit dan terapkan tips cari kerja setelah kena PHK akibat pandemi berikut ini untuk berkarya kembali. 

Tips Cari Kerja Setelah Kena PHK Akibat Pandemi

Setelah kena PHK dan kehilangan pekerjaan, wajar jika Anda merasa terpuruk, kehilangan kepercayaan diri, atau merasa sangat emosional. Di satu sisi, Anda harus mampu mengendalikan diri Anda sendiri. Sementara di sisi lain, ada keluarga yang juga butuh perhatian Anda. 

Namun, terpuruknya jangan lama-lama. Bangun di dalam diri Anda satu keyakinan, bahwa mungkin inilah saatnya Anda mencoba hal baru yang bisa jadi akan membuat kehidupan Anda menjadi lebih baik. Berikut ini adalah tips cari kerja setelah kena PHK, antara lain: 

Tips Cari Kerja

Terapkan 4A

4A yang dimaksudkan di sini adalah Aware, Accept, Allow dan Away. Jadi, sadari dulu dengan sepenuhnya bahwa Anda memang berada dalam kondisi tidak lagi bekerja di perusahaan sebelumnya, dan Anda perlu cepat bergerak. Terima kenyataan ini dan tak perlu habiskan energi Anda dengan kemarahan dan ketidakterimaan. Tak perlu pula mencari tahu, kenapa Anda di PHK karena memang kondisi pandemi memaksa setiap orang untuk bertahan, termasuk perusahaan tersebut. 

Setelahnya, allow dan away, lepaskan dan tinggalkan saja semua perasaan negatif. Mulailah dengan bangkit kembali, berpikiran positif mungkin ada peluang yang lebih baik setelah ini, dan lakukan upaya mengembangkan diri Anda menjadi lebih baik. Kemudian, bergegaslah menyusun langkah berikutnya untuk melanjutkan perjalanan Anda. 

Update Curriculum Vitae (CV) dan Fokus pada Keberhasilan yang Sudah Dicapai

Ini saatnya Anda kembali membuka curriculum vitae (CV) dan melakukan edit dan penambahan baru. Cantumkan semua keahlian yang sudah Anda miliki, termasuk semua pencapaian dalam pekerjaan sebelumnya. 

Penambahan data terbaru ini sudah tentu akan memperkuat posisi Anda di perusahaan berikutnya yang hendak Anda lamar. Pencapaian-pencapaian tersebut membuktikan kalau Anda sudah memiliki pengalaman mumpuni atas bidang yang Anda lamar. Buatlah CV yang menjual agar orang tertarik untuk mempekerjakan Anda.

Ada tips lain yang banyak disarankan para profesional di bidang karir, terutama bisa Anda lihat di LinkedIn, bahwa jangan takut menuliskan situasi Anda. Di bagian riwayat pekerjaan sebelumnya dan di bagian surat pengantar, Anda bisa menuliskan penyebab Anda kena PHK, yaitu karena terdampak pandemi. 

Dengan kejujuran ini, bisa jadi pertimbangan juga bagi perusahaan baru untuk menerima Anda. Setelah selesai, kirimkan CV ini kepada orang-orang yang Anda kenal, perusahaan baru yang Anda ingin bekerja di sana, juga upload di aplikasi pencari kerja yang saat ini sudah bisa ditemukan dengan mudah di internet. 

Tips Cari Kerja Saat Pandemi

Pertimbangkan Peluang Lain Sementara Menunggu Panggilan Kerja

Kebanyakan orang ketika berada dalam kondisi yang paling sulit dalam hidupnya, akan banyak meluangkan waktu untuk merenung dan melakukan refleksi diri demi memahami situasinya tersebut. Anda pun boleh melakukan hal ini, asalkan kemudian mencari ide-ide baru untuk memperbaiki keadaan dan kembali meningkatkan kualitas hidup. 

Sembari menunggu panggilan kerja, ada baiknya waktu yang kosong ini Anda manfaatkan untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan keluarga, menambah pengetahuan baru, mengasah kemampuan, ikut workshop dan pelatihan personal development, serta memperluaskan jaringan atau networking

Tata ulang hidup dan karir Anda dan jangan lupa bahwa Anda pernah menjadi aset perusahaan yang sangat berharga, sehingga dengan kemampuan yang Anda miliki, Anda bisa saja menemukan peluang yang lebih baik di masa mendatang. Tetap semangat! 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua