Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenal Software Editing Video VSDC untuk Pemula
Artikel
IT & Software

Mengenal Software Editing Video VSDC untuk Pemula

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Anda ingin membuat video yang menarik? Tentunya, Anda membutuhkan software editing video yang tepat dan memiliki berbagai fitur pendukung. Pada artikel kali ini, tim Qubisa akan merekomendasikan salah satu software editing, yaitu VSDC Free Video Editor.

Software editing video VSDC untuk pemula ini tersedia gratis. Anda tak perlu mengeluarkan uang hanya untuk bisa menggunakannya. Namun sayangnya, kalau pakai versi yang gratisan, Anda tidak bisa menggunakan fitur secara lengkap layaknya kalau menggunakan versi berbayar. 

Fitur yang Ada Di Software Editing Video VSDC

Sebenarnya, ada banyak video editor gratis yang bisa digunakan. Namun, VSDC termasuk perangkat lunak bagus karena fitur-fiturnya yang lebih lengkap. 

Anda bisa menggunakan efek transisi, menambahkan audio, bahkan memotong video dengan mudah menggunakan software ini. Jika belum memahami bagaimana menggunakan semua fiturnya, Anda bisa menonton video tutorial VSDC di Internet.

Apa saja fitur software editing video VSDC yang bisa membantu Anda membuat video yang unik dan bagus?

Efek Visual dan Audio

Software editing video VSDC menyediakan berbagai efek visual dan audio untuk menghasilkan video yang menarik. Efek yang digunakan, bisa disesuaikan dengan tujuan pembuatan video tersebut, karena jumlahnya yang cukup banyak. 

Color correction, object filters, object transformation, dan special fx, serta transition effects, tersedia di sini dan dapat membuat video yang dihasilkan bisa lebih menarik saat ditonton. Emosional dari penonton juga dapat dibangun dengan menggunakan efek-efek ini.

Masking

VSDC video editor menyediakan fitur masking. Adanya fitur ini akan membantu Anda menyembunyikan, mengaburkan, dan menyorot bagian tertentu. Bahkan, bisa berguna untuk menutupi objek tertentu yang tidak pantas untuk ditayangkan dalam video, seperti percikan darah, wajah seseorang yang tidak ingin ditampilkan, dan yang lainnya.

Tak jarang, fitur ini juga digunakan untuk menutupi watermark yang mengganggu. Meskipun hal ini bisa dinilai kurang bagus, dalam kondisi tertentu bisa saja dilakukan oleh editor video. Karena tujuan dari editing tentu untuk menghasilkan video yang menarik.

Cara lain agar bisa menggunakan semua fitur yang ada di dalam VSDC, Anda bisa mempelajari Panduan Editing Video dengan VSDC Video Editor Gratis Tanpa Watermark.

Motion Tracking

Meski software ini gratis, fitur yang tersedia ternyata tidak asal-asalan. Motion tracking menjadi salah satu fitur andalan dari software editing video ini. Dengan fitur ini, Anda bisa melacak objek tertentu yang terus bergerak. Setelah itu dilakukan, bisa dikreasikan sendiri seperti memberikan topeng atau blur pada wajah seseorang.

Fitur yang satu ini akan membuat pekerjaan editor menjadi lebih ringan. Karena mereka tidak perlu masking manual setiap pergerakan dari objek yang dipilih.

Export Ke Sosial Media

Setelah melakukan editing, video biasanya akan langsung diunggah ke sosial media. Jika proses editing menggunakan VSDC video editor, itu bisa dilakukan lebih mudah. Karena ada fitur export ke sosial media yang memungkinkan Anda menyesuaikan dengan ketentuan yang diberlakukan.

Fasilitas ini, memungkinkan Anda untuk langsung mengunggah hasil video ke berbagai media sosial, mulai dari langsung ke YouTube, Facebook, atau Instagram. Software editing video cocok banget digunakan oleh content creator. Apalagi mereka yang memiliki beberapa saluran di platform yang berbeda.

4K dan HD export

Pada umumnya, fitur ini hanya tersedia di software versi berbayar. Akan tetapi jika Anda menggunakan VSDC, fitur export 4K dan HD bisa digunakan dengan mudah. Hal ini akan membuat kualitas video tetap terjaga dan ukuran file tidak terlalu besar. Kelebihan VSDC yang satu ini membuat banyak editor video suka ketika menggunakannya.

Software editing video cocok digunakan oleh pemula yang masih awam dengan dunia editing. Interface-nya yang mudah, tidak akan mempersulit penggunaannya. Dan yang terpenting, software ini tersedia secara gratis dan bisa di-download melalui website resminya. 

Jika ingin memahami bagaimana menggunakan software editing video VSDC, Anda bisa ikut kursus online gratis maupun berbayar. Atau ikut webinar di kelas online Qubisa. Sebagai platform belajar online Indonesia, Qubisa menyediakan banyak materi keterampilan digital milenial dan kursus keterampilan sukses milenial yang bisa Anda pelajari. Contohnya, Editing Video dengan VSDC Video Editor dan Jago Editing Video di Android.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua