Unduh Aplikasi QuBisa
Pola dan SOP Komunikasi Internal dalam Perusahaan
Business Communications

Pola dan SOP Komunikasi Internal dalam Perusahaan

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu11 Dec 235 menit membaca

Dalam operasional harian, perusahaan perlu menerapkan pola komunikasi yang baik antar individu di dalam perusahaan, mulai dari sesama karyawan sampai antara atasan dan karyawan. Komunikasi internal merupakan hal yang sangat penting karena bisa mempengaruhi kinerja dan kemajuan perusahaan. Anda yang ingin perusahaannya maju dan berkembang, sebaiknya memahami tentang pola komunikasi dan juga Standar Operasional Prosedur (SOP) komunikasi internal dalam perusahaan.

Komunikasi bisa menjadi media menyalurkan ide dan gagasan kepada orang lain. Cara berkomunikasi yang dilakukan bisa mempengaruhi informasi yang ditangkap oleh penerima. Selain itu, kekuatan komunikasi yang bagus juga akan membuat respons dari penerima bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Apabila antara atasan dan bawahan di perusahaan tidak mempedulikan tentang pentingnya komunikasi, tentunya hal ini bisa membahayakan kelangsungan perusahaan. Sudah banyak contoh hal buruk yang bisa terjadi dalam perusahaan yang disebabkan oleh pola komunikasi yang tidak jelas.

Pola Komunikasi Internal dalam Perusahaan

Dalam perusahaan, antara atasan dan bawahan semuanya harus memiliki strategi kerja sama tim yang baik dengan melakukan alur komunikasi yang efektif. Untuk membangun pola dan alur komunikasi yang baik, diperlukan SOP yang mengatur tentang komunikasi internal dalam perusahaan

Berikut ini adalah poin-poin yang bisa dijadikan referensi dalam membuat SOP komunikasi:

Pengertian Pola Komunikasi Internal

Pola dan pengertian komunikasi dalam perusahaan sebaiknya dipahami oleh setiap anggota perusahaan. Komunikasi internal bisa menjadi media yang efektif untuk manajemen perusahaan dalam membangun alur kerja yang tertata rapi, efektif, dan efisien. 

Dalam SOP sebaiknya disebutkan juga pengertian pola komunikasi internal, memahami dengan baik komunikasi intrapersonal dan interpersonal, cara berkomunikasi dengan atasan yang sulit,  bahkan perlunya memahami tujuan dasar dari komunikasi itu sendiri. Dengan cara ini, diharapkan setiap anggota perusahaan bisa berkomunikasi dengan baik.

Komunikasi yang baik dapat meningkatkan kerja sama tim yang baik

Memahami Tujuan Komunikasi

Teori komunikasi organisasi memiliki tujuan yang sangat penting untuk perusahaan. Begitu juga dalam SOP sebaiknya disebutkan mengenai tujuan komunikasi internal. Salah satu contoh tujuan tersebut adalah untuk membangun komunikasi dua arah. Apabila komunikasi internal berjalan dengan baik, maka akan ada banyak pencapaian yang didapatkan, termasuk peningkatan kinerja karyawan dan kemajuan perusahaan.

Kebijakan dalam Perusahaan

Komunikasi internal juga bisa mempengaruhi kebijakan dalam perusahaan. Dalam SOP perusahaan, komunikasi internal sebaiknya dicantumkan sebagai bagian dari kebijakan perusahaan. 

Apabila kebijakan perusahaan dilakukan secara bertanggung jawab maka akan dapat meningkatkan kesuksesan perusahaan. Tentu saja untuk bisa memahami dan menyampaikan kebijakan-kebijakannya, perusahaan membutuhkan pola komunikasi internal yang efektif.

Prosedur Komunikasi

Dalam menjalani komunikasi internal dibutuhkan media atau prosedur komunikasi. Perusahaan bisa memanfaatkan teknologi, seperti sosial media untuk memudahkan komunikasi internal. Selain itu, juga bisa menggunakan aplikasi komunikasi lain yang menghubungkan satu individu dengan individu lainnya di dalam perusahaan, contohnya menggunakan aplikasi Teamwork, Trello, dan sebagainya.

Bahkan, banyak pula perusahaan yang menggunakan media Whatsapp sebagai sarana komunikasi internal karena dianggap paling praktis. Namun apabila ingin menggunakan prosedur komunikasi yang lebih privat, bisa juga melalui beberapa media lain. Catatlah kira-kira apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi internal baik itu melalui media atau melakukan komunikasi secara langsung.

Hal-hal Penting dalam Komunikasi

Di dalam perusahaan terkadang perlu juga diatur mengenai apa saja yang bisa dikomunikasikan dan apa saja yang sebaiknya tidak perlu dikomunikasikan. Aturan-aturan mengenai komunikasi internal juga bisa dibuat agar komunikasi jadi lebih efektif dan jelas tujuannya. 

Pola komunikasi internal perusahaan bisa dibuat seefektif mungkin. Belajarlah dari sistem  komunikasi perusahaan lain atau lebih banyak mencari informasi mengenai komunikasi yang efektif. Membuat SOP untuk komunikasi internal juga bisa membantu untuk lebih memudahkan penyampaian informasi antar anggota perusahaan.

Anda juga bisa mempelajari berbagai hal terkait komunikasi melalui platform belajar online atau platform e-learning yang menggunakan metode pembelajaran yang bisa Anda akses kapan saja dan di mana saja. QuBisa menjadi salah satu platform belajar daring dan penyedia webinar gratis yang konsisten terus melakukan inovasi untuk membuat setiap individu bisa melakukan personal development, career development, business, peningkatan SDM dan MSDM, human resource, dan sebagainya. 

Karyawan harus mampu memahami pola komunikasi internal dalam perusahaan

Beberapa materi komunikasi yang bisa Anda ikuti dalam metode kursus online gratis atau paket kursus QuBisa, antara lain:

Demikianlah sedikit ulasan tentang pola komunikasi perusahaan. Semoga dengan informasi ini Anda bisa meningkatkan kemajuan perusahaan melalui pola komunikasi yang efektif.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua