Unduh Aplikasi QuBisa
Belajar Digital Marketing: Materi yang Dipelajari & Tipsnya
Artikel
Digital Marketing

Belajar Digital Marketing: Materi yang Dipelajari & Tipsnya

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu12 Feb 245 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Untuk memiliki skill digital marketing yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang, kamu perlu belajar digital marketing. Nah, supaya proses belajarnya bisa berjalan efektif dan cepat menguasai keterampilan ini, ikuti yuk tips dan cara belajar pemasaran digital di artikel ini.

Belajar Digital Marketing Apa Saja?.

Untuk belajar digital marketing, kamu harus paham semua hal terkait pemasaran digital, seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine  Marketing (SEM), dan sebagainya. 

Ini berlaku, baik untuk kamu yang belajar untuk menjadi digital marketer, mencari pekerjaan di dunia digital, atau untuk mengembangkan bisnis.

Berikut ini beberapa materi belajar digital marketing yang perlu kamu pelajari:

1. Content Marketing.

Kamu perlu mempelajari cara membuat konten yang berkualitas, bermanfaat, dan bisa menarik perhatian audiens. Inilah yang nantinya kamu pelajari dalam content marketing.

Konten yang dimaksudkan di sini, bisa berupa konten artikel untuk website atau blog, konten media sosial, video, infografis, atau konten bentuk lain.

2. Search Engine Marketing (SEM).

Untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, maka dalam penerapan SEM perlu keterampilan untuk pemasangan iklan berbayar.

Di saat yang sama, kamu juga harus paham tentang cara mengelola kampanye iklan digital, penggunaan tools digital marketing, strategi pay per click, dan lainnya.

3. Search Engine Optimization (SEO).

Kamu juga perlu memahami prinsip dan teknik dasar SEO untuk meningkatkan peringkat situs. Mengapa perlu belajar SEO? 

Di dalam materi belajar SEO, kamu bisa mempelajari cara riset kata kunci, membuat buyer persona, serta membuat tautan internal dan eksternal.

Selain itu, perlu pula mempelajari SEO On-Page, SEO Off-Page, Technical SEO, hingga Local SEO agar situs web mudah ditemukan audiens di hasil pencarian Google.

4. Social Media Marketing.

Belajar digital marketing tak bisa lepas dari yang namanya sosial media. Maka mau tidak mau, kamu harus mempelajari Social Media Marketing (SMM).

Memiliki keterampilan sosial media marketing akan membantu kamu memaksimalkan pemanfaatan platform Instagram, Facebook, TikTok, dan media sosial lainnya.

Tujuan penerapan SMM ini untuk membangun brand awareness, engagement, reach, hingga memperbesar peluang terjadinya konversi.

5. Materi Digital Marketing Lainnya.

Selain 3 materi belajar digital marketing di atas, masih banyak lagi yang juga perlu kamu kuasai. Misalnya, memanfaatkan email dengan menerapkan strategi email marketing.

Lalu, mengajak blogger, influencer, atau KOL bekerja sama menyelenggarakan kampanye digital dengan menerapkan influencer marketing.

Pada  prinsipnya, semua jenis digital marketing perlu kamu pahami dengan baik cara kerjanya. Kemudian, boleh juga mengkhususkan satu atau dua jenis saja karena ingin menjadi ahlinya. Misalnya untuk menjadi SEO specialist.

6. Evaluasi dan Analitik.

Selain mempelajari semua materi terkait digital marketing, penting banget lho paham dengan baik cara melakukan evaluasi dan analisis menggunakan tools digital marketing.

Contohnya, harus paham cara kerja Google Analytics dan tahu cara membaca datanya. Bisa menggunakan jenis perangkat analisis lainnya juga lebih baik, seperti Google Search Console, SEMrush, Ahrefs, MOZ, dan sebagainya.

Digital marketing dapat membantu Anda membangun bisnis

Ingin tahu cara kerja Google analytics dan cara membaca berbagai data yang dibutuhkan dalam digital marketing? Kalau begitu, kamu perlu ikut bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja yang ada di QuBisa. Cek penjelasan lengkapnya dengan klik banner di bawah ini.

Tips Belajar Digital Marketing.

Apakah sulit belajar digital marketing? Mungkin pertanyaan ini yang muncul di kepalamu saat mau memutuskan ingin belajar secara intensif mengenai pemasaran digital. 

Jawaban tentang sulit tidaknya mempelajari strategi pemasaran menggunakan media digital sebenarnya tergantung bagaimana pola pikir dan cara belajar yang kamu terapkan. Untuk memudahkan proses belajar, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Rencanakan dan Tetapkan Tujuan.

Saat memutuskan mau belajar digital marketing, buat rencana belajar dan tetapkan tujuan. Artinya, kamu harus benar-benar memiliki tujuan yang jelas dan spesifik. 

Hal ini akan mempengaruhi pola pikir kamu terhadap proses belajar. Ini pula yang nantinya berpengaruh pada sulit tidaknya kamu melalui masa belajar. 

Contoh tujuan spesifik, seperti ingin berprofesi sebagai digital marketer, punya bisnis sendiri dan ingin menerapkan strategi digital marketing, dan sebagainya.

2. Pahami Dasar-dasar Digital Marketing.

Fokuskan perhatian, waktu, dan tenaga kamu untuk mempelajari semua dasar-dasar digital marketing terlebih dahulu. Kalau tidak tahu dasarnya, proses belajar selanjutnya akan lebih berat lho.

Dengan memahami dasar-dasar digital marketing, kamu nanti jadi tahu. Materi mana saja yang kamu butuhkan dan harus diperdalam dulu, serta mana yang bisa nanti dipelajarinya.

3. Ikuti Kursus dan Bootcamp Digital Marketing.

Cara belajar digital marketing yang efektif adalah yang terarah, terstruktur, dan dengan materi belajar yang sistematis. 

Untuk bisa mendapatkan semua itu, maka cara terbaik ya ikut pelatihan, webinar terbaik, kursus, atau bootcamp digital marketing.

Ada banyak platform penyedia kursus digital marketing yang bagus, seperti QuBisa, misalnya. Kamu akan mendapatkan bimbingan dan arahan dari para ahli di bidang digital marketing. Bahkan nanti bisa dapat sertifikat untuk berkarir sebagai digital marketer.

4. Praktik Secara Langsung.

Untuk hasil yang lebih baik sekaligus untuk menguji pemahaman kamu berkaitan dengan materi yang sudah dipelajari, ada baiknya kamu praktikkan ilmunya secara langsung.

Digital marketing itu bukan ilmu hafalan lho, melainkan ilmu terapan yang harus kamu praktikkan untuk bisa menguasainya.

5. Manfaatkan Sumber Belajar Lainnya.

Kamu juga bisa melengkapi pengetahuanmu mengenai digital marketing dengan membaca buku, rutin mengikuti webinar terbaik, menonton video microlearning, dan lainnya.

Menguasai digital marketing adalah hal penting yang tidak bisa ditunda lagi. Kamu dapat belajar digital marketing melalui banyak sekali opsi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Belajar digital marketing itu sebenarnya bisa gampang kalau kamu punya tujuan yang spesifik, tekad yang kuat untuk bisa, dan tahu tips belajar digital marketing yang efektif. Selanjutnya, pelajari Cara Belajar Digital Marketing untuk Pemula.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua