Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Bikin Artikel yang Bisa Mendatangkan Traffic
Artikel
Creativity

Tips Bikin Artikel yang Bisa Mendatangkan Traffic

Punto Wicaksono24 Jan 237 menit membaca

Di tengah perkembangan dunia internet dan teknologi, kebutuhan akan informasi semakin meningkat. Coba lihat saja keseharian Anda. Ingin membeli suatu produk atau jasa, Anda pasti akan mencari referensi atau ulasan mengenai produk tersebut terlebih dahulu. Sedang ingin liburan, Anda mencari berbagai informasi mengenai tempat wisata yang hendak dituju. Hal yang sama juga dilakukan oleh pengguna internet lainnya.

Meningkatnya kebutuhan informasi di era digital seperti sekarang, secara bersamaan membuka peluang bagi para pebisnis untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek, memperluas jangkauan promosi, mendapatkan lebih banyak pelanggan, dan akhirnya bisa meningkatkan penjualan. Tentunya semua ini bisa Anda dapatkan kalau bisa menerapkan strategi digital marketing, salah satunya dengan membuat konten artikel yang informatif.

Pertanyaannya, artikel seperti apa yang harus dibuat? Bagaimana bikin artikel yang bisa mendatangkan traffic atau kunjungan ke website bisnis Anda?

Tips Bikin Artikel yang Bisa Mendatangkan Traffic dan Berpotensi Viral

Konten viral berarti konten tersebut banyak dibaca dan disebarkan pengguna internet, baik di media sosial, di blog, bahkan dibagikan secara masif melalui aplikasi berkirim pesan, seperti Whatsapp. Ketika konten menjadi viral, akan ada banyak orang yang penasaran. kemudian mencari tahu, sehingga pertambahan jumlah pembaca dan penyebar informasi terkait konten tersebut terus mengalami peningkatan. Terbayang tidak, kalau konten yang menjadi viral tersebut isinya menceritakan tentang hal-hal baik mengenai bisnis Anda? Pastinya, bisnis dan produk bisnis Anda akan semakin terkenal!

Pada artikel QuBisa kali ini, Anda bisa menemukan cara membuat artikel yang bisa mendatangkan traffic dan berpotensi viral, yaitu:

URL yang pendek lebih bisa menarik minat pembaca

Pakai URL atau Permalink Pendek

MarketingSherpa.com telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa URL yang diringkas atau dibuat pendek, lebih bisa menarik minat pembaca sebanyak 2,5 kali lebih baik. Jadi trik pertama untuk membuat artikel SEO friendly, URL atau permalink artikel usahakan pendek, mudah diingat, dan tentunya mengandung kata kunci sesuai kaidah SEO. Berdasarkan saran dari seorang praktisi SEO dan internet marketer populer, yaitu Brian Dean, setidaknya gunakan sebanyak 2 hingga 3 kata saja dalam pembuatan URL.

Paragraf Pertama Wajib Menarik Perhatian

Ternyata netizen tidak membaca keseluruhan isi konten Anda, lho. Menurut penelitian NNGroup.com, ternyata hanya sebanyak 28% mayoritas deskripsi konten itu dibaca. Itulah sebabnya, jangan bertele-tele di paragraf awal. Jika perlu paparkan fakta menarik dari ringkasan isi artikel, yang berpotensi meningkatkan rasa penasaran calon pembaca atau pemirsa.

Beberapa tips menulis yang bisa membantu Anda menulis paragraf pertama yang menarik, bisa Anda pelajari dari beberapa kursus online gratis maupun kursus online berbayar di aplikasi belajar online, berikut ini:

Penggunaan Angka Ganjil yang Dicantumkan di Judul

Cara membuat artikel yang bisa viral dan mengundang pengguna internet untuk melakukan klik pada URL, yaitu menambahkan angka ganjil pada judul atau headline. Angka tersebut dapat langsung memberi gambaran kepada calon pembaca mengenai panjang artikel dan berapa poin yang ada di dalam artikel. 

Berdasarkan penelitian dari Conductor.com, terdata ada sebanyak 36% artikel dengan judul yang dilengkapi angka bisa mendorong calon pembaca melakukan klik, dibandingkan saat mereka menemukan artikel tanpa disertai angka di judul. Bahkan dari 150.000 judul sampel, yang menggunakan angka ganjil ternyata nilai CTR-nya 20% lebih tinggi.

Konten Artikel Harus Dapat Menggugah Emosional Pembaca

Berdasarkan salah satu penelitian yang dipublikasi Marketing Research, ternyata konten dengan pesan emosional bisa viral dan jika dibagikan ke media sosial bisa mendatangkan kunjungan lebih banyak 28% dibanding jenis artikel tanpa unsur emosional. 

Adapun unsur emosional di dalamnya, seperti memicu kemarahan, mengejutkan, mengharukan, atau menginspirasi. Jika Anda ingin artikel yang Anda buat mendatangkan lebih banyak kunjungan dan meningkatkan traffic, maka masukkan unsur yang bisa menggugah perasaan dan emosi pembaca.

membaca artikel yang panjang dan informasinya lengkap

Jangan Asal Pasang Gambar

Salah satu poin penting dalam artikel viral adalah gambar atau ilustrasinya. Pembaca biasanya akan lebih tertarik untuk membaca artikel sampai selesai, jika di dalamnya ada elemen gambar yang penuh warna. Usahakan untuk menambahkan gambar yang eye catching, relevan dengan konten, dan juga ukurannya tidak terlalu besar. Jangan lupa untuk menambahkan watermark supaya terlihat lebih profesional dan kredibel.

Banyak Pembaca yang Tertarik dengan Artikel Panjang dan Lengkap

Cukup banyak pembaca yang lebih tertarik membaca artikel yang panjang dan informasinya lengkap. Artikel yang seperti ini juga berpotensi viral, dan dapat mendorong orang untuk membagikannya di media sosial sehingga lebih mudah viral. Selain itu, sudah menjadi rahasia umum di dunia internet marketing dan blogging, bahwa artikel yang lebih panjang dari biasanya lebih gampang memenangkan persaingan di SERP karena mampu berikan efek SEO yang lebih baik. Berapa jumlah kata yang dianjurkan? Setidaknya buatlah minimal 1000-1500 kata di setiap artikel.

Tombol Share yang Memancing Klik

Pastikan Anda menyertakan tombol share yang menarik, menggunakan warna yang mudah terlihat dan menempatkan tombol share di posisi yang tepat. Semakin menarik tombol share yang Anda sediakan dalam halaman konten artikel Anda, semakin besar kemungkinan diklik oleh pembaca. Pastikan untuk menghindari pemasangan tombol share yang posisinya di bawah, atau statis, karena kurang menarik minat pembaca.

Demikian beberapa tips bikin artikel yang bisa mendatangkan traffic dan berpotensi viral. Mungkin membutuhkan beberapa kali trial error, namun jika bertekad dan rutin uji coba, maka Anda pun bisa mendapatkan formula konten artikel yang tepat untuk website Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua